Anakan Ayam Bangkok Super: Panduan Lengkap Cara Memilih dan Merawat Berkualitas

anakan ayam bangkok super

Researchpaperorder – Anakan ayam bangkok super selalu menjadi incaran para pecinta ayam laga, yang mana mereka berlomba-lomba untuk mendapatkan anakan bangkok yang kelak bakal menjadi petarung tangguh di arena sabung ayam. Dalam memiliki anakan ayam bangkok, harus dilakukan dengan teliti agar kelak ketika dibesarkan menghasilkan kualitas yang super. Dimana jika berhasil mendapatkan hasil anak ayam bangkok super kualitas tinggi, maka dapat menjadi ayam aduan yang sangat berharga. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara memilih dan mengetahui ciri dan karakteristik dari anakan ayam bangkok super.

Para pecinta ayam aduan, dapat memilih anakan ayam bangkok super mulai dari umur 2 minggu hingga 3 bulan. Disini Anda harus cukup berhati-hati karena tidak sedikit yang mendapatkan kualitas kurang bagus. Bahkan ada beberapa yang bukan merupakan anak ayam bangkok super asli. Jadi disini kami akan berupaya untuk memberikan informasi seputar cara memilih anakan ayam bangkok kualitas super serta bagaimana cara merawat anak ayam bangkok dengan baik.

Cara Memilih Anakan Ayam Bangkok Super Kualitas Tinggi

Pemilihan anakan ayam bangkok super yang berkualitas tinggi menjadi krusial, yang mana hal ini akan berpengaruh pada perkembangannya saat tumbuh menjadi ayam bangkok yang luar biasa dan memiliki harga jual yang tinggi. Dalam memilih anakan ayam bangkok super, penting untuk memperhatikan hal-hal berikut dibawah ini.

Bagian Kepala

Anakan ayam bangkok super kualitas tinggi memiliki kepala yang halus dan tipis dengan bentuk yang mirip seperti burung jalak, panjang dan agak besar. Anak ayam dengan ciri-ciri kepala ini menunjukkan bahwa mereka akan menjadi jenis aduan yang tahan pukul dan tidak mudah jera ketika mereka terluka. Selain itu, bentuk kepala yang kuat akan memberi anak ayam kesan kuat ketika mereka tumbuh menjadi jenis petarung.

Kaki

Kaki merupakan bagian sangat penting bagi ayam bangkok aduan. Oleh karena itu, anakan ayam bangkok super umumnya memiliki kaki yang seimbang dan lutut menonjol ke belakang. Serta memiliki jari-jari kaki yang memanjang dan terbuka sedikit lebar. Selain itu, sisik kaki anak ayam harus sedikit kering. Hal ini menandakan anak ayam tersebut biasanya lebih kuat, tangkas, dan cocok untuk bertarung saat dewasa.

Bagian Paruh

Paruh yang bagus dapat menunjukkan anakan ayam bangkok super berkualitas tinggi. Mereka memiliki garis tengah di bagian atas yang mirip dengan milik rajawali. Dan paruh dengan tanda ini menunjukkan bahwa anak ayam dapat mematuk dengan kuat. Selain itu, warna paruh anak ayam yang Anda pilih sebaiknya sedikit transparan. Atau jika tidak, sebaiknya pilih warna yang sama dengan ruas kakinya.

Tulang

Anakan ayam bangkok super memiliki bentuk tulang yang kokoh sebagai penanda kekuatan tubuhnya. Tulang kokoh, besar dan kuat dapat memberikan ketahanan dan serangan yang baik. Ciri-ciri tulang yang baik, misalnya memiliki tulang dada tebal, besar, dan memanjang sampai tulang belakang, dengan tulang leher yang rapat dan sedikit memanjang. Selain itu, tulang di rasakan kuat, keras, dan rapat saat kita sentuh. Terlebih jika anak ayam ini memiliki tulang kaki bulat dengan lekukan mirip seperti buah belimbing, ini menandakan anak ayam ini berkualitas tinggi atau super.

Bagian Mata

Ketika Anda memilih anak ayam jenis bangkok, salah satu ciri fisik lainnya adalah bentuk matanya. Mata yang jernih, berbentuk bulat, dan sedikit masuk ke dalam rongga matanya menunjukkan bahwa anak ayam ini adalah anakan ayam bangkok super yang memiliki penglihatan sangat jeli.

Harga anakan ayam bangkok super sudah tumbuh besar dan memiliki kekuatan serang serta daya tahannya, akan mempunyai harga jual yan tinggi. Oleh karena itu, pastikan untuk memperhatikan ciri-cirinya dengan cermat, karena kualitas lebih tinggi menentukan harganya.

Tips dan Trik Memilih Anakan Ayam Bangkok Usia 2 Minggu dan 3 Bulan

Selain memilih anakan ayam bangkok super melalui ciri-ciri fisikya. Anda juga bisa menggunakan tips dan trik sederhana saat memilih. Anda bisa menggunakan jangkrik di lempar hidup-hidup untuk memilih anak ayam berusia 3 bulan. Pada proses pemilihan dengan trik ini Anda harus memperhatikan setiap gerakan anakan ayam bangkok. Salah satu cara untuk menilai kualitas anakan ayam adalah dengan melihat gerakannya saat mengambil jangkrik.

Anakan ayam bangkok yang kurang baik, umumnya gerakannya kurang tangkas. Dan tampak kesulitan mendapatkan jangkrik serta tidak mampu mengejar jangkrik dengan cepat dan lincah. Sebaliknya, anakan ayam bangkok yang gesit, lincah dam cepat menyergap jangkik. Ini menandakan anak ayam tersebut merupakan anakan ayam bangkok super kualitas tinggi.

Kualitas fisik ayam bangkok masih kecil usia 2 minggu. Mungkin cukup sulit di nilai bagi sebagian orang. Namun ada cara terbaik untuk memastikan mutunya super adalah dengan melihat perilakunya. Anda dapat menggunakan makanan untuk mengetahui perilaku yang menunjukkan karakter anak ayam. Tempatkan makanan di sekitar anak ayam yang lapar. Lalu perhatikan bagaimana anak ayam makan. Disini Anda bisa pilih anak ayam yang agresif untuk mengambil makanan dan melindungi makanannya dari anak ayam lainnya yang hendak memakannya.

Jangan lupa untuk memastikan anakan ayam bangkok tersebut betina ataupun jantan. Jika Anda sudah memilih anakan ayam bangkok, Anda sudah harus tahu bagaimana cara merawat ayam bangkok agar dapat tumbuh menjadi ayam petarung yang handal kelak hari nanti. Setelah Anda memilih anakan ayam bangkok bedasarkan ciri dari bentuk fisik serta tips memilih berdasarkan dari caranya memakan pakan makanan. Anda juga harus mengetahui cara merawat anak ayam bangkok umur 1-3 bulan. Di mana untuk mendapatkan ayam bangkok dewasa dengan kualitas baik, merawatnya dengan benar adalah salah satu cara terbaik untuk memperoleh ayam bangkok dewasa super. Salah satu cara merawat ayam bangkok dengan benar adalah dengan memberinya pakan makanan sesuai dengan usianya.

Cara Merawat Anak Ayam Bangkok Umur 1-3 Bulan

Dengan memberian pakan ayam sesuai dengan usianya, yaitu ketika anak ayam berusia 2 hari cukup di berikan minum air putih dan juga vitamin bila ada. Pada usia 1-6 hari, pakan ayam sangat rentan karena ayam masih sangat kecil dan lemah. Di butuhkan makanan bertekstur kecil karena anak ayam masih belajar untuk mematuk dan tidak dapat menelan makanan lebih besar dari tenggorokannya, seperti Br 511 dan sebagainya.

Umur ayam seperti ini sangat membutuhkan Zat gizi tepat dan di butuhkan oleh anak ayam bangkok pada usia ini, Oleh karena itu pakan bagus di berikan adalah pakan ayam pedaging karena pakan ini memiliki protein tinggi dan lemak, ukurannya sesuai dengannya sehingga memudahkan ayam untuk mengkonsumsinya.

Ketika ayam Menginjak usia 2 minggu, anak ayam bangkok usia ini sudah bisa mematuk sudah semakin baik dan mulai aktif mencari sendiri makanan di sekitarnya dan di umur demikian sudah mampu makan makanan berukuran agak besar. Di usia 2 minggu, kebutuhan anak ayam akan nutrisi juga berubah agar menjaga pertumbuhannya tetap normal. Kandungan lemak pada pakan ayam harus di kurangi misalnya. Komposisi pakan paling baik untuk anak ayam usia ini adalah protein 60%, serat 30%, dan lemak 10%. Anda cukup memberi ayam pakan pur ayam 511, beras merah, dan jagung giling. Selain pakan, Anda juga harus menjaga air minum dan vitamin anak ayam bersih setiap hari sampai anak ayam berusia satu bulan atau lebih.

Untuk usia ayam bangkok 3 bulan, makanan khusus berkode 511 dan 594 adalah pilihan terbaik dengan perbandingan 50 persen jika di kombinasikan dengan pakan makanan kode 594, beras merah, kacang hijau, gilingan jangung dan bekatul (dedak). Itulah cara merawat anak ayam bangkok dengan cara memberikan pakan makanan tepat untuk menghasilkan ayam bangkok super kualitas tinggi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *