Ayam Bangkok F1: Ciri Khas, Warna Bulu, dan Cara Merawatnya

 

ayam bangkok f1

Researchpaperorder – Kebanyakan orang menyukai ayam petarung ayam bangkok f1 asli Thailand. Hal ini di sebabkan oleh tubuh ayam bangkok f1 yang kuat di bandingkan dengan ayam bangkok lokal. Sehingga ayam bangkok f1 asli di ketahui lebih sering menang dalam arena pertarungan sabung ayam. Meskipun saat ini, kegiatan mengadu ayam aduan telah dilarang, namun tidak menyurutkan animo masyarakat yang gemar mengadu ayam bangkok. Apakah Anda salah satu dari pecinta sabung ayam dan ingin mengetahui lebih banyak tentang ayam bangkok f1 ? Jika demikian, bisa menyimak ulasan kami bawah ini mengenai ayam bangkok f1 asli Thailand.

Ciri-Ciri dan Kriteria Ayam Bangkok F1 Asli Thailand

Banyak hal yang membedakan ayam bangkok F1 asli Thailand dari ayam bangkok lokal, seperti struktur tulang, warna pangkal bulu, mental bertarung, gaya tarung, dan warna bulu. Berikut adalah ciri-ciri khas ayam bangkok f1 asli, yang harus di perhatikan oleh pemburu ayam aduan, di antaranya :

Harga Ayam BK F1 Asli Thailand

Harga ayam bangkok ( BK ) f1 asli dapat mencapai jutaan rupiah. Hal ini menunjukkan betapa eksklusif serta berbedanya harga dari ayam petarung super tersebut. Namun, bagi penghobi ayam aduan, mengeluarkan uang semacam itu di anggap sebanding jika ayam tersebut memiliki kelas berbeda dan dapat kita andalkan sebagai petarung yang tangguh serta menjadikannya sebagai indukan untuk menghasilkan anakan yang berkualitas tinggi.

Struktur Tulang Padat

Ketika kita pegang, tulang ayam bangkok f1 asli terlihat lebih padat. Ini karena pakan makanan yang baik, terutama kalsium dan fosfor. Mendapatkan pakan makanan yang baik sejak masih anakan akan membantu pertumbuhan tulang dengan baik, membuat mereka lebih berharga daripada ayam lokal.

Warna Khas Pangkal Bulu

Ayam BK f1 asli memiliki warna kekuning-kuningan di pangkal bulu dan permukaan kulit yang di sebut “khemine”. Warna ini dapat kita temukan pada seluruh bagian bulu, seperti perut, punggung, sayap, leher, dan kaki. Khemine menjaga kulit serta bulu, mencegah rontok, dan bertindak sebagai anti kutu.

Mental Bertarung Tinggi

Ayam bangkok sering di sebut sebagai ayam petarung handal karena mentalnya kuat dan berani. Mereka tidak mudah menyerah, dan seringkali mereka berjuang sampai mati. Hal ini dapat terlihat pada ayam BK f1 yang memiliki kualitas mental bertarung tinggi serta sering menjadi pilihan terbaik bagi para pecinta sabung ayam.

Gaya Tarung Beragam

Ayam BK f1 memiliki empat gaya tarung utama, yakni gaya tarung dengan teknik kontrol, teknik kunci, teknik bongkar singkap sayap, dan teknik berlari. Teknik kunci serta kontrol menjadi favorit para penghobi sabung ayam, sementara teknik berlari jarang di temukan. Teknik berlari memungkinkan ayam untuk menyerang hingga lawannya menyerah atau kalah.

Warna Bulu Menarik

Selain di gunakan sebagai ayam aduan, ayam bangkok f1 juga menarik untuk kita pelihara karena memiliki warna bulu beragam serta menarik. Banyak kolektor ayam bk tertarik dengan variasi bulu dari jenis F1 asli Thailand ini. Sehingga para penghobi ayam aduan dapat menjadikan bulu dari ayam bangkok ini sebagai acuan agar lebih selektif dalam memilih ayam bangkok asli berkualitas tinggi untuk kita adu.

Klasifikasi Ayam Bangkok F1 Berdasarkan Warna Bulu

Jika Anda terbiasa memelihara berbagai jenis ayam, membedakan ayam bangkok f1 asli Thailand sebenarnya tidak terlalu sulit. Namun, pemula sering mengalami masalah karena masih ada penjual yang mengaku-ngaku ayam mereka adalah asli F1 Thailand. Untuk menghindari hal ini, Anda dapat melihat warna bulu hewan tersebut. Dimana seperti telah kami sebutkan di atas, bahwasanya Ayam Bangkok F1 memiliki berbagai warna bulu yang membuatnya lebih indah dan unik. Berikut adalah klasifikasi warna bulu ayam bangkok f1 asli di antaranya :

Warna Wiring

Para pecinta ayam aduan umumnya menyukai warna wiring ayam bangkok jantan. Dimana wiring memiliki bulu dasar hitam dengan rawis leher serta ekor berwarna kuning kemerahan. Warna ini adalah karakteristik dari jenis ayam bangkok f1 wiring. Selain itu, ada dua jenis utama warna wiring yakni wiring kuning dengan bulu rawis yang biasanya berwarna kuning keemasan. Dan juga ada wiring galih yang merupakan perpaduan bulu rawis merah tua hingga coklat.

Warna Wangkas

Jenis ayam bangkok dengan warna wangkas ini memiliki dasar bulu kuning kemerahan menyerupai rawis. Dengan intensitas warna ada dalam dua kategori utama, yakni Wangkas emas yang memiliki bulu berwarna kuning keemasan, sedangkan wangkas geni memiliki bulu berwarna kuning lebih gelap.

Warna Klawu

Ayam bangkok dengan warna klawu memiliki dasar bulu abu-abu terdiri dari dua jenis berdasarkan rawisnya. Yang pertama Klawu Geni dengan rawis berwarna kuning kemerahan, yang kedua Klawu Kethek dengan rawis berwarna gelap atau abu-abu kehitaman.

Blorok

Jenis ayam bangkok dengan bulu warna Blorok memiliki totol-totol berbagai warna, seperti blorok sederhana dengan totol putih dan rawis merah. Serta Blorok Madu adalah kombinasi dasar putih, hitam, merah, dan hijau dengan rawis putih berwarna kemerahan.

Jragem

Jenis ayam dengan warna Jragem ini di dominasi oleh hitam serta rawis. Dengan memiliki variasi unik seperti Cemani dimana kulit tubuh, paruh, mata, hingga sisik berwarna hitam. Warna jragem ini jarang sekali di temukan pada jenis ayam bk f1 asli Thailand.

Jali

Ayam bangkok dengan warna jali merupakan jenis bulu gabungan berbagai warna dengan garis atau noktah kecil sangat langka dan dicari oleh pecinta ayam Bangkok.

Putih

Ayam bangkok dengan warna putih memiliki bulu rawis serta dasar bulu berwarna putih. Jenis ayam bangkok dengan warna putih bisa di katakan sangat jarang ditemui dan termasuk langka di pasaran.

Metode Perawatan Ayam Bangkok F1 Asli Thailand

Untuk menghasilkan ayam bangkok f1 asli Thailand  berkualitas, harus memperhatikan beberapa faktor. Dimana terdapat beberapa hal penting yang harus Anda ketahui jika ingin memperoleh hasil anakan yang berkualitas tinggi. Berikut di bawah ini beberapa hal harus di perhatikan, di antaranya :

Pakan Makanan

Jika Anda ingin mendapatkan anakan ayam bangkok f1 berkualitas, pakan makanan di berikan harus tepat. Pastikan kualitas makanan di berikan berkualitas tinggi serta makanan harus di konsumsi dua kali sehari. Disini Anda dapat memberikan ayam Anda setiap pagi dan sore pakan makanan terbaik. Dalam proses pemberian makanan ini, harus di perhatikan dengan telaten. Hentikan pemberian makanan jika ayam sudah kenyang, biasanya terlihat dari temboloknya. Saat tembolok ayam penuh sampai lehernya, hentikan memberinya pakan. Berikan ayam setengah butir telur mentah per ekor untuk meningkatkan kekuatan dan daya tahannya. Anda juga dapat menggunakan daging cincang sebagai sumber energi alternatif. Selain itu, sayuran hijau, seperti sawi atau rumput, biasanya juga bisa di berikan sebagai tambahan pakan makanan. Jenis pakan makanan ini cocok untuk ayam bk f1 Thailand cukup dewasa.

Teratur Dibersihkan

Mandi tidak hanya penting bagi manusia untuk tetap bersih, segar, dan sehat, tetapi juga bagi ayam bk f1 asli Thailand. Namun, metodenya berbeda dimana ayam di lap hingga bersih. Anda harus menghindari mengguyur ayam secara spontan karena dapat fatal atau bahkan membunuh. Upayakan untuk melakukan pembersihan dengan telaten dan teratur, mulai dengan mengelap setiap bagian tubuh secara mandiri. Semua bagian tubuh, termasuk kaki, sayap, dan paruh, harus di perhatikan dengan cermat. Setelah itu, bersihkan mereka di tempat aman sebelum memasukkannya ke dalam kandang.

Siapakan Kandang Ayam

Kandang yang nyaman cenderung membuat ayam bangkok menjadi lebih santai dan tidak agresif. Untuk ayam bangkok , kandang harus memiliki ukuran setidaknya 70 cm x 70 cm agar mereka dapat bergerak bebas. Ayam bangkok f1 asli Thailand tidak akan pernah merasa terkungkung. Namun, pastikan kondisi kandang cukup memadai dan bersih, dan biarkan ayam bergerak sesuka hatinya.

Jangan lupa untuk menyuntikkan vaksin tetelo untuk mencegah penyakit muncul di kemudian hari. Sebagai pemilik, Anda harus memperhatikan perawatan terbaik untuk ayam kesayangan Anda. Demikian berbagai informasi mengenai ayam bangkok f1 asli Thailand.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *