Ayam Bangkok Birma: Mengenal Lebih Dalam Ciri Fisik & Gaya Bertarung

ayam bangkok birma

Researchpaperorder – Ayam Bangkok Birma memiliki karakteristik yang membedakannya dengan ayam jenis lainnya. Namun satu hal yang pasti, ayam bangkok birma sangat cocok di jadikan sebagai ayam aduan handal dan memiliki potensi untuk menjadi yang paling tangguh dengan sering meraih kemenangan. Tentu saja, ketika ayam bangkok birma andalan Anda berhasil meraih banyak kemenangan dalam pertarungan, akan memiliki harga tinggi. Yang mana harga tinggi dari seekor ayam petarung tersebut tentu dipengaruhi oleh kualitas ayam serta kemenangan demi kemenangan yang diraihnya. Dimana terdapat beberapa faktor untuk bisa mendapatkan kemenangan dalam arena laga sabung ayam. Salah satuny adalah dengan memberikan perawatan yang tepat.

Dapat di katakan bahwa ayam Bangkok Birma mampu bersaing dengan rajanya ayam petarung yakni ayam Bangkok super dalam hal kualitas. Oleh karena itu, bagi Anda yang berminat pada ayam Bangkok Birma, di sarankan untuk memahami dengan baik ciri-ciri dan karakteristiknya. Penting untuk tidak keliru mengenali ayam ini dengan jenis ayam lainnya saat Anda hendak membelinya sebagai peliharaan.

Ciri dan Karakteristik Ayam Bangkok Birma dari Bentuk Fisik

Dalam hal bentuk dan postur tubuh, ayam Bangkok Birma memiliki ciri khasnya sendiri yang membedakan jenisnya dengan jenis ayam lainnya. Penting untuk mengetahui ciri-ciri fisik dan karakteristik dari ayam birma ini jika Anda berencana untuk membelinya. Dengan memahami ciri-ciri dan karakteristik tersebut, Anda dapat memastikan mendapatkan ayam dengan kualitas yang baik dan menghindari kesalahan dalam pemilihan. Berikut adalah beberapa ciri fisik khas dari ayam Bangkok Birma perlu di kenali, di antaranya :

Postur Tubuh

Ayam bk Birma memiliki berat antara 2 hingga 2,5 kg, yang termasuk ke dalam kategori kecil jika di bandingkan dengan jenis ayam petarung lainnya. Oleh karena itu, beberapa pengghobi ayam aduan memilih untuk menyilangkan jenis ayam birma ini dengan jenis ayam Thailand. Dengan harapan akan menghasilkan keturunan ayam bangkok yang lebih besar dan berpostur lebih kekar.

Struktur Kaki

Kelemahan utama dari jenis ayam bangkok ini terletak pada kekuatan tulang kakinya. Meski kekerasan tulang dari ayam bk birma dapat meningkat seiring pertambahan usia ayam, khususnya saat mencapai usia 12–15 bulan. Namun ayam birma cenderung memiliki tulang kaki yang lebih kecil dan tipis di bandingkan jenis ayam petarung lainnya.

Raut Wajah

Wajah ayam bk Birma menampilkan bentukan wajah terlihat tajam, serta hampir membentuk garis lurus. Ukuran kepala jenis ayam bangkok ini lebih kecil di bandingkan ayam aduan dari Vietnam, dengan warna bulu kuning khas atau ayam mangon. Ayam Birma juga cenderung memiliki telinga yang sedikit lebih besar dan beberapa di antaranya memiliki gelambir pada bagian bawah paruh.

Jengger Ayam

Ayam bk Birma yang berasal dari keturunan asli atau hasil impor biasanya memiliki jengger tegak, mirip dengan tanduk ular. Namun, bentuk jengger Ayam birma mungkin akan berbeda-beda jika ayam di miliki merupakan hasil persilangan.

Warna Bulu

Jenis ayam bangkok ini memiliki warna tubuh menjadi ciri khasnya dan membedakannya dari jenis ayam lainnya. Namun, perlu di ingat bahwa ciri warna ini dapat berubah jika ayam tersebut di silangkan dengan jenis lain. Ayam bk Birma dapat dengan mudah di kenali dengan memperhatikan warna bulunya. Yang mana warna bulu ayam birma akan berbeda ketimbang jenis ayam petarung jenis lainnya. Yang mana, terdapat pola warna dominan kombinasi warna abu-abu, merah, serta cokelat yang membedakannya dengan jenis ayam bangkok lainnya.

Bagian Bulu

Selain itu bulu ayam bk birma memiliki panjang dan ketebalan lebih di bandingkan ayam petarung lainnya. Sehingga menciptakan kesan sangat menonjol dan indah. Tidak hanya itu, pada jenis ayam Birma juga menonjolkan warna putih pada bagian telinganya. Warna ini menjadi salah satu ciri khas penting dalam mengidentifikasi keaslian ayam bangkok ini. Meskipun demikian, ciri khas warna ini belum sepenuhnya terlihat ketika masih anakan ayam birma berusia 2 bulan.

Bagian Mata

Mata ayam bk Birma cenderung terlihat seperti sedang melotot, memberikan kesan angker, ganas, dan liar. Karakteristik mata yang melotot ini bahkan dapat terlihat sangat garang di bandingkan dengan mata di miliki oleh jenis ayam bangkok tarung lainnya.

Gaya Bertarung Ayam Bangkok Birma Yang Unik dan Khas

Ayam bangkok Birma memiliki gaya bertarung unik, yang mana mereka bergantung pada kegesitan dalam melawan ayam-ayam petarung lainnya. Gaya bertarung yang di miliki oleh ayam bangkok aduan ini memiliki kekhasan dan perbedaan signifikan jika di bandingkan dengan gaya bertarung ayam bangkok dari jenis lain. Jika Anda tertarik untuk membeli ayam aduan ini, ada baiknya untuk memahami terlebih dulu bagaimana gaya tarung dari ayam birma ini. Untuk lebih memahaminya, berikut bawah ini adalah ulasan singkat tentang gaya bertarung ala ayam Bangkok Birma, yakni :

Pergerakan

Dalam pertarungan, ayam Bangkok Birma akan lincah bergerak ke sana kemari dalam berbagai arah. Saat melihat peluang, ayam ini akan mengambil inisiatif untuk menyerang lawannya terlebih dahulu. Menariknya, pergerakan ayam ini saat bertarung akan di sesuaikan dengan gaya tarung dari lawannya. Yang mana ini menunjukkan ayam birma sangat fleksibel dalam menghadapi berbagai situasi dalam arena pertarungan.

Dari Segi Menyerang

Ayam Bangkok Birma memiliki kecenderungan untuk menjaga jarak saat mereka berada dalam arena pertarungan. Yang mana ketika mereka di hadapkan pada serangan lawan, ayam ini cenderung mengambil inisiatif untuk melancarkan serangan pertama menggunakan pukulan memiliki kekuatan besar.

Segi Pukulan

Ayam Bangkok Birma memiliki potensi untuk menjadi jawara dalam arena sabung ayam berkat kombinasi kekuatan dan keakuratan pukulannya. Ayam ini mampu mengarahkan pukulannya secara akurat, terutama ke bagian mata, paruh, atau kepala lawan-lawannya. Keberhasilannya dalam mengenai tepat sasaran tersebut membuat ayam ini kerap menjadi ancaman serius di arena pertarungan. Terlebih lagi, keberadaan taji pada ayam birma menambah tingkatan bahaya dari kekuatan pukulannya.

Dalam Hal Kecepatan dan Kecerdikan

Dalam hal kecepatan, jenis ayam Bangkok Birma menunjukkan kelincahan dan kegesitan tidak kalah dengan lawan-lawannya. Selain itu, ayam ini juga terkenal cerdik yang mana terlihat dalam kemampuannya untuk menyesuaikan diri dengan berbagai gaya bertarung di gunakan oleh lawan-lawannya.

Segala kemampuan bertarung di miliki oleh ayam bk Birma telah kami ulas ini, tidak dapat mencapai potensi maksimalnya jika tidak mendapatkan perawatan dan pelatihan yang memadai. Dimana dengan memberikan latihan rutin serta pakan makanan tepat, dapat meningkatkan potensi hebat dimiliki oleh ayam birma. Demikian ulasan kami mengenai ayam bangkok birma dapat Anda jadikan sebagai referensi dalam memilih dan memahami salah satu ayam petarung terbaik yang ada saat ini. Semoga artikel ini bermanfaat serta membantu Anda untuk memulai perjalanan dalam memelihara dan merawat ayam bangkok birma. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *