Ayam Black Sumatra: Ras Ayam Hias Asli Nusantara yang Eksotis

Ayam black sumatra

Researchpaperorder – Ayam black sumatra merupakan salah satu jenis ayam hias asli dari Nusantara, yang tak kalah cantik dan indah di bandingkan dengan jenis ayam lainnya. Sebagai salah satu spesies asli dari Indonesia, penting bagi kita untuk tidak mengabaikan keeksotisan yang di miliki oleh ayam ini. Yang mana dalam dialek Minang, ayam black sumatra ini di kenal sebagai Ayam Taduang, merupakan ras ayam kampung Indonesia. Meskipun jumlah populasinya saat ini tidak begitu banyak, ini di sebabkan oleh eksploitasi besar-besaran yang berdampak negatif terhadap populasinya di tanah air sendiri.

Meskipun postur tubuhnya mungkin tidak sehebat ayam Bangkok, namun ayam black sumatra memiliki beberapa kelebihan yang layak untuk di sukai oleh para pecinta ayam hias. Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi secara rinci agar teman-teman semua dapat memahaminya dengan lebih baik. Mari menyimak ulasan mengenai ayam black sumatra bawah ini.

Sejarah Singkat Ayam Black Sumatra

Popularitas Ayam Black Sumatra di mulai sekitar abad ke-19, ketika jenis ayam ini di ekspor ke Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa lainnya. Pada masa itu, ayam ini di gunakan sebagai ayam aduan, di manfaatkan semata-mata sebagai hiburan semata. Kemudian dalam perkembangannya, keunikan yang di miliki oleh ayam sumatra akhirnya menjadikannya sebagai salah satu ras jenis ayam hias.

Pada tahun 1847, ayam dari Pulau Sumatra di ekspor ke Amerika Serikat, di ikuti oleh Jerman pada tahun 1882, dan Inggris pada tahun 1902. Bahkan, ras ini pertama kali di daftarkan dalam American Poultry Association Standard of Perfection pada tahun 1883. Meskipun di anggap sebagai unggas primitif, ayam sumatra memiliki banyak kelebihan yang membuatnya menonjol. Namun, mirisnya kurang mendapat perhatian terhadap keberadaan ayam ini di daerah asalnya, sama halnya seperti Ayam Ciparage dan sejenisnya, mengakibatkan sedikitnya populasi dari jenis ayam black sumatra.

Karakteristik dan Ciri-Ciri Ayam Black Sumatra

Ketenaran ayam black sumatra tidak perlu di ragukan lagi, terutama dengan sebutan “black” yang memberikan kesan langka dan unik. Dalam kesempatan ini, kami akan memberikan beberapa karakteristik dan ciri-ciri ayam black sumatra, seperti berikut bawah ini:

  • Ayam sumatra memiliki bentuk kepala bulat, namun pendek, tidak seperti kepala panjang dan lonjong pada ras lainnya.
  • Memiliki pial atau gelambir menjadikannya semakin baik dan menarik.
  • Berparuh tebal, pendek, dan melengkung ke bawah, tetapi tajam.
  • Berjengger sumpel tegak, idealnya kecil dan tidak miring ke salah satu arah.
  • Lehernya memiliki panjang sedang dan membentuk busur, mirip dengan ayam serama.
  • Memiliki cuping kecil berwarna hitam, kadang-kadang sedikit putih saat ia masih muda.
  • Mempunyai punggung panjang dan tegak.
  • Memiliki rawis hitam mengkilap dengan nuansa kehijauan dan kebiruan.
  • Sayapnya mengarah ke bawah dubur, bahkan ada yang saling bertemu di bagian sayap.
  • Ekornya lumayan lebat dan panjang, namun tidak sepanjang ayam onagadori.
  • Kaki anak ayam sumatra yang baru menetas umumnya kuning dan sedikit warna hitam. Setelah 1 bulan, warna akan berubah menjadi hijau atau hitam.
  • Tepalak kaki masih memiliki warna kuning, hitam, dan kehijauan.
  • Memiliki postur badan yang tegak, kecil, dan padat.
  • Warna bulu hitam yang legam dengan kilau kehijauan/kemerahan.
  • Ayam sumatra betina mampu menghasilkan telur sebanyak 100 butir setiap tahunnya.
  • Telur ayam sumatra berwarna putih.
  • Ayam sumatra jantan memiliki bobot antara 2,25-2,7 kg, sementara betina sekitar 1,8 kg.
  • Ayam sumatra dewasa memiliki banyak taji.

4 Jenis Ayam Black Sumatra Populer

Dengan perkembangan yang sangat terkenal di berbagai negara, ayam black sumatra dari Pulau Sumatra bahkan telah di akui sebagai ayam asli di Belanda. Oleh karena itu, mengetahui asal-usul yang benar dari hewan peliharaan ini memiliki manfaat yang signifikan.

Saat ini, setidaknya terdapat empat klasifikasi utama dari jenis ayam sumatra dengan berbagai varian warna bulu. Hal ini menjadikannya pilihan yang sangat cocok sebagai hewan peliharaan di pekarangan rumah Anda. Mari kita pelajari satu per satu jenis ayam black sumatra bawah ini.

Ayam Black Sumatra Super

Menurut informasi yang beredar, warna dari ayam sumatra ini di anggap sangat indah dan memiliki keunggulan dalam panca warnanya. Hal ini menjadikan daya tarik jenis ayam black sumatra ini sangat tinggi, dan harga jualnya tetap berada pada kisaran yang tinggi.

Jika Anda kurang tertarik dengan jenis ayam hias yang lain, mencoba untuk memelihara jenis ayam black sumatra super mungkin bisa menjadi pilihan yang terbaik. Secara karakteristik, ayam black sumatra super ini memiliki warna hitam yang mengkilap dengan nuansa kebiruan dan merah. Oleh karena itu, di Eropa, banyak yang menyukainya dan menjadikannya sebagai pilihan populer.

Meskipun setiap negara memiliki selera yang berbeda-beda, namun kenyataannya, keindahan yang di miliki oleh ayam sumatra super ini masih sangat di sukai, dan banyak yang membudidayakannya sebagai kategori jenis ayam hias pada saat ini.

Splash Sumatra

Melalui proses perkawinan silang, dihasilkan klasifikasi baru ayam black sumatra yang diberikan nama “splash.” Mengapa demikian? Ini disebabkan oleh perbedaan pada warna bulunya dibandingkan dengan jenis lainnya. Selain itu, pembibitan jenis ayam splash sumatra masih cukup langka dan sulit untuk dikembangkan.

Ciri-ciri fisik dari ayam splash sumatra ini mencakup percikan atau campuran warna bulu, seperti putih, hitam, dan abu-abu. Salah satu ciri khasnya adalah mata yang berwarna merah atau hitam. Perlu diingat bahwa, berdasarkan informasi yang kami ketahui, jenis ini belum terdaftar di American Standard Of Perfection.

Keunikan warna bulu dan keberlanjutan warna pada jenis splash menjadikannya pilihan yang menarik, meskipun keberadaannya masih langka dan perlu usaha lebih dalam pembiakannya.

Blue Sumatra

Jenis berikutnya dari ayam black sumatra mungkin sudah tidak asing bagi para pecinta unggas, terutama karena sering muncul di media sosial dan internet. Terlebih lagi, kita memiliki minat yang sama sebagai penggemar unggas, khususnya ayam.

Melalui proses persilangan yang panjang dan rinci, akhirnya muncul satu strain baru dari Ayam Sumatra. Strain Blue Sumatra ini ditandai oleh warna fisik bulu yang bercorak abu-abu kebiruan dan pola rawis hitam sangat sempurna, menjadikannya terlihat sangat ganteng dan berwibawa. Terkadang, orang-orang kebingungan membedakan antara jenis blue dan splash karena pada awalnya, ketika masih anakan hingga remaja, keduanya memiliki kesamaan dalam warna bulu.

Hal penting yang perlu diketahui tentang jenis ayam satu ini adalah julukan “penjaga perdamaian” yang melekat padanya. Julukan tersebut tak lepas dari sifatnya yang tenang dan tidak gemar bertarung dengan unggas lainnya. Oleh karena itu, ayam blue sumatra ini memperoleh julukan sangat unik dan cocok sebagai hewan peliharaan, terutama sebagai jenis ayam hias.

White Sumatra

Jenis berikutnya dari Ayam Sumatra yang satu ini memiliki ciri khas berupa warna putih yang merata di seluruh bulunya, termasuk dasar dan rawisnya. Selain itu, karakteristik unik lainnya pada jenis ini adalah warna kulit di bagian kepala dan bagian lainnya agak kehitaman.

Dengan adanya ciri-ciri tersebut, kita dapat dengan mudah menilai kualitasnya. Di luar negeri, unggas ini banyak digunakan dalam ajang kontes keindahan sangat baik, yang mana dalam kontes terdapat penilaian dari bentuk jengger, postur tubuh, warna, dan proporsinya secara menyeluruh.

Kelebihan Ayam Black Sumatra

Sebagai unggas yang berasal dari Nusantara, namun mirisnya saat ini banyak peternak mendatangkan Ayam Sumatra ini dari luar negeri. Hal ini disebabkan oleh eksploitasi besar-besaran yang membuat populasi ayam ini menjadi langka di daerah asalnya. Tidak main-main, satu pasang dewasa ayam sumatra bisa mencapai harga 18-20 juta rupiah. Berikut adalah beberapa informasi tentang kelebihan ada pada Ayam Black Sumatra, antara lain:

  • Perawatan ayam sumatra relatif mudah, sehingga cocok sebagai hewan peliharaan.
  • Ayam ini memiliki potensi untuk hidup dalam jangka waktu yang panjang jika dirawat dengan baik.
  • Ayam sumatra ini memiliki kemampuan terbang sangat baik.
  • Terdapat berbagai varian warna memperkaya keindahan jenis ayam ini.
  • Memiliki sifat haus akan kekuasaan.
  • Warna bulunya indah dan unik, menambah daya tarik estetis.
  • Ayam Sumatra adalah ras ayam asli Indonesia patut di apresiasi.
  • Memiliki gaya bertarung bagus, menjadikannya populer dalam kontes ayam hias.
  • Terdapat kontes perlombaan memperlihatkan keindahan dan kualitas dari ayam sumatra.
  • Meskipun lebih di kenal sebagai ayam hias, ayam sumatra mampu menghasilkan telur sekitar 100 butir per tahun.
  • Harga ayam ini relatif stabil di pasaran, mencerminkan nilai dan kepopulerannya.
  • Memiliki daya ketahanan baik terhadap berbagai penyakit.

Demikian ulasan kami mengenai Ayam Black Sumatra, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami beragam jenis ayam hias terbaik di Indonesia. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *