Ayam Bangkok Jalak: Ciri, Jenis dan Kelebihan Ayam BK Jalak

Ayam Bangkok jalak

Researchpaperorder – Ayam Bangkok jalak atau wido adalah jenis ayam aduan yang dapat dibedakan berdasarkan warna bulu dasar atau rawisnya. Salah satu metode mudah untuk membedakan jenis ayam bangkok jalak adalah melalui ciri fisiknya, baik dari segi genetik maupun warna bulu. Keberagaman ini menyebabkan pandangan yang beragam di kalangan masyarakat, termasuk dalam penyebutan di berbagai daerah dan cara bertarungnya.

Di Indonesia, istilah ayam bangkok masih seringkali di anggap kurang baik, karena sebagian besar masyarakat masih mengasosiasikan pemeliharaan ayam Bangkok dengan kegiatan adu ayam, bahkan judi yang di larang oleh pemerintah. Namun, seiring berjalannya waktu dan dengan berbagai latar belakang hobi penggemar ayam Bangkok, kini telah muncul varian ayam Bangkok yang di ternak atau di pelihara untuk kontes hias dan sebagai peliharaan semata.

Perkembangan ini menciptakan kerangka pemikiran yang lebih positif terkait hobi penggemar ayam bangkok, termasuk ayam bangkok jalak yang kini banyak di pelihara sebagai ayam hias. Dalam kesempatan ini, kami akan berbagi informasi mengenai ciri dan kelebihan dari ayam bangkok jalak serta klasifikasi jenis nya berdasarkan warna bulu. Oleh karena itu, mari simak ulasan bawah ini agar Anda dapat memahami dan mengenal ayam bangkok jalak.

Ciri-Ciri dan Karakteristik Ayam Bangkok Jalak Super

Ayam bangkok jalak umumnya memiliki warna utama hitam, yang kemudian di hiasi dengan berbagai variasi bulu rawis. Seperti warna putih kecoklatan, hijau kekuningan, kuning keemasan, dan hitam kehijauan. Beberapa warna tersebut sering menjadi favorit di daerah tertentu dan menjadi identitas khusus serta memiliki mitos dan kepercayaan masing-masing penghobi ayam. Selain itu, penilaian terhadap karakteristik fisik ayam, seperti katuranggan, masih sangat penting bagi penghobi ayam laga untuk menentukan kualitas dan gaya bertarungnya. Berikut bawah ini adalah ciri dan karakteristik khusus dari ayam bangkok jalak, di antaranya :

  • Bulu dasar berwarna hitam dengan variasi bulu rawis.
  • Warna bulu rawis umumnya berwarna putih, hijau, batik, dan emas.
  • Ayam bk jalak memiliki ciri khas berjengger kecil yang menguncup.
  • Memiliki tulangan besar, padat, dan tinggi.
  • Mempunyai warna mata yang sesuai dengan warna bulu.
  • Ayam bk jalak super yang memiliki warna sama pada bagian warna rawis, mata, kaki, paruh, dan jalu, di sebut juga dengan tembus.
  • Semakin langka dan unik warna bulu, semakin tinggi nilai jualnya.

Itulah beberapa ciri-ciri serta karakteristik dari ayam bk jalan super yang dapat Anda jadikan panduan saat memilih.

Jenis Ayam Bangkok Jalak Berdasarkan Warna Rawis

Ayam bangkok jalak dapat di bedakan menjadi beberapa jenis berdasarkan warna rawisnya. Yang mana rawis ayam bangkok jalak memainkan peran penting dalam menentukan nilai dan daya tarik ayam tersebut. Keberagaman warna rawis menjadi ciri khas yang tidak dapat di abaikan, dan pengetahuan tentang perbedaan ini dapat di perkaya dengan memahami variasi warna yang ada di berbagai wilayah di tanah air. Di bawah ini, kami memaparkan beberapa jenis ayam bangkok jalak berdasarkan warna rawis versi kami, di antaranya :

Jalak Putih/Salju

Salju, dengan identitas warna putih yang khas, menginspirasi nama untuk jenis ayam bangkok jalak yang dominan dalam warna putih, mulai dari bulu dasar hingga rawisnya. Ciri khas ayam bk jalak putih ini memiliki warna kekuningan pada rawis leher dan punggung, sementara bagian ekornya umumnya memiliki warna hitam, namun terdapat pula yang berwarna putih. Oleh karena itu, seringkali di sebut juga sebagai ayam jalak kampung karena warna bulunya yang serupa dengan ayam kampung.

Jalak Hitam

Berikutnya adalah ayam bk jalak hitam. Dengan karakteristik fisik yang mencolok, terutama dari kombinasi bulu rawis yang di dominasi oleh warna hitam kehijauan. Orang Jawa sering menyebutnya sebagai “samber iler,” merujuk pada warna hitam kehijauan yang mirip dengan ciri-ciri hewan tersebut. Di daerah lain, istilah yang di gunakan mungkin berbeda karena perbedaan bahasa dan budaya. Ada juga jenis jalak hitam dengan rawis kekuningan, meskipun yang dominan tetap rawis hitam.

Jalak Batik

Bagi para penggemar ayam jalak yang mencari keunikan, jenis ini mungkin dapat menjadi pilihan terbaik untuk memelihara ayam bk jalak yang memiliki warna yang unik. Warna batik pada ayam jalak saat ini identik dengan pola layaknya batik dengan bintik-bintik pada fisiknya. Oleh karena itu, bisa menjadi pilihan terbaik bagi Anda yang anti mainstream untuk memeliharanya.

Jalak Emas

Dari berbagai klasifikasi ayam bk jalak, warna emas merupakan yang paling di sukai oleh para peternak maupun para penghobi ayam bk. Keistimewaan ayam jalak emas terletak pada warna rawisnya yang berwarna kuning keemasan. Di sebut juga sebagai wido nanas karena kemiripannya dengan buah nanas. Ciri utamanya adalah warna rawis punggung berwarna kuning, di sertai dengan bagian luar sayap yang berwarna oranye kemerahan.

Ayam jalak emas ini jika memiliki warna semakin tembus menjadi semakin langka, sehingga harganya pun melonjak tinggi. Hal merupakan keuntungan tersendiri bagi yang memiliki ayam jalak emas, terutama saat di gunakan sebagai ayam laga dan maupun ayam kontes hias. Namun untuk mendapatkan jenis ayam jalak ini, terutama ayam jalak emas tembus, bisa di katakan sulit atau langkga. Sehingga membuat harga ayam jalak emas cukup tinggi di bandingkan dengan warna lainnya. Ini karena hanya sedikit dari indukan ayam jalak emas yang mampu mewariskan karakteristik warnanya kepada generasi berikutnya.

Keistimewaan dan Kelebihan Ayam Bangkok Jalak

Ayam bangkok jalak memiliki sejumlah keunggulan yang bisa Anda jadikan sebagai pertimbangan untuk memilih sebagai peliharaan. Berikut bawah ini adalah beberapa keistimewaan dan kelebihan ayam bangkok jalak, di antaranya :

  • Mental yang Kuat – Ayam jalak terkenal memiliki mental kuat, sulit untuk di kalahkan oleh lawan dalam pertandingan.
  • Keistimewaan Tersembunyi – Ada mitos menyebutkan bahwa ayam jalak memiliki keistimewaan tersembunyi dan sulit di tebak berdasarkan fisiknya.
  • Akurasi dan Gaya Tarung Unggul – Meskipun fisiknya terkadang mirip ayam kampung. Namun ayam jalak memiliki akurasi pukulan dan gaya tarung yang handal.
  • Stamina dan Kekuatan Fisik yang Tinggi – Ayam jalak memiliki stamina dan kekuatan fisik tinggi. Serta tidak mudah kalah atau menyerah meskipun terkena pukulan mematikan.
  • Akurasi Pukulan yang Mematikan – Ayam jalak sering kali memiliki pukulan keras dan tepat sasaran pada bagian vital lawannya.
  • Taktik Membalikkan Keadaan – Seringkali di anggap remeh dan mudah di tumbangkan, namun dapat membalikkan keadaan di arena pertarungan.
  • Warna yang Unik – Ayam jalak memiliki warna unik dan sulit untuk mencetak yang sama pada generasi berikutnya, sehingga menambah daya tariknya.

Demikianlah informasi seputar ayam bangkok jalak dari kami. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda mungkin baru ingin terjun dalam dunia memelihara ayam bangkok. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *