Ayam Bangkok Ekor Lidi Yang Unik dan Berkualitas Tinggi

ayam ekor lidi

Researchpaperorder – Ayam ekor lidi, juga dikenal sebagai ayam bangkok ekor sapu lidi, memiliki ciri khas yakni ekornya yang panjang dan kaku seperti sapu lidi. Jika Anda penghobi ayam bangkok namun tidak suka mengadu ayam, mari menyimak ulasan kami hari ini. Karena pada kesempatan ini, kami akan mengulas ayam bangkok yang umumnya di pelihara oleh kebanyakan pecinta ayam bukan sebagai ayam aduan namun sebagai ayam hias.

Semakin banyak penghobi ayam bangkok yang tertarik dengan dunia ayam hias ini. Di mana hal ini merupakan salah satu bentuk untuk mengurangi persepsi negatif terhadap ayam bangkok. Yang mana, umumnya kebanyakan orang akan mengira pemeliharaan ayam bangkok memiliki tujuan untuk di jadikan sebagai ayam aduan yang kini telah di larang oleh pemerintah. Bahkan saat ini, ada berbagai komunitas dan kontes ayam bangkok hias yang di dasarkan pada nilai keindahan dari postur dan warna bulu ayam bangkok hias.

Salah satu jenis ayam bangkok hias yang kerap di ikut sertakan dalam ajang lomba atau kontes ayam hias adalah jenis ayam ekor lidi. Ayam bangkok sapu lidi ini semakin populer di seluruh negeri. Karena ekornya 80% kaku dari pangkal sampai ke ujung, menjadikan jenis ayam ekor lidi ini sangat unik. Meskipun bangkok ekor lidi memiliki ekor yang kaku, namun ujungnya tetap melengkung, tetapi itu tergantung pada kualitas dari pada ayam itu sendiri.

Mungkin Anda telah mendengar tentang ayam bangkok sapu lidi sejak lama, tetapi tidak banyak memahami tentangnya. Ayam bangkok sapu lidi, mulai muncul kurang lebihnya pada tahun 2015  dan di kenal banyak orang. Dan hingga kini semakin banyak orang yang mengenal dan menyukai ayam ekor lidi ini. Pada kesempatan ini, kami akan membahas semua hal yang kami ketahui tentang ayam bangkok ekor lidi, yang mencakup hal-hal berikut di bawah ini.

Ciri – Ciri Ayam Ekor Lidi yang Asli Unik dan Berkualitas Tinggi

Ayam ekor sapu lidi ini berasal dari jenis ayam bangkok klasik dengan memiliki katuranggan unik dan ekslusif di ekornya. Mungkin Anda sudah tahu bahwa ayam aduan memiliki banyak katuranggan. Sehingga banyak penghobi ayam yang menyukai ayam ekor lidi ini. Jika Anda seorang pemula dalam dunia ayam bangkok. Dan masih belum memahami ciri dari bangkok ekor lidi. Di sini kami akan memberikan informasi mengenai ayam sapu lidi. Berikut di bawah ini adalah ciri ayam bangkok ekor lidi, di antaranya :

  • Bangkok Ekor lidi asli memiliki bulu kecil-kecil kaku semakin lancip.
  • Kemudian ia juga memiliki capit kloaka yang rapat dan besar.
  • Ules/warna bulu bangkok sapu lidi yang lebih bagus akan terlihat tembus.
  • Pola ekor ayam akan selaras, tidak naik seperti pada ayam aduan lainnya.
  • Bulu bangkok sapu lidi asli akan semakin bagus bila rimbun/tumpuk.
  • Paruh dari bangkok sapu lidi akan berbentuk ngalen/tidak terlalu panjang & pendek.
  • Ayam bangkok ekor lidi memiliki jengger telon/wilah/brokoli/blangkon.

Jenis dari Warna Bulu Ayam Bangkok Ekor Sapu Lidi Populer

Hingga saat ini, warna bulu yang ada pada tubuh ayam ekor lidi di dominasi oleh satu warna bulu. Banyak masyarakat menyukai corak bulu cerah sebagai hewan peliharaan ayam hias atau klangenan. Selain luar biasa, warna cerah adalah warna yang kalem dan unik. Untuk di ketahui, warna wido, hitam kumbang, kelabu, dan putih sangat jarang di temukan pada jenis ayam bangkok ekoir lidi. Namun, warna yang paling populer adalah warna hitam rawis merah. Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis warna bulu ayam ekor lidi yang populer dan banyak di sukai oleh banyak orang, di antaranya :

Bangkok Ekor Lidi Coklat Muda

Para penghobi ayam yang sudah berpengalaman, tentu sudah mengenal akan jenis warna bulu coklat muda pramuka ini. Oleh karena warna bulu ini biasanya sangat menarik dan tidak mengherankan jika harganya yang luar biasa. Jika Anda benar-benar ingin membeli ekor lidi coklat muda yang sudah dewasa, harganya mungkin berkisar antara 2 juta hingga 10 juta, tetapi itu tergantung pada harga yang ingin di lepas oleh pemiliknya. Terlebih jika jika pejantan dan induknya sudah terkenal pernah menjadi juara sebuah kontes, tentunya tawarannya pasti akan lebih mahal.

Blorok Madu

Adapun warna bulu berikutnya yang sangat populer, dan Anda tentunya sudah sangat familiar dengan warna bangkok ekor lidi blorok madu. Anda harus merogoh kocek cukup besar jika ingin mendapatkan bangkok sapu lidi blorok madu yang berkualitas. Yang mana harga ayam ekor lidi blorok madu dewasa berkisar antara 5 juta hingga 25 juta rupiah. Namun, jika harganya sedang sedikit turun Anda hanya perlu mengeluarkan dana sebesar 3 juta, itu cukup untuk memboyong bangkok sapu lidi blorok madu dewasa.

Wiring Kuning

Dalam dunia ayam bangkok, warna wiring kuning terutama yang memiliki warna bulu rawis yang sempurna di seluruh tubuh dan pahanya, merupakan tanda klangenan yang paling tinggi. Begitu pun ayam sapu lidi memiliki warna bulu wiring kuning, selain itu dia juga memiliki paruh kuning dan mata dan kaki yang bersih, yang membuatnya sangat di sukai oleh kebanyakan penghobi ayam bangkok. Harga anakan bangkok sapu  lidi wiring kuning biasanya memiliki harga jual dan beli yang tidak jauh berbeda dari blorok madu atau coklat muda.

Wido Nanas

Selanjutnya ada bangkok ekor sapu lidi berwarna bulu Wido Nanas, yaitu warna putih kekuningan dengan dasar hitam, sangat dicari oleh penghobi dan peternak ekor lidi. Meskipun demikian, menghasilkan anakan yang memiliki warna wido nanas adalah hal yang sulit, bisa di katakan sedikit langka. Untuk anakan jenis bangkok ekor sapu lidi wido nanas memiliki harga antara 500 ribu hingga 2 juta rupiah per ekor.

Cara Merawat Ayam Bangkok Ekor Lidi Yang Baik

Berbeda dengan ayam peliharaan lainnya, ayam ekor lidi ini membutuhkan lebih banyak perhatian ketika menjadi dewasa. Kita harus menempatkan ayam di kandang umbaran dengan tangkringan atau tenggeran karena kita tidak tahu di mana posisi ekornya ketika ia tidur. Cara seperti ini lebih baik untuk menjaga agar tidak terjadi kerusakan pada bulu ekor panjang dan kaku dari jenis bangkok ekor lidi ini. Berikut di bawah ini adalah beberapa cara merawat ayam bangkok lidi, di antaranya :

Pakan Makanan & Minuman

Makanan sangat penting bagi ayam yang di pelihara, pastinya pakan berkualitas di perlukan untuk semua hewan. Dari anakan yang baru menetas hingga pejantan termasuk saat untuk memelihara ayam sapu lidi. Pastikan untuk memberikan pakan makanan berkualitas tinggi. Untuk bangkok lidi berusia dua bulan ke atas, berikan pakan makanan seperti nasi, bekatul, voer, jagung, beras merah, dan sebagainya. Selain itu, anakan ayam ekor lidi di bawah tiga bulan harus di berikan cukup air minum untuk menghindari kehausan.

Siapkan Kandang Ayam Yang Baik

Cara merawat ayam bangkok ekor lidi dengan baik berikutnya adalah membangun atau menyediakan kandang dengan dua model yakni model kandang box dan kandang umbaran yang baik untuk membuat ayam tumbuh dan berkembang. Kandang box dapat membantu anakan, remaja, dan biang ekor lidi. Salah satu keuntungan adalah bahwa ayam tidak akan berkelahi maupun saling mematuk bulu yang sedang tumbuh. Sedangkan, kandang umbaran di gunakan pada ayam jantan dan induk betina ekor lidi untuk bertelur dan mengerami telur. Penggunaan kandang umbaran membantu mengurangi kerusakan ekor ayam dengan memberikan kayu untuk bertengger ketika ayam tidur. Selain itu, itu juga di gunakan sebagai media untuk mandi pasir.

Mandi dan Jemur Ayam

Selanjutnya cara merawat ayam bangkok sapu lidi adalah dengan memandikan dan menjemurnya di bawah sinar matahari pagi. Apabila ayam sudah kering, mandi pasir atau tanah dapat membantu mereka tetap sehat dan terlihat lebih baik. Namun untuk jenis warna bulu dominan putih tidak disarankan untuk mandi tanah atau pasir. Hal ini karena dapat menyebabkan bulu menjadi kusam dan tidak menarik.

Kasih Vitamin dan Jamu

Untuk menjaga ayam bangkok sapu lidi tetap sehat, cara berikutnya adalah memberi mereka vitamin dan jamu. Dimana ada masa pergantian musim yang sering membuat ayam mengalami kematian tiba-tiba. Oleh karena itu, memberi ayam bangkok sapu lidi dengan vitamin dan jamu dapat meningkatkan ketahanan tubuh serta produktivitasnya. Selain itu juga dapat memperindah dan memperhalus bulu ayam, sehingga nantu anakan yang didapat bisa menjadi lebih baik dan menarik.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *