Ayam Bangkok Blorok: Ciri, Jenis Rawis, Kelebihan dan Kekurangannya

ayam bangkok blorok

Researchpaperorder – Ayam bangkok blorok memiliki bentuk tubuh yang mirip dengan ayam biasa pada umumnya. Namun terdapat perbedaan paling mencolok adalah warna bulunya. Yang mana warna bulu dan juga cikal bakal blorok yang sangat beragam, menjadikannya sebagai salah satu ayam bangkok yang unik di kalangan para pecinta ayam aduan. Dimana sebagian besar penghobi ayam di nusantara percaya bahwa ayam bangkok blorok memiliki banyak keistimewaan. Pendapat ini sejalan dengan pendapat peternak dan pecinta ayam laga. Terlebih lagi, banyak ayam bangkok blorok yang berhasil menjadi juara dalam berbagai event dan kompetisi.

Jika Anda merupakan pemula dalam dunia ayam bangkok, dan ingin mengetahui ciri khas dan jenis ayam bangkok blorok. Anda bisa menyimak ulasan kami pada kesempatan hari ini. Disini kami akan memberikan informasi seputar ciri, jenis, kelebihan dan kekurangan ayam bangkok blorok. Untuk diketahui, ayam blorok dipelihara untuk dijadikan sebagai ayam aduan maupun ayam hias. Ada juga yang memanfaatkannya sebagai pemacek untuk menyilangan ayam petelur atau ayam ras kampung. Ayam blorok ini dikenal memiliki banyak katuranggan, bisa dikatakan mempunyai katuranggan yang komplit. Oleh sebab itu, tidak sedikit pecinta ayam aduan menyukai ayam blorok ini sebagai peliharaannya.

Ayam blorok ini sendiri merupakan ayam dengan dasar warna putih atau hitam dan bulu rawis yang berwarna-warni seperti kuning, orange, hitam, kelabu, atau merah. Dengan perpaduan warna dasar dan rawisnya inilah menjadikannya sangat menonjol dan menarik di kalangan pecinta ayam aduan. Jadi tidak heran jika hasil anakannya yang berkualitas, memiliki nilai jual beli yang dapat mencapai harga sangat tinggi. Sehingga ayam blorok semakin dikenal dan populer dimana banyak orang yang ingin membeli dan memeliharanya.

Ciri-Ciri Khas Ayam Bangkok Blorok

Untuk membantu Anda pada pendatang baru dalam dunia pertarungan ayam bangkok ataupun jenis ayam aduan yang ingin membeli ayam bangkok blorok. Disini kami akan memberikan beberapa ciri khas dari ayam blorok yang bisa Anda jadikan sebagai referensi saat memilih. Berikut bawah ini adalah ciri khas ayam bangkok blorok, di antaranya :

  • Model sisiknya belimbing dengan dua garis kering.
  • Model kepala mirip dengan buah pinang
  • Ayam blorok hitam putih memiliki bulu dasar putih atau hitam yang di sempurnakan dengan bulu kombinasi trotol.
  • Memiliki ciri fisik yang mirip dengan ayam bangkok petarung pada umumnya.
  • Ayam blorok hitam putih biasanya memiliki dasar hitam serta trotol putih, dan sebaliknya.
  • Ayam blorok madu memiliki ciri khas bulu rawis berwarna kuning cerah di leher dan punggungnya.
  • Ayam blorok di katakan ules tembus jika memiliki warna yang sama atau setara dengan warna paruh, mata, kaki, sisik, kuku, dan jalu.
  • Memiliki paruh yang ngalen dan bergaris.
  • Memiliki ciri khas ayam bangkok klasik.

Untuk di ketahui, semakin kuat garis keturunan ayam bangkoknya, maka ciri-ciri ayam bangkok blorok yang telah kami sebutkan di atas akan Anda temukan pada ayam blorok Anda.

Beragam Jenis Warna Rawis Ayam Blorok

Ayam bangkok blorok unik dan populer karena memiliki berbagai kombinasi warna bulu rawisnya. Ada yang berwarna kuning, hitam, merah, wido, atau klawu. Oleh karena itu, jika Anda membutuhkan informasi mengenai ragam jenis warna rawis ayam blorok, bisa menyimak ulasan bawah ini.

Ayam Blorok Hitam Putih

Jenis ayam bangkok blorok hitam putih memiliki ciri khas bulu dasar hitam dan trotol putih, bahkan sebagian besar warna rawis juga memiliki warna yang sama. Karena jenis ayam blorok ini lebih cenderung dominan warna hitam dan putih, sedangkan rawis merah sangat jarang. Terlebih jika ayam blorok muda atau belum dewasa biasanya memiliki tipe warna rawis hitam putih. Untuk di ketahui, kebanyakan ayam blorok akan mengalami perubahan warna setelah mencapai usia ganti bulu. Seain itu, kebanyakan orang menyebut ayam blorok hitam putih ini dengan sebuatan ayam blorok tulak karena hanya memiliki dua warna saja.

Ayam Blorok Klawu

Ayam bangkok blorok warna rawis klawu adalah ayam yang memiliki warna dasar putih dan corak warna seperti hitam, kuning, atau orange. Indukan dengan warna kelabu serta pejantan blorok rawis berwarna merah atau kuning sangat mungkin untuk memiliki anakaan dengan corak klawu. Walaupun warna blorok klawu sangat beragam, banyak orang menyukainya karena warnanya yang menarik dan bintik-bintik rawisnya yang unik. Beberapa jenis blorok klawu juga memiliki rawis merah kecoklatan yang dominan.

Ayam Blorok Madu

Selanjutnya, ada jenis ayam bangkok blorok madu dan banyak pecinta ayam yang menyukai ayam bangkok dengan warna rawis ini. Karena ayam blorok madu tidak mudah di temukan, bisa di katakan cukup langka. Dimana warna bulu dasar ayam ini adalah hitam, tetapi trotolnya putih dan berwarna rawis kuning madu. Karena perpaduan warna rawis yang luar biasa inilah yang memberikannya nama blorok madu. Harganya pun cukup beragam, ada yang di jual dengan harga 100rb hingga 1 juta rupiah.

Blorok Wido

Blorok wido, juga terkenal sebagai ayam jalak, memiliki bulu dasar blorok. Ini karena dasarnya hitam, trotolnya putih, dan leher dan punggungnya bercorak wido, yang membuatnya terlihat menarik. Beberapa penghobi dan peternak masih memilik jenis ayam bangkok blorok wido. Karena kesukaan masing-masing peternak berbeda-beda, jenis warna blorok wido muncul dari perkawinan silang antara ayam blorok dan jalak. Ada beberapa peternak yang berkonsentrasi pada kualitas yang sama dan ada yang menciptakan karakter warna yang unik.

Blorok Hitam

Berikutnya, ayam bangkok blorok dengan warna waris hitam ini memiliki trotol putih dengan dasar 75% hitam dan corak rawis merah atau kumbang. Kadang-kadang, indukan dan pejantan blorok hitam masih dapat mewariskan warna hitam pekat ini kepada keturunannya, tetapi ini sangat jarang. Selain itu, banyak orang yang menyebutnya dengan “ayam kumbang” karena kombinasi warna ayam yang hampir sepenuhnya berwarna hitam.

Kelebihan dan Kekurangan Ayam Bangkok Blorok

Seperti kita semua ketahui, saat ini terdapat beragam jenis ayam bangkok yang populer di arena sabung ayam. Dari banyaknya jenis ayam bangkok, maisng-masing mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Begitupun dengan ayam blorok yang juga mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Berikut bawah ini adalah kelebihan dan kekurangan dari ayam bangkok blorok yaitu:

Kelebihan

Ada keyakinan bahwa memelihara ayam blorok madu dapat melindungi kita bahkan melindungi hewan ternak lainnya dari berbagai penyakit. Selain itu, ayam blorok madu memiliki gaya pertempuran yang sangat unik, khas dan gesit sehinnga kerap menyulitkan lawan untuk menghindar. Ayam blorok juga memiliki berbagai variasi warna bulu yang menarik, yang tidak mudah di tiru. Sehingga ayam ini di katakan memiliki katuranggan yang lengkap dan di anggap sebagai ayam berkelas.

Kekurangan

Ayam blorok umumnya mudah kusam, terutama jika di adu pada arena lantai tanah. Selain itu terdapat salah satu kelemahannya yakni kurangnya ketahanan terhadap pukulan lawan maupun dan stamina yang tahan lama. Sehingga ayam blorok sebagian besar mudah lemas dalam arena sabung ayam. Tidak hanya itu, ayam blorok juga memiliki warna bulu yang kerap berubah-ubah, sulit untuk menciptakan ciri khas yang unik dari warna rawis ayam blorok.

Itulah ulasan kami mengenai seluk beluk ayam bangkok blorok, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu Anda lebih memahami mengenai jenis ayam satu ini. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *