Ayam Bangkok Jali: Keunggulan dan Kekurangan Ayam Aduan Jali Blirik

 

ayam bangkok jali

Researchpaperorder – Ayam Bangkok Jali Blirik merupakan salah satu jenis ayam petarung yang banyak di andalkan oleh para pecinta ayam aduan yang veteran dalam dunia arena sabung ayam. Bagi para pecinta ayam bangkok, tentunya sudah sangat mengenal ketangguhan dari ayam bangkok jali ini. Namun jika Anda merupakan pemula dalam dunia sabung ayam mungkin belum begitu mengenalnya. Oleh karena itu, di sini kami akan membantu Anda untuk lebih mengenal ayam jali. Yang mana ayam ini, yg telah meraih ketenaran dari berbagai kalangan pecinta sabung ayam bahkan sudah populer sama ke kancah internasional. Ayam bangkok jali di akui sebagai salah satu varietas pilihan terbaik dari jenis ayam bangkok aduan.

Sebagian orang meyakini bahwa keistimewaan ayam bangkok dapat dilihat dari warna bulunya. Dipercayai bahwa warna bulu sangat memengaruhi daya tarik dan keanggunan ayam tersebut. Ayam dengan bulu yang indah dianggap memiliki prestise yang lebih tinggi daripada ayam dengan bulu standar seperti hitam, hitam corak merah, dan sebagainya. Kombinasi warna bulu juga dianggap meningkatkan pesona ayam tersebut. Pada kesempatan ini, kita akan membahas keunikan yang dimiliki oleh ayam bangkok dengan warna blirik jali dan putih. Dari kedua warna bulu ini, dapat disimpulkan keunggulan dalam hal bentuk tubuh, daya tarik, dan teknik bertarungnya.

Salah satu keunggulan dari ayam aduan ini terletak pada keturunannya yg berasal dari persilangan ayam bangkok F1. Sehingga kemampuan bertarungnya menjadi tak usah ragukan lagi. Tetapi, apa faktor yang membuat ayam bangkok jali ini memiliki popularitas yg tinggi pada kalangan pecinta sabung ayam. Pada kesempatan ini, kami akan memperkenalkan lebih lanjut tentang ayam jali kepada para pembaca artikel kami hari ini. Tim kami telah mengumpulkan sejumlah informasi terkait dengan ayam aduan ini. Yang kemudian kami rangkum dalam serangkaian artikel mengenai ayam bangkok jali.

Mengenal Lebih Dalam Ayam Bangkok Jali

Ayam bangkok jali atau terkenal juga dengan sebutan ayam jali blirik. Jenis varietas ayam bangkok ini sering di anggap sebelah mata oleh pesabung ayam masa kini. Namun disukai oleh para pecinta ayam bangkok veteran. Berdasarkan pengamatan kami di lapangan menunjukkan bahwa ayam aduan ini termasuk dalam kategori langka. Meskipun demikian, para kalangan pecinta ayam sabung dengan pengalaman lebih dari lima tahun dalam dunia sabung ayam dan ayam bangkok sangat menyukainya.

Selain kehebatan bertarung yg terwariskan dari ayam bangkok F1. Ayam jali blirik juga menarik minta para pecinta ayam aduan melalui penampilan fisiknya. Banyak kalangan pecinta ayam veteran yg menganggap ayam jali blirik sebagai ayam hias kontes. Dengan berat rata-rata 3 Kg, ayam ini sering menjadi favorit sebagai ayam hias berkat warna dan motif bulunya. Terkadang, ayam jali blirik sering salah artikan sebagai ayam blorok madu. Perbedaan yg mencolok terletak pada warna bulu. Di mana ayam jali blirik memiliki bulu dasar putih dengan totolan atau motif. Sementara ayam blorok madu biasanya memiliki bulu dasar putih tanpa totolan atau motif.

Bulu ayam bangkok jali blirik umumnya mirip atau hampir serupa dengan warna bulu ayam bangkok blorok madu. Perbedaan yang mencolok pada ayam jali blirik terletak pada kombinasi warna. Yang lebih dominan dengan bintik-bintik kecil berwarna kekuning-kuningan. Warna bulu ayam jali blirik biasanya terdiri dari lebih dari lima jenis warna campuran.

Keunikan Gaya Bertarung Ayam Aduan Jali

Di lihat dari kemampuan bertarungnya, ayam bangkok jali blirik ini mendapatkan warisan gaya bertarung dari gen ayam bangkok F1, menjadikannya salah satu ayam aduan paling tangguh. Teknik mereka sering kali melibatkan kontrol dengan pukulan yg kuat dan telak. Para pecinta ayam veteran menyatakan bahwa pukulan dari ayam jali mampu membuat lawan kehilangan kesadaran untuk sementara waktu. Sehingga memberi kesempatan padanya untuk melancarkan serangan pamungkas.

Keunggulan pukulan yang keras dan telak membuat ayam jali blirik menjadi pilihan yg tepat bagi pecinta sabung ayam taji. Karena mereka khususnya dalam tipe ayam pukul dengan gaya pukulan menggunakan telapak kaki. Sebagai contoh, pukulan pada daerah pelipis mata lawan dapat segera menyebabkan luka pada mata lawan, bahkan dapat mengakibatkan buta seketika dan kehilangan arah. Hal ini tentu menjadi peluang emas bagi ayam tersebut untuk mengatasi lawannya dalam arena pertarungan.

Namun, perlu di perhatikan bahwa ayam bangkok jali blirik memiliki kelemahan yg cukup sulit di atasi. Mental bertarung mereka tidak stabil. Ini bukan karena ketakutan terhadap lawan. Melainkan karena jenis ayam aduan ini jika sedang tidak mau bertarung. Maka penampilannya dalam arena sabung ayam juga tidak bagus. Yang mana jika ayam ini di paksa bertarung, mereka cenderung melancarkan pukulan tanpa strategi yg jelas.

Selain itu, stamina mereka terkenal kurang optimal jika di bandingkan dengan ayam bangkok F1. Inilah sebabnya mengapa jarang ada pecinta ayam bangkok masa kini yang memilih ayam bangkok jali blirik sebagai ayam adu jagoan.

Keunggulan dan Kekurangan dari Jali Blirik

Pembahasan selanjutnya akan fokus pada keunggulan dan kekurangan dari ayam bangkok jali blirik. Pada umumnya, ayam bangkok atau ayam aduan memiliki beragam jenis warna bulu, dan para penghobi sabung ayam meyakini bahwa setiap warna bulu ayam aduan memiliki keunggulan dan gaya tarung yg khas. Berikut bawah ini adalah rangkuman keunggulan dan kekurangan dari ayam jali yg kami rangkum dari sumber terpercaya.

Berdasarkan keyakinan para pecinta sabung ayam, bulu ayam bangkok di anggap memiliki pamor dan gaya tarung yg unik. Dalam variasi warna bulu ayam bangkok yang di anggap baik, dapat di urutkan sebagai berikut: yang paling di hargai adalah warna wiring kuning atau wiring galih, di ikuti oleh wangkas merah pada urutan kedua. Pada urutan ketiga terdapat warna brumbun blorok madu, di ikuti oleh warna kelawu pada urutan keempat, warna hitam pada urutan kelima, dan urutan keenam adalah warna blirik jali dan putih.

Keunggulan ayam jali blirik terletak pada gaya pertarungannya. Saat bertarung, ayam jenis ini cenderung menyerang dengan pukulan yg sangat keras dan cepat. Mereka cerdik dalam mencari celah untuk menyerang dan memiliki kelenturan yg tinggi dalam melancarkan pukulan dari berbagai arah. Namun, di balik keunggulannya tersebut, ayam ini memiliki kelemahan dalam hal tenaga dan pernafasan. Hal ini di sebabkan oleh kegesitan dan aktivitas tinggi saat menyerang, yg mengakibatkan kelelahan karena tenaga yang terkuras banyak dan pernafasan yang menjadi cepat. Kelemahan utama pada ayam jali blirik terletak pada masalah pernafasan.

Demikianlah penjelasan mengenai keunggulan dan kekurangan dari ayam bangkok jali. Ulasan ini di harapkan dapat membantu para pecinta ayam aduan untuk lebih memahami ayam bangkok jali blirik. Semoga informasi yg di sajikan bermanfaat bagi semua pecinta sabung ayam di Indonesia. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *