Ayam Bangkok Klasik: Mengenal Lebih Dalam, Ciri dan Cara Merawatnya

ayam bangkok klasik

Researchpaperorder – Apakah Anda mengetahui definisi dari ayam bangkok klasik ? Seperti di ketahui, Bangkok selain terkenal dengan berbagai tempat wisata menarik, juga terkenal dengan adanya jenis ayam aduan memiliki sebutan ayam bangkok klasik di Indonesia. Dimana sebagian besar orang Indonesia, lebih suka memelihara ayam daripada hewan peliharaan lainnya. Dan salah satu jenis ayam banyak di pelihara yakni ayam BK, juga terkenal sebagai ayam bangkok klasik yang memiliki daya tarik tersendiri. Ayam bk klasik berasal dari Thailand dan sering di anggap sebagai jenis ayam petarung handal serta unik. Yang mana, ayam bk klasik tidak hanya populer sebagai hewan peliharaan, tetapi juga menjadi bagian dari tradisi dan hobi masyarakat Indonesia dalam dunia sabung ayam.

Seperti di ketahui, harga dari ayam bangkok klasik juga di ketahui cukup mahal dan hal wajar mengingat kelebihan dan keunikkannya. Harga ayam bk klasik atau ayam asli Thailand sangat istimewa mencapai jutaan rupiah, dengan kisaran harga mulai dari 1 juta hingga 2,5 juta rupiah untuk ayam sudah berumur 8 bulan hingga 1 tahun ke atas. Sedangkan untuk harga ayam bk betina sebagai indukannya berkisar antara 800 ribu hingga 1,5jt rupiah, tetapi ayam bk import klasik, yang di jamin ori, akan lebih mahal. Selisihnya bisa mencapai jutaan Rupiah. Untuk harga anakan ayam bervariasi tergantung pada umur dan jenis warna bulu.

Disini, kami akan membahas ayam bangkok klasik. Yang mana dalam pembahasan ini, kita akan menjelajahi definisi ayam bangkok klasik, mengetahui sejarah mendasari popularitas mereka, memahami beragam jenisnya, dan memberikan tips cara merawat ayam bangkok klasik. Semoga dengan adanya ulasan ini, dapat membantu Anda para pecinta ayam petarung dapat memperoleh pemahaman lebih baik tentang ayam bk klasik yang unik dalam budaya dan minat peliharaan ayam di Indonesia. Mari kita lihat ulasan mengenai ayam bangkok klasik yang menarik banyak minta pecinta ayam dari tanah air.

Mengenal Lebih Dalam Ayam Bangkok Klasik

Ayam Bangkok klasik adalah jenis ayam petarung asli yang berasal dari Thailand yang berbeda dari ayam Bangkok biasa karena bentuk tubuhnya yang unik. Ayam Bangkok klasik, umumnya akan memiliki kaki kering dan sisik yang menyerupai sisik buaya, serta cukup langka dan memiliki harga cukup mahal di Indonesia. Terutama pada kalangan penghobi ayam bk , yang menganggap ayam bk klasik sebagai idola dalam arena sabung ayam.

Dalam sejarah perayaman ayam Bangkok klasik dari Thailand, mereka di sebut sebagai “Raja Ayam Petarung” karena gerakannya gesit, cepat dan pukulan keras. Ayam bk disebut sebagai “Raja Ayam Petarung” karena kecepatan dan ketepatan gerakannya, serta kecerdasannya yang luar biasa dalam pertempuran pada arena sabung ayam. Ayam bk klasik menjadi bagian penting dari tradisi sabung ayam di Indonesia sejak pertama kali tiba pada Kota Tuban, Jawa Timur, di mana ayam laga mulai memikat para pecinta ayam dari tanah air. Kehadiran ayam laga jenis bk klasik menarik perhatian para pengghobi ayam, dan kemudian sering terjadi kawin silangkan dengan ayam lokal. Dengan demikian, sebagian besar ayam laga modern yang banyak kita jumpai saat ini berasal dari ayam Bangkok klasik.

Sampai hari ini, ayam Bangkok klasik masih sangat di sukai oleh pecinta ayam aduan dari Indonesia dan Asia. Ini juga karena ayam Bangkok klasik asli, yang berasal dari Thailand selalu memiliki tubuh yang besar, tebal, dan kokoh. Oleh karena itu, tidak heran jika Ayam bk klasik selalu menjadi pilihan favorit para penghobi sabung ayam karena kelebihan dan daya tarik yang di milikinya luar biasa. Ayam bk klasik di anggap sangat unik di kalangan pecinta ayam karena karakteristiknya khas dan membedakannya dengan jenis ayam petarung lainnya.

Ciri – Ciri Ayam Bangkok Klasik Asli

Ayam bangkok biasanya di pelihara untuk kontes sabung ayam, tetapi ada juga yang memelihara sebagai peliharaan atau ayam hias. Selain itu ada juga yang beternak ayam bangkok, baik dalam skala kecil atau besar, yang dapat menjadi salah satu peluang bisnis sangat menjanjikan. Karena ayam bangkok dapat di jual sebagai ayam pedaging, hias, atau sabung ayam, sehingga pasarnya sangat menjanjikan. Untuk membantu Anda dalam membedakan ayam bangkok klasik asli dengan ayam petarung lainnya, di sini kami akan memberikan ciri-ciri ayam bangkok klasik asli sebagai berikut :

  • Ayam bangkok klasik memiliki postur tubuh besar. Memberikan kesan gagah dan tegap ketika berdiri hampir 90 derajat, dengan dada yang lurus tegap saat di pegang.
  • Bulunya memiliki beragam warna, seperti wiring, wangkas jeragem, jali putih, blorok madu, dan lainnya.
  • Mata ayam bk klasik memiliki warna jernih putih, mirip dengan menthok, namun beberapa juga dapat berwarna kekuningan atau merah.
  • Leher ayam bk klasik lebih panjang serta memiliki tulang lebih rapat serta padat ketimbang dengan jenis ayam lainnya.
  • Jengger ayam bangkok biasanya memiliki bentuk sederhana (juga di kenal sebagai jengger rose, pial, atau pendek) dan berwarna merah. Karena ayam bangkok adalah ayam petarung, jenggernya kecil serta tidak terlalu besar.
  • Paruh ayam bk klasik cenderung tebal serta panjang, dengan warna umumnya kuning, sesuai dengan warna kaki.
  • Kaki ayam bk klasik asli umumnya kering, berwarna kuning, dengan sisik yang rapi serta berbentuk bulat atau kotak dengan sedikit tonjolan.
  • Rentang berat tubuh ayam bk klasik biasanya berkisar antara 2,5 kilogram hingga 4 kilogram.

Cara Merawat Ayam Bangkok Yang Baik

Sebagai pecinta ayam tarung. Tentunya kita berharap agar ayam kesayangan kita dapat tumbuh menjadi tangguh serta handal dalam arena sabung ayam. Untuk bisa mencapai hal ini, perlu memperhatikan cara merawat ayam bangkok yang baik. Di mana dengan merawat ayam bangkok dengan benar. Maka ayam laga aduan Anda dapat tumbuh kuat, bermental juara, dan siap tanding. Berikut di bawah adalah cara merawat ayam bangkok kasik yang baik serta benar, yaitu :

Kandang Umbaran

Berikan kandang yang cukup luas dan buat tenggeran dengan tinggi sekitar 100 cm hingga 120 cm dari lantai umbaran. Luas umbaran bisa 3 kali 1 meter dengan tinggi 2,5 meter. Agar ayam bangkok merasa nyaman dan tidak stress.

Pakan Ayam

Sebaiknya tempat pakan ayam ada dekat tenggeran secara rutin dipindah-pindahkan. Seperti sehari sebelah kanan dan sehari sebelah kiri, agar leher ayam tidak kaku sebelah dan otot lehernya tetap seimbang.

Mandikan

Untuk memandikan ayam laga, gunakan handuk yang dicelup pada sedikit air, baik air hangat atau air biasa. Memandikan ayam bisa dua kali setiap hari, yakni pagi dan sore. Jika sinar matahari bagus pada pagi hari, Anda dapat mandi sampe basah. Jika sinar matahari kurang, Anda cukup mandi dengan cara di lap menggunakan kain untuk membersihkan kotoran serta debu selama diumbaran.

Pelatihan

Berikan berbagai latihan khusus agar bisa membangun otot, reflek, serta mental saat bertarung di arena sabung ayam. Ini dapat mencakup menggunakan jaring tabrak dan kliter atau cermin, serta box lompat, renang, dan olah fisik.

Setelah Pelatihan

Setelah latihan, Anda harus mendiamkan ayam untuk beristirahat, mengatur nafasnya hingga normal, dan kemudian mencucinya. Anda hanya perlu memberinya minum, tidak perlu dimandikan, dan setelah beberapa menit baru di lap seluruh tubuhnya.

Sebelum Makan Sore

Setelah itu, ayam harus di mandikan sebelum makan sore, langkah selanjutnya. Jika Anda melakukan ini setiap hari, ayam Anda akan berubah secara signifikan.

Ini adalah ulasan tentang ayam bangkok atau ayam bk klasik. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Anda pecinta sabung ayam di nusantara. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *