Ayam Ameraucana: Sejarah, Ciri, Keunggulan dan Cara Merawatnya

Ayam Ameraucana

Researchpaperorder – Ayam Ameraucana bukanlah jenis ayam biasa. Ras Ayam Ameraucana di kenal sebagai jenis ayam yang langka dan memiliki keunikan tersendiri. Berbeda dengan ayam pada umumnya yang menghasilkan telur berwarna kecoklatan. Ameraucana justru memproduksi telur berwarna biru cerah.

Karena keunikannya ini, telur yg di hasilkan memiliki harga yang lebih tinggi di bandingkan dengan telur ayam biasa. Namun, penting untuk mengetahui bahwasanya ayam Ameraucana dengan ayam Araucana adalah 2 jenis ayam yang berbeda. Meskipun keduanya berasal dari keluarga yg sama, mereka adalah ras yang berbeda.

Bagi Anda yang penasaran dengan ayam yg bisa menghasilkan telur berwarna biru, teruslah menyimak ulasan bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut. Di sini kami akan memberikan ulasan yang lengkap mengenai asal usu, ciri, kelebihan hingga cara merawat Ayam Ameraucana yang unik satu ini.

Sejarah Asal Usul Ayam Ameraucana

Ayam Ameraucana adalah ayam asli dari Amerika Serikat. Ras Ameraucana merupakan hasil persilangan antara ayam Araucana dan ayam dari Amerika, sehingga tidak heran jika penampilannya sangat mirip dengan ayam Araucana. Nama Ameraucana sendiri di ambil dari gabungan nama kedua jenis ayam yg di gunakan dalam persilangan tersebut.

Populasi ayam Ameraucana mulai meningkat setelah pemerintah AS merekomendasikan para peternak untuk membudidayakan ayam ini pada tahun 1984. Saat ini, Ameraucana telah berkembang menjadi beberapa varietas yg di bedakan berdasarkan warna bulu mereka. Anda dapat mengenali ayam ini dengan mudah dari bagian telinganya yang menonjol dan panjang oleh bulu, yang memberikan tampilan menarik dan berbeda dari ayam lainnya.

Sayangnya, Ameraucana masih sangat sulit di temukan di Indonesia. Hingga kini, belum ada peternak yg membudidayakannya secara komersial. Jika Anda tertarik untuk membudidayakan ayam ini, Anda mungkin akan mengalami kesulitan dalam menemukan peternak yg menjualnya.

Ciri-ciri dan Karakteristik Ayam Ameraucana

Ayam Ameraucana memiliki beberapa perbedaan dengan ayam Araucana. Berikut adalah ciri-ciri dan karakteristik dari jenis ayam Ameraucana yang perlu untuk di ketahui, antara lain:

  • Memiliki pial merah yg sangat kecil dan tertutup oleh bulu tebal.
  • Warna mata gelap dengan nuansa coklat kemerahan.
  • Kaki ayam memiliki warna yg bervariasi, tergantung pada warna bulunya.
  • Setiap kaki terdiri dari empat jari.
  • Tidak memiliki jumbai telinga seperti ayam Araucana.
  • Dada lebar dan tubuh tegak, yg diyakini sebagai cara ayam ini menghadapi serangan elang.
  • Bobot ayam sekitar 2,5 kg untuk betina dan 3 kg untuk jantan.
  • Telur yang dihasilkan berwarna biru unik.
  • Memiliki jambul dan jari kaki yg dipenuhi bulu.
  • Karakter ayam ini tenang dan damai.

Jenis-jenis Ayam Ameraucana Berdasarkan Corak dan Warna Bulu

Banyak yang mengira bahwa ayam Ameraucana hanya ada satu jenis, padahal ayam ini terbagi ke dalam beberapa jenis berdasarkan corak dan warna bulunya. Secara umum, ada enam jenis Ameraucana yang di kenal berdasarakan corak dan warna bulu, di antaranya:

  • Black Ameraucana: Jenis ini memiliki warna bulu yg hitam pekat.
  • Blue Ameraucana: Untuk jenis Blue, ayam ini memiliki bulu yang didominasi oleh warna biru disertai dengan kombinasi warna corak abu-abu nan elegan.
  • Brown Red Ameraucana: Memiliki bulu yg cenderung cokelat, dihiasi oleh bintik-bintik merah yang menarik.
  • Silver Ameraucana: Bulu ayam ini tampak mengkilap dengan perpaduan warna abu-abu dan biru.
  • Wheaten Ameraucana: Bulu ayam ini berwarna cerah seperti warna gandum, memberikan tampilan yang unik.
  • White Ameraucana: Ayam ini memiliki bulu putih bersih dan mata yang kontras, membuatnya terlihat sangat cantik.

Keunggulan dan Keistimewaan Ayam Ameraucana

Ada beberapa keunggulan dan keistimewaan yang membuat ayam Ameraucana di minati oleh para peternak di Amerika dan kerap menjadi pilihan dalam membudidayakan hewan unggas, yaitu:

Warna Telur Biru

Salah satu daya tarik utama dari Ameraucana adalah telurnya yang berwarna biru kehijauan. Karena keunikannya, harga telur ini cukup mahal. Meskipun demikian, warna biru tersebut hanya ada pada cangkangnya, sementara bagian dalam telur sama seperti telur ayam pada umumnya. Selain warnanya yang menarik, telur Ameraucana juga kaya akan protein dan banyak di cari oleh masyarakat. Selain itu, telur biru ini di anggap memiliki kadar kolesterol yg lebih rendah, menambah nilai gizinya.

Postur Unik

Ameraucana memiliki area telinga yg tertutup oleh bulu tebal, membuat tampilannya cukup unik, menggemaskan dan menarik. Meskipun penampilan ini hanya bonus, ayam ini lebih sering di budidayakan untuk di ambil telurnya yang unik.

Daya Tahan Terhadap Penyakit

Ameraucana secara alami memiliki daya tahan tubuh yg baik terhadap penyakit. Dengan perawatan yang tepat dan pemberian makanan yang sesuai, ayam ini akan tetap sehat dan tidak mudah mati. Namun, perawatan yang salah dapat menyebabkan kematian ayam ini, yg tentu saja merugikan peternakan.

Karakter Ayam Kalem

Keunggulan lain dari Ameraucana adalah sifatnya yg relatif tenang. Ayam ini mudah dijinakkan oleh peternak dan bisa digabungkan dengan ras ayam lain yang memiliki sifat damai untuk menghemat tempat. Meski begitu, ayam ini tetap memerlukan perlindungan khusus agar tidak diserang oleh predator.

Tingkat Produktivitas Telur

Ameraucana memiliki produktivitas telur yg tinggi, mampu menghasilkan sekitar 200 butir telur per tahun. Oleh karena itu, penting untuk memberikan asupan gizi yang tepat agar produktivitas telur tetap terjaga.

Cara Merawat Ayam Ameraucana

Sebagai peternak, Anda tentu menginginkan ayam yg mampu memproduksi telur dalam jumlah banyak. Berikut beberapa tips merawat ayam Ameraucana agar mendapatkan hasil panen yang maksimal:

  • Pakan yang Beragam: Sediakan pakan yg terdiri dari campuran biji-bijian, buah, sayur, dan protein hewani untuk memastikan ayam mendapatkan nutrisi yang lengkap.
  • Lindungi Kandang dari Predator: Pastikan kandang jauh dari jangkauan predator, pemukiman umum, atau jalan raya yang menimbulkan suara bising untuk mengurangi stres pada ayam.
  • Area yg Luas: Bangun area yg luas supaya ayam dapat bergerak dengan leluasa. Aktivitas fisik penting untuk menjaga kesehatan ayam.
  • Jemur di Pagi Hari: Keluarkan ayam di pagi hari supaya dapat berjemur. Sinar matahari pagi penting untuk mencegah penyakit dan menjaga kesehatan tulang.
  • Periksa Kesehatan: Periksa kesehatan ayam secara berkala untuk mendeteksi dan menangani masalah kesehatan sedini mungkin.
  • Area Mandi Pasir atau Debu: Sediakan area agar ayam bisa mandi pasir atau debu. Aktivitas ini membantu ayam membersihkan diri dan mengurangi parasit.
  • Kebersihan Lingkungan: Pastikan lingkungan tetap kering dan higienis untuk mencegah pertumbuhan bakteri dan penyakit.

Nilai Jual Ayam Ameracuana

Tak heran jika harga per ekor Ameraucana cukup mahal. Ayam ini memang jarang di budidayakan oleh peternak di Indonesia. Namun, jika Anda tertarik membeli bibit fertil dari ayam ini, harganya mulai dari Rp50.000 per butir saat artikel ini di buat. Harga ayam ini di pengaruhi oleh faktor seperti usia, jenis kelamin, dan peternak yang menjualnya. Demikian ulasan kami mengenai Ameraucana, semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu perencanaan Anda agar lebih baik dalam beternak.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *