Ayam Bangkok Wido: Keunikan, Mistis, dan Jenis-Jenisnya Yang Populer

ayam bangkok wido

Researchpaperorder – Bagi para pencinta ayam Bangkok, pasti sudah sangat akrab dengan Ayam Bangkok Wido. Ayam ini merupakan salah satu dari banyaknya jenis ayam Bangkok yang memiliki reputasi legendaris. Bahkan, beberapa orang meyakini bahwa Ayam Bangkok Wido memiliki kekuatan mistis yang membuatnya tidak pernah kalah dalam pertarungan.

Seperti yang di ketahui oleh masyarakat umum, kebanyakan orang yang memelihara ayam Bangkok memiliki tujuan untuk menjadikannya sebagai ayam aduan terbaik. Ayam Bangkok memang terkenal sebagai salah satu jenis ayam aduan yang sangat kuat dan sulit untuk di kalahkan. Budaya adu ayam tidak hanya populer di Indonesia, tetapi juga di negara asalnya, Thailand, terutama di kota Bangkok.

Dengan reputasi dan kepopulerannya yang sudah tak terbantahkan, Ayam Bangkok Wido menjadi pilihan utama bagi para pecinta ayam aduan yang mencari keunggulan dalam pertarungan. Budaya adu ayam telah menjadi bagian penting dari warisan budaya dan tradisi pertanian di banyak negara di seluruh dunia. Jika Anda tertarik untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Bangkok Wido bisa menyimak ulasan kami bawah ini.

Mengenal Lebih Dalam Ayam Bangkok Wido

Ayam Bangkok Wido adalah salah satu varietas ayam Bangkok yang terkenal dengan ciri khas bulunya yang putih dan rawis kehijauan. Ada beberapa jenis Bangkok Wido yang perlu kita kenali lebih dalam. Secara umum, ayam ini kerap kali di anggap memiliki kualitas yang luar biasa. Tak jarang pula, ayam Wido ini di sebut dengan sebutan “ayam Suro”.

Sejarah menggunakan julukan “ayam Suro” sudah ada di Indonesia sejak zaman dahulu. Gelar ini di berikan kepada ayam yang menang pada pertarungan ayam masa lampau. Pada masa kerajaan Hindu di Indonesia, dalam konteks kepercayaan Hindu, ayam Wido di anggap memiliki kasta atau tingkatan tertentu.

Di kalangan masyarakat zaman dahulu, terdapat keyakinan bahwa ayam Suro memiliki sisi mistis, sementara ayam Wido di anggap sebagai keturunan dari silsilah katuranggan ayam Suro. Oleh karena itu, hingga saat ini, ayam ini tetap menjadi primadona di kalangan para penggemar ayam hobi di Indonesia. Dengan daya tarik yg unik dan kelebihan yang di milikinya, tak heran jika ayam Bangkok Wido tetap menjadi favorit di kalangan penggemar ayam di Indonesia.

Ciri-ciri Khas Ayam Bangkok Wido

Memelihara ayam aduan membutuhkan banyak perhatian dari pemiliknya agar ayam tersebut memiliki kekuatan yang optimal saat berada di arena pertandingan. Ada berbagai jenis ayam Bangkok yang terkenal, tetapi salah satu yg cukup langka adalah Ayam Bangkok Wido.

Ayam Bangkok Wido memang tidak seperti ayam pada umumnya. Dari ciri-cirinya saja, sudah terlihat nilainya yg sangat istimewa. Menurut kepercayaan dari berbagai tradisi kuno, seperti yang tercatat dalam Primbon Betaljemur, ayam ini memiliki beberapa tanda yg unik. Ayam Wido memiliki bulu yang berwarna putih kehijauan, suatu warna yang jarang di temui pada ayam lainnya.

Selain itu, ayam ini juga memiliki Jalu Cantel dan jengger yg tersusun dalam tiga lapisan. Ada juga tanda-tanda lain yang membedakan ayam Wido dari jenis lainnya. Ayam Wido Suro di percayai memiliki nilai mistis yang memudahkan kemenangan. Namun demikian, untuk mencapai kemenangan tersebut, ayam tersebut harus di dukung oleh latihan yang intens serta olah fisik yang tepat. Dengan kombinasi keduanya, ayam Wido Suro dapat menjadi lebih unggul di arena pertarungan.

Demikianlah gambaran tentang Bangkok Wido yg bisa kita sampaikan. Ayam Wido memang luar biasa dan banyak yang mencarinya. Namun, keistimewaan dari ayam Wido ini memang benar adanya. Ayam Bangkok jenis ini sulit ditemukan, bahkan kemunculannya pun seringkali tiba-tiba tanpa pemilik, seolah-olah ayam ini adalah mahluk bebas. Jadi tidak heran jika Bangkok Wido ini menjadi incaran para penggemar ayam aduan sebagai peliharaan yang tangguh di arena pertarungan kontes laga.

Jenis Ayam Bangkok Wido Yang Populer Hari Ini

Ayam Wido sebenarnya memiliki beberapa jenis varian warna yg berbeda jika bandingkan dengan tipe lainnya. Dan mana setiap varian tersebut di percaya memiliki kelebihan tersendiri. Selain sisi mistis yang melekat pada ayam Bangkok berwarna jalak. Beberapa varian ayam Wido juga di percaya memiliki kekuatan atau pemandian bawaan yang unik.

Meskipun di setiap daerah terdapat perbedaan dalam penyebutan dan identifikasi ayam ini, namun hal tersebut tidak di jadikan sebagai patokan tunggal untuk menentukan kualitas ayam dalam pertarungan. Berikut adalah beberapa jenis ayam bangkok wido yg populer antara lain:

Wido Asem

Ayam Wido jenis ini memiliki warna bulu yang unik, dengan rawis berwarna kuning agak kecoklatan. Meskipun kurang diminati oleh sebagian penghobi, namun ayam ini tidak boleh diremehkan. Jenis ayam Wido Asem seringkali memiliki pukulan yg kuat, sehingga kemampuannya dalam pertarungan tidak boleh dianggap enteng.

Wido Botol

Jenis ayam jenis ini sudah menjadi favorit di kalangan para penghobi ayam, dengan ciri khas bulu berwarna hijau botol. Warna rawisnya yang hijau tua seperti warna botol dan warna hitam pada pucuk rawis menjadi ciri khas utamanya. Banyak yg percaya bahwa ayam Bangkok Wido Botol memiliki rentetan kemenangan yang kuat dan kemungkinan besar untuk menjadi juara dalam pertarungan.

Bangkok Wido Kemlanding

Ayam Bangkok ini memiliki ciri khas warna kuning keemasan pada bagian daun, dengan sedikit sentuhan warna merah di punggung dan sayapnya. Selain itu, warna bulunya juga mencakup warna hitam yang pekat di bagian badan dan ada yg berwarna abu-abu. Berbagai warna tersebut mencerminkan semangat Ayam Bangkok Wido Kemlandingan. Kelebihan ayam jenis ini sudah tidak diragukan lagi, karena sejak zaman dahulu kala, ayam dengan pola bulu seperti ini seringkali menjadi pemenang di arena laga.

Wido Kaisar Geni

Ayam Bangkok Wido ini sangat istimewa dan sering disebut sebagai Ayam Suro Geni. Biasanya, jenis ayam ini sulit ditemukan di luar Vietnam dan Thailand. Dengan merawat dan melatih ayam dengan baik, baik dari segi fisik maupun mental, akan membantu meningkatkan kemampuan bertarungnya. Oleh karena itu, perawatan dan latihan yg tepat sangatlah penting untuk menghasilkan ayam bertarung yg berkualitas.

Ayam Bangkok Wido wangkas

Jenis berikutnya yang merupakan hasil perpaduan antara ayam Wido dan ayam Wangkas, menghasilkan bulu yang langka. Ciri khasnya adalah langit-langit berwarna putih kekuning-kuningan, dengan sentuhan warna hitam yg khas dari ayam Wido. Kelebihan ayam ini sangat istimewa karena memiliki kekuatan yang kuat secara tiba-tiba, menjadikannya unggul dan mampu memenangkan pertarungan dengan mudah.

Demikianlah pembahasan tentang kelebihan dan jenis-jenis ayam yg istimewa. Semoga dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat bagi semua penghobi ayam maupun bagi Anda yang baru mau mulai terjun dalam dunia ayam bangkok. Salam satu hobi untuk kita semua penggemar ayam laga.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *