Ayam Bangkok : Ciri dan Karakteristik Ayam Jago Aduan Bangkok Berkualitas

ayam bangkok

Researchpaperorder – Ayam Bangkok sesuai dengan namanya yakni merupakan seekor ayam yang berasal dari Thailand dan sering juga disebut ayam jago. Namun, ayam bangkok yang sering kita jumpai saat ini di berbagai daerah telah lama berkembang biak di Indonesia. Ini karena banyak peternak ayam bangkok yang mengembang biakkan ayam jago dari Thailand ini di tanah air.

Saat bertarung, ayam Bangkok memiliki kelebihan yang membuatnya menjadi andalan para pecinta sabung ayam. Salah satu kelebihannya yakni ayam jago bangkok memiliki postur tubuh dan naluri bertarung yang kuat. Oleh karena itu, banyak kalangan masyarakat Indonesia, khususnya pecinta sabung ayam yang sangat tertarik untuk memelihara dan mengembang biakkan ayam bangkok sebagai ayam aduan.

Meskipun saat ini pertarungan sabung ayam dilarang, namun hal ini tidak menyurutkan hobi para pecinta ayam jago untuk terus berkarya dengan mengawin silangkan anakkan ayam bangkok berkualitas untuk menghasilkan bibit-bibit ayam aduan tangguh. Jika Anda tertarik dengan jenis ayam jago Thailand, mari menyimak ulasan di bawah ini mengenari sejarah awal mula dan ciri-ciri dari ayam bangkok di bawah ini.

Awal Mula Perkembangan Ayam Bangkok di Indonesia

Menurut catatan sejarah dunia ayam petarung, ayam bangkok pertama kali di kenal di negeri tirai bambu Tiongkok pada tahun 1400 SM, di mana banyak masyarakat Tiongkok yang gemar mengadu ayam aduan dan berupaya untuk menghasilkan bibit ayam petarung yang kuat dan handal untuk di adu di arena sabung ayam. Seiring berjalannya waktu, orang-orang Thailand lah yang pertama kali menemukan ayam aduan tangguh dan handal untuk di jadikan ayam petarung sekitar seratus tahun yang lalu. Ayam jagoan petarung ini memiliki gerakan gesit, cepat, serta memiliki pukulan mematikan. Tidak hanya itu, ayam petarung ini di yakini memiliki otak yang cerdas dan lihai membaca situasi di arena sabung ayam.

Setelah ayam bangkok ini menjadi begitu populer dan terkenal sampai ke berbagai negara, termasuk ke negeri tirai bambu Tiongkok. Di mana ayam jago ini mampu mengalahkan semua ayam lokal yang ada, sehingga banyak orang Tiongkok yang berlomba-lomba ke hutan untuk mencari bibit ayam lokal untuk di kawin silangkan dengan bibit unggul ayam bangkok. Sejak ini lah, kemudian kepopuleran ayam bangkok tersebar luas ke berbagai negara, termasuk ke Indonesia. Sehingga banyak pecinta ayam aduan di tanah air yang mendatangkan bibit unggul dari Thailand untuk di kawin silangkan dengan ayam lokal.

Masyarakat Indonesia sangat tertarik untuk memelihara dan mengembang biakkan ayam jago dari Thailand hingga saat ini. Meskipun kini kegiatan mengadu ayam jago telah dilarang. Namun tidak menyurutkan kegiatan para peternak ayam aduan untuk terus berkreasi menghasilkan bibitan-bibitan ayam bangkok berkualitas. Bahkan saat ini, budidaya ayam jago sudah berkembang menjadi industri sangat menguntungkan.

Ciri dan Karakteristik dari Ayam Bangkok Berkualitas

Ayam Bangkok asli umumnya akan memiliki ciri dan karakteristik spesial yang membedakannya dari jeis ayam aduan lainnya. Menurut para pecinta ayam jago yang telah berpengalaman di dunia pertarungan sabung ayam. Terdapat beberapa ciri dan karakteristik khusus dari ayam bangkok berkualitas. Berikut di bawah ini adalah ciri dan karakteristik khusus dari ayam bangkok berkualitas, di antaranya :

  • Ayam jago asli dari Thailand yang berkualitas memiliki struktur tulang kokoh dan lebih padat di bandingkan dengan ayam aduan lainnya. Ini karena keunggulan dari bibit ayam bangkok asli. Selain itu, mereka di beri pakan makanan dan mineral yang baik, terutama kalium dan fosfor. Kekayaan mineral ini memungkinkan ayam menjadi lebih kuat saat mereka dewasa kelak. Ciri inilah yang tidak di miliki oleh ayam petarung jenis lainnya.
  • Pangkal bulu ayam jago asli berkualitas memiliki warna kekuning-kuningan emas. Hampir semua jenis bulu yang ada, termasuk bulu di bagian perut ayam, punggung, sayap, leher, dan kaki, semuanya memiliki corak atau warna kuning keemasan.
  • Ayam bangkok berkualitas akan memiliki mental bertarung tinggi dan kuat. Ini adalah hal yang membedakan ayam jago ini dari ayam petarung lainnya. Ayam jago dari Thailand adalah ayam pejuang yang gagah dan berani untuk bertempur dengan ayam tarung lainnya. Di mana jenis ayam jago ini tidak mau kalah dalam bertarung dan ia akan terus berjuang sampai mendapatkan kemenanangan. Untuk di ketahui ayam jago seringkali bertarung sampai mati.
  • Gaya bertarung dari Ayam bangkok berkualitas juga sangat terlihat berbeda dengan jenis ayam aduan lainnya. Sebagai ayam petarung sejati, ayam jago kerap menggunakan berbagai gaya bertarung dalam setiap gerakkannya. Di mana teknik bertarung yang umum digunakan oleh ayam jago termasuk teknik kontrol, teknik kunci, teknik bongkar singkap sayap, dan teknik berlari.

Jenis – Jenis Ayam Jago Aduan Yang Populer Di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat beragam jenis ayam aduan yang kerap di jadikan sebagai ayam petarung di laga sabung ayam. Di mana ayam petarung bangkok biasanya di anggap sebagai rajanya ayam aduan atau penguasa para ayam petarung. Hal ini wajar mengingat ayam jago Thailand biasanya bermain dan bertarung dengan cara super agresif dan selalu berupaya untuk mendominasi semua lawan tarungnya. Namun selain ayam jago dari Thailand, terdapat beragam jenis ayam petarung yang juga populer di Indonesia. Ayam-ayam aduan ini lah yang sering di jadikan sebagai ayam laga dalam berbagai event pertarungan ayam. Berikut di bawah ini jenis-jenis ayam aduan yang populer di Indonesia, di antaranya :

Ayam Saigon

Jenis ayam aduan ini berasal dari Vietnam yang terkenal kuat dan tangkas. Dengan memiliki ciri-ciri fisiknya yang sangat berbeda dari ayam aduan lainnya, ayam Saigon disebut sebagai ayam aduan paling unik. Ciri khas dari ayam saigon ini adalah lehernya yang tidak memiliki bulu, sehingga cukup rawan terluka jika terkena taji lawannya.

Ayam Siam

Ayam Siam memiliki sifat sebagai ayam petarung yang handal yakni pantang menyerah. Jenis ayam ini memiliki kecepatan pergerakkan di atas rata-rata ayam aduan lainnya serta memiliki cara bertarung yang khas dan sangat berbeda. Di mana jika Anda seorang pemula, mungkin dalam sekilas melihat, jenis ayam ini tampak serupa seperti ayam bangkok.

Ayam Burma

Sesuai dengan namanya, ayam ini berasal dari Myanmar. Ayam Burma memiliki ciri khas pukulan depan yang bagus dan pola menyerang yang teratur. Namun ayam burma ini memiliki postur tidak sebesar ayam jago Thailand. Sehingga ayam lawan dapat memukulnya dengan cukup mudah.

Ayam Shamo

Jenis Ayam ini berasal dari Jepang, dengan memiliki ukuran tubuh yang paling bongsor alias paling tinggi besar dan atletis. Namun jenis ayam ini memiliki pukulan yang pada dasarnya sedikit lambat, namun memiliki perhitungan yang sangat akurat. Dalam pertarungan, ayam Shamo biasanya bertarung dengan lantang, sigap dengan mendorong lawannya.

Ayam Philipine

Jenis ayam Philipine terkenal dengan gerakannya gesit, lincah dan cepat dalam arena pertarungan. Postur ayam ini mirip kecil mirip dengan jenis ayam Burma. Namun mereka memiliki loncatan yang sangat tinggi dan seringkali sangat berbahaya jika mengenai mata ayam lawannya.

Inilah berbagai jenis ayam petarung yang populer dan banyak di jadikan sebagai ayam petarung di berbagai event arena sabung ayam. Namun kini anyak yang menjadikan ayam aduan dari Thailand dan jenis lainnya ini sebagai hobi saja dalam memelihara ayam petarung.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *