Ayam Bangkok Mangon: Keunikan, Kelebihan, dan Cara Merawat Ayam Petarung Terbaik

ayam bangkok mangon

Researchpaperorder – Ayam bangkok mangon, juga dikenal sebagai ayam magon adalah jenis ayam bangkok petarung di era modern yang di peroleh melalui hasil perkawinan silang antara jenis ayam saigon dan pama. Seperti di ketahui, Ayam bangkok petarung biasanya di gunakan untuk hiburan sabung ayam atau adu ayam di Indonesia. Begitupun dengan ayam bangkok mangon yang kini sedang populer dan ramai di perbincangkan dalam kancah arena sabung ayam. Banyak dari antara pengghobi ayam sabung menyukai ayam bangkok mangon sebagai andalannya dalam memenangkan pertarungan pada arena sabung ayam.

Menurut para pecinta ayam bangkok yang telah lama berkecimpung di dunia sabung ayam, jenis ayam saigon memiliki tulang paling tebal dari antara semua ayam aduan. Dengan kelebihannya inilah, Ayam Saigon memanfaatkan keunggulan untuk melawan serta memukul lawannya dengan pukulan keras, ketangguhan, dan kekuatan. Namun, ayam-ayam saigon ini kurang cerdas dalam pertempuran karena kurang kelincahan.

Sementara itu, ayam petarung jenis pama berasal dari Myanmar memiliki kelebihan pergerakan sangat gesit serta lincah. Dimana hal inilah yang melatar belakangi, ide untuk mengawin silangkan kedua jenis ayam saigon dan pama. Yang pada akhirnya menghasilkan ayam aduan silangan terbaik yang dapat kamu andalkan dalam medan pertarungan sabung ayam yakni ayam bangkok mangon. Kini ayam mangon menjadi salah satu incaran para penghobi ayam tarung untuk di jadikan sebagai peliharaan sekaligus andalan dalam mengikuti ajang-ajang sabung ayam sangat marak di Indonesia.

Ciri dan Karakteristik Ayam Bangkok Mangon Asli

Penting untuk memahami ciri dan karakteristik dari ayam bangkok mangon asli, khususnya bagi Anda yang mungkin baru saja terjun dalam dunia sabung ayam. Dimana ayam bangkok mangon yang ada saat ini memiliki ciri serta karakteristiknya dapat membedakannya dengan jenis ayam bangkok lainnya. Berikut di bawah ini ciri – ciri dan karakteristik ayam bangkok mangon asli di antaranya :

  • Rangka tulang tegak, besar serta kasar.
  • Berukuran tiga hingga empat kilogram.
  • Memiliki bulu lebat, biasanya berwarna gelap serta kurang menarik.
  • Warna tubuh ayam ini sangat beragam. Ada warna jalak, coklat, hitam, kelabu, dan merah.
  • Kakinya besar, kering, bulat, dan berwarna gelap (hitam, biru, dan kuning coklat).
  • Gaya bertarung ayam mangon cukup gesit.
  • Menyerang dengan menempel kiri-kanan lawan dan tidak dapat terpancing atau terkunci. Sering melancarkan pukulan ke bagian kepala lawan (paruh, mata, dan tenggorokan) dengan akurasi 90 persen.
  • Ayam bangkok magon betina, seperti kebanyakan ayam persilangan lainnya, dapat bertelur.
  • Telor ayam bangkok magon hanya sedikit lebih oval, tetapi bentuknya hampir sama dengan telur ayam biasa.
  • Warna dari telur ayam bangkok magon betina hampir kecoklatan, tetapi telur ayam petelur lebih muda dan coklat pudar.

Kelebihan Ayam Bangkok Mangon Sebagai Ayam Petarung

Ayam bangkok mangon memiliki beberapa kelebihan bila bandingkan dengan jenis ayam petarung lainnya. Seperti memiliki mental sangat kuat serta pukulan yang keras nan akurat. Pukulan ayam mangon yang sangat akurat mencapai area penting lawan, seperti tenggorokan, rahang, paruh, dan mata, yang dapat mengalahkan lawan dengan cepat. Selain itu, ayam mangon memiliki teknik pertarungan unik, seperti teknik lari dan anti lock. Yang pertama adalah ketika lawan menyerang, ayam magon lari serta menyerang balik, sedangkan yang kedua adalah ketika lawan menyerang dengan menempel pada kiri serta kanan mereka sehingga mereka tidak dapat terpancing. Untuk lebih lengkapnya, di bawah ini beberapa kelebihan ayam bangkok mangon sangat di kenal sebagai ayam petarung handal masa kini, di antaranya :

Teknik Bertarung

Ayam bangkok mangon sangat cepat dalam pertarungan, menyerang, serta menghindar. Selain itu, ayam magon ini biasanya memukul lawan ke bagian kepala, leher, dan bagian paruh dengan cepat. Sangat mirip dengan induknya, ayam saigon atau pama, dengan tubuh yang lebih menonjol daripada ayam Saigon.

Tulangan Ayam Tebal

Ayam bangkok mangon biasanya memiliki tulangan yang lebih tebal daripada ayam kampong atau ayam tarung lainnya. Memiliki keunggulan dalam pertahanan sangat kuat dan tendangan cepat dan kecepatan patukan. Tulang yang lebih tebal juga dapat meningkatkan daya tahan serta kekuatan pertahanan.

Akurasi pukulan

Senjata andalan ayam bangkok mangon adalah kerap kali dalam melancarkan serangan sangat tepat mengenai sasaran dengan pukulan dari kedua jalu atau bagian tajam kakinya. Sebagian besar jenis ayam magon memiliki pukulan sangat kuat dari depan serta sering menyerang rahang, kepala, dan leher.

Harga CukupTinggi

Ayam bangkok mangon adalah salah satu jenis ayam aduan yang paling di cari. Harga ayam magon di pasar bervariasi tergantung pada kualitas, kondisi, dan umur ayam. Secara umum, ayam mangon asli di jual mulai dari Rp300 ribu hingga Rp1,2 juta, sementara ayam mangon betina biasanya dijual mulai dari Rp1,7 juta hingga Rp5 juta tergantung pada kondisi ayam. Sementara itu jenis bulbi bangkok mangon dapat dijual mulai dari Rp1 juta hingga Rp12 juta.

Cara Memelihara Ayam Bangkok Mangon Dengan Baik

Ayam bangkok mangon sebagai ayam petarung handal, tentunya membutuhkan perawatan khusus agar dapat meningkatkan kemampuannya dalam bertarung. Dimana ayam mangon memerlukan perawatan lebih sebelum kamu kirim ke arena pertempuran. Yang mana ayam mangon harus kita rawat dengan baik serta benar agar siap untuk bertarung. Berikut di bawah ini cara merawat ayam bangkok mangon, di antaranya :

Pakan Makanan

Jenis pakan yang di berikan kepada ayam bangkok magon bergantung pada usianya untuk menyesuaikan kebutuhan nutrisinya. Misalnya, pakan yang di berikan kepada ayam bangkok magon berusia 3 bulan tidak sama dengan yang di berikan kepada ayam bangkok magon berusia 6 bulan. Ayam bangkok magon biasanya makan gabah, nasi putih sisa, singkong, jagung, dan beras merah.

Memandikan

Selain makanan, menjaga kebersihan ayam adalah bagian penting dari perawatan ayam magon. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui cara memandikan ayam bangkok magon dengan benar. Pada dasarnya, Anda hanya perlu menggunakan handuk yang di basahi dan kemudian mencuci seluruh tubuh dan bulu ayam hingga bersih. Untuk mandi, ayam harus dimandikan sebanyak tiga hingga empat kali seminggu.

Melatih Ayam

Tidak hanya memiliki tubuh yang sempurna dengan rangka tulang sangat kuat serta tubuh sangat padat adalah segalanya. Jika ayam petarung ingin sukses dalam arena sabung ayam, mereka juga harus memiliki kekuatan fisik yang kuat. Latihan ayam aduan bertujuan untuk meningkatkan kekuatan, mental, dan kondisi badan yang kuat, sehat, dan napas yang panjang. Ada beberapa metode untuk melatih ayam bangkok mangon di antaranya:

  • Untuk membentuk otot kaki serta sayap ayam, latihan seperti lari di perlukan untuk membuat otot kaki lebih kencang dan membuat kepakan sayap lebih kuat. Ini akan membantu meningkatkan pandangan mata dan pembentukan otot sayap dan kaki.
  • Lontar ayam, juga terkenal sebagai latihan melompat, melibatkan melontarkan tubuh ayam ke udara. Tujuan dari lontar ayam adalah untuk memberi ayam kemampuan untuk melompat sampai melakukan pukulan ke lawan dan juga untuk menghentikan serangan lawan.
  • Menjantur ayam adalah teknik mengangkat ayam setinggi satu meter dengan memegang pangkal ekor terbalik. Ayam yang di angkat dengan ekor posisi atas dan kepala posisi bawah akan berusaha sangat keras untuk mengepakkan kaki serta sayapnya.
  • Latihan adu tanding dengan ayam lain membantu ayam mempersiapkan diri untuk pertarungan. Namun pastikan saat mengadu dengan ayam lain, upayakan agar ayam mangon kesayangan tidak sampai mengalami luka yang berlebihan.

Demikianlah beberapa cara memelihara ayam bangkok mangon yang perlu untuk di perhatikan untuk meningkatkan kemampuannya dalam betarung di arena sabung ayam. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu para pecinta sabung ayam di nusantara.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *