Ayam Australorp: Sejarah, Ciri, Kelebihan dan Kekurangan

Ayam Australorp

Researchpaperorder – Ayam Australorp di kenal sebagai jenis ayam yang memiliki produktivitas telur tinggi, mampu menghasilkan hingga 300 butir telur dalam setahun. Prestasinya ini telah mengangkat popularitas ayam ini ke seluruh dunia sejak sekitar tahun 1920-an.

Untuk Anda ketahui bahwa keberhasilan ini adalah hasil dari perkembangan delapan jenis unggas ternak yang berasal dari Australia, yang sampai saat ini di akui oleh Australian Poultry Standards.

Karakteristik utama Ayam Australorp adalah kemampuannya hampir setiap hari dalam bertelur. Selain itu, keistimewaan lainnya adalah kemampuannya sebagai sumber genetik untuk perkawinan silang dengan ayam kampung asli, menghasilkan anakan dengan kualitas unggul.

Sejarah Asal Usul Ayam Australorp

Sejarah awal Ayam Australorp melibatkan pengembangan dari ayam Black Orpington yang di impor dari Inggris ke Australia oleh William Cook dan Joseph Partington. Antara tahun 1890 dan 1900-an, ayam Black Orpington ini di padukan dengan ayam Rhode Island Red.

Beberapa peternak lokal juga turut menggunakan stok ini dalam persilangan dengan ayam minorca, langshan, dan white leghorn untuk meningkatkan keunggulan utilitas ayam Orpington yang di impor. Bahkan, laporan juga menyebutkan bahwa beberapa gen dari plymouth rock turut di aplikasikan.

Pada periode awal, fokus peternak terutama adalah pada peningkatan fitur utilitas. Akhirnya, persilangan ini terkenal dengan nama “Australian Black Orpingtons” atau sering di sebut sebagai “Austral-orp”.

Pemberian nama “Australorp” pada awalnya menimbulkan kontroversi. Namun, kemudian berbagai negara bagian berupaya untuk mencapai kesepakatan agar dapat disepakati sebagai standar nasional.

Pada tahun 1919, Arthur Harwood mengusulkan nama “Australian Laying Orpingtons” di singkat menjadi “Australs” dengan menambahkan akhiran “orp” untuk menunjukkan bahwa ini adalah breed utama dalam perkembangan unggas.

Klaim lebih lanjut terkait nama ini datang dari W. Powell-Owen dari Inggris yang merancang British Standard untuk breed ini pada tahun 1921 setelah impor “Australian Utility Black Orpingtons”.

Pada awal tahun 1920-an, nama “Australorp” mulai di gunakan secara luas ketika trah ayam ini mulai di kenal secara internasional. Puncak keistimewaan Ayam Australorp terjadi pada tahun 1929 ketika standar kesempurnaan resmi di terima.

Ciri-Ciri dan Karakteristik Ayam Australorp

Ayam Australorp memiliki karakteristik yang dapat dikenali, termasuk tiga warna yang diakui oleh standar unggas Australia, yaitu hitam, biru, dan putih. Secara visual, Austral-orp memiliki beberapa ciri khas, antara lain:

  • Memiliki tiga jenis warna bulu yang berbeda.
  • Kepala kecil sama jengger lurus tegak ramping yg memiliki gerigi lima.
  • Kulit berwarna putih secara keseluruhan.
  • Mata, paruh, dan kaki berwarna hitam.
  • Dada yg lebar.
  • Ekor Australorp yg rimbun dan berbentuk seperti lekukan bulan sabit.
  • Cuping merah.
  • Bulu yg rimbun, subur, mengkilap, dengan warna gelap hijau kehitaman.
  • Sayap dengan bulu yang melebar sesuai sama tubuh ayam.
  • Telur yg dihasilkan memiliki warna coklat krem.
  • Ayam Australorp jantan dewasa memiliki berat antara 3,2 hingga 4,1 kg, sementara betina memiliki berat antara 2,5 hingga 3,0 kg.

Selain itu, informasi mencatat bahwa klasifikasi Australorp warna putih telah dicatat sejak tahun 1949, namun hanya diakui dalam edisi kedua pada tahun 2011. Di komunitas unggas Afrika Selatan, terdapat pengakuan terhadap empat warna jenis bulu, yaitu splash, buff, wheaten laced, dan golden.

Kelebihan Ayam Australorp

Kelebihan dari Ayam Australorp hitam meliputi naluri baik dalam berkembang biak. Indukan cenderung membuang telur yang buruk dan duduk bersama telur terbaik di sarang hingga waktu penetasan. Mereka juga cenderung merawat anak-anaknya hingga mereka cukup dewasa.

Selain itu, kelebihan lainnya dalam memelihara jenis Ayam Australorp adalah sifatnya yang tenang dan damai. Hal ini memungkinkan mereka untuk hidup berdampingan sama ayam ras lainnya dalam satu kandang tanpa adanya pertarungan antara jantan, baik yg lebih muda maupun yang lebih tua.

Beberapa kelebihan utama lainnya dari Ayam Australorp adalah:

  • Kemampuan mudah beradaptasi sama berbagai wilayah di berbagai negara.
  • Ketahanan terhadap berbagai serangan penyakit.
  • Produktivitas telur yang sangat tinggi, menjadikannya cocok untuk usaha tambahan.
  • Tidak memerlukan perawatan khusus karena mudah dalam pemberian makanan.
  • Sifat jinak dan tidak cenderung bertarung dengan sesama ayam dewasa.
  • Kemampuan untuk bertahan dengan baik meskipun terjadi perubahan suhu yg tiba-tiba menjadi dingin.
  • Dengan mempertimbangkan berbagai kelebihan tersebut, Ayam Australorp menjadi pilihan yg menarik untuk dipertimbangkan dalam beternak.

Kekurangan Australorp

Untuk ayam Australorp impor, terdapat beberapa kelemahan yg perlu diketahui. Tidak semua ayam impor memiliki keunggulan yang telah disebutkan sebelumnya. Beberapa kelemahan yang mungkin timbul adalah:

  • Rentan terhadap penyakit karena perbedaan iklim dengan negara asalnya.
  • Ayam Australorp betina dewasa mungkin memerlukan waktu untuk beradaptasi kembali dengan kondisi lingkungan untuk berkembang biak dengan baik.
  • Biaya tinggi, termasuk harga dan ongkos kirim yg tidak murah.
  • Risiko penipuan dalam pembelian online.
  • Kemungkinan memperoleh ayam yg bukan jenis asli atau sudah tercampur dengan jenis lain.
  • Risiko kematian selama proses pengiriman ayam.
  • Kemungkinan mendapatkan ayam dengan kualitas yang tidak optimal, seperti ayam bukan grade terbaik.

Dalam bisnis hewan hidup, terdapat risiko yang signifikan yang harus di pertimbangkan dengan serius. Sebaiknya, mencari penjual yang membudidayakan ayam di Indonesia dapat menjadi pilihan yang lebih baik. Anak ayam Australorp yang telah dibesarkan di lingkungan lokal cenderung telah beradaptasi dengan kondisi lingkungan di Indonesia.

Pakan dan Cara Memberikan

Pakan untuk Ayam Australorp memegang peranan penting dalam menjaga kesehatan dan produktivitasnya. Meskipun tidak rakus seperti beberapa jenis ayam lain, penting untuk memastikan bahwa pakan yang diberikan seimbang dalam nutrisi untuk mendukung kesehatan dan produksi telur yg optimal.

Berikut adalah beberapa panduan dalam memberikan pakan kepada Ayam Australorp:

  • Pada saat musim bertelur, berikan pakan dengan kandungan protein sekitar 16%. Pemberian ini dapat di mulai saat ayam mencapai usia 18 minggu. Ketika ayam berusia 18-20 minggu, pakan dapat di tingkatkan hingga kandungan protein sekitar 18-20%, yg juga membantu dalam pertumbuhan bulu yang cepat. Pastikan untuk memberikan kalsium tambahan secara terpisah dari pakan utama. Jangan mencampurkan kalsium dengan pakan biasa karena hal ini dapat berdampak buruk pada pertumbuhan ayam.
  • Berikan makanan utama berupa biji-bijian, sayuran (di rebus terlebih dahulu untuk menghindari bakteri), potongan daging kecil-kecilan, serta minuman seperti susu dan ikan yang kaya protein. Semua makanan ini dapat di berikan dengan campuran pakan lainnya.
  • Tambahkan ragi ke makanan ayam setiap minggunya untuk meningkatkan produksi telur.
  • Saat musim panas, pastikan untuk memanen jerami untuk ayam.
  • Biarkan ayam Australorp berjalan di luar setiap hari untuk mendapatkan sumber pakan alami seperti serangga dan cacing tanah. Tambahan herbal juga di perlukan untuk menjaga keseimbangan diet ayam.

Dengan memperhatikan panduan tersebut, pemberian pakan kepada Ayam Australorp dapat mendukung kesehatan dan produktivitas mereka secara optimal. Itulah ulasan mengenai Ayam Australorp, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu Anda yg ingin beternak.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *