Ayam Brahma: Ciri, Jenis dan Keunikan dari Ayam Hias Terbesar

Ayam Brahma

Researchpaperorder – Dalam klasifikasi jenis Ayam Brahma, kita ketahui ada banyak variasi dengan lebih dari tiga jenis ayam brahma terbesar, menunjukkan keragaman dari salah satu varietas ayam hias yang unik dan menarik. Oleh karena itu, sebisa mungkin kami akan memberikan informasi selengkap lengkapnya untuk Anda. Setiap jenis ayam Brahma masing-masing punya keunikan tersendiri, termasuk warna bulu yang berbeda, berat badan yang berbeda, dan kualitasnya sebagai pencetak telur.

Sangat menarik untuk kita ketahui bahwa ayam Brahma, selain sebagai hewan peliharaan, juga dapat menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan, terutama jika kita rawat dengan apik dalam jangka waktu panjang.  Dengan begitu banyak jenis dan keuntungan yang di tawarkan, tidak ada ruginya bagi pecinta ayam untuk memelihara ayam Brahma terbesar ini. Selain memberikan kesenangan sebagai hewan peliharaan, bisnis peternakan ayam brahma terbesar juga memiliki potensi untuk menjadi investasi jangka panjang. Untuk mendapatkan pemahaman lebih lanjut, mari menyimak ulasan bawah ini.

Mengenal Lebih Dekat Dengan Ayam Brahma

Meskipun Ayam Brahma mungkin tidak sepopuler seperti Ayam Bangkok, Pama, Hutan, Cemani, atau berbagai jenis ayam aduan maupun hias lainnya. Namun AyamBrahma memiliki keunikan tersendiri yang sangat menarik, dan cocok untuk di pelihara oleh para pecinta ayam.

Adapun berbagai silang pendapat mengenai asal-usul Ayam Brahma, beberapa mengatakan bahwa unggas ini berasal dari wilayah Brahmaputra India. Oleh karena inilah, ayam ini di namakan dengan Ayam Brahma. Namun baik garis keturunannya sendiri maupun asal-usul ayambrahma tidak di ketahui secara pasti. Meskipun demikian, ada beberapa versi yang menyatakan bahwa ayambrahma berasal dari China, sementara versi lain menyatakan bahwa ayam tersebut berasal dari India.

Terlepas dari mana ayambrahma berasal, website Chickens & More mengatakan bahwa ayam brahma pertama kali di bawa ke Amerika Serikat pada tahun 1840-an dan terus di kembangkan selama beberapa tahun berikutnya. Website tersebut menyatakan bahwa terdapat beberapa nama untuk trah ini, tetapi pada pertemuan para juri unggas di Massachusetts pada tahun 1852, nama “Brahmaputra” di pilih. Pada akhirnya, penerbit The Northern Farmer, TB Miner, mempersingkat namanya menjadi “Brahma”, dan ia di beri penghargaan.

Ciri – Ciri Ayam Brahma

Ayam Brahma menarik karena dapat di dijadikan sebagai hewan peliharaan ayam hias yang sangat unik dan indah. Selain itu, AyamBrahma juga merupakan hewan peliharaan yang ideal untuk di jadikan sebagai ayam pedaging dan ayam petelur sekaligus sebagai ayam peliharaan yang unik dan indah. Ini karena AyamBrahma memiliki tampilan dan ciri-ciri yang unik, antara lain :

  • Mempunyai bulu sangat lebat yang menyelimuti tubuh sampai ke ujung kakinya.
  • Mempunyai warna dasar kulit sedikit kekuningan.
  • Tinggi ayamBrahma bisa mencapai hingga 70 cm.
  • Bobot untuk jenis ayamBrahma betina dapat mencapai 4-6 kg, sedangkan untuk jenis ayamBrahma jantan mencapai sekitar 6-8 kg.
  • Terdapat berbagai macam varietas jika di lihat berdasarkan patokan warna bulunya, seperti warna dark, buff, dan light.
  • Memiliki jengger tegak dan berukuran sedang.
  • Sifatnya tidak agresif dan sangat jinak.

Jenis – Jenis Ayam Brahma

Ayam Brahma di klasifikasikan berdasarkan warna bulu. Sedangkan perilaku, postur, dan penampilan ayambrahma biasanya tidak berbeda antara jenis satu dengan lainnya. Jenis Dark Brahma adalah yang paling terkenal saat pertama kali muncul. Kemudian, muncul beragam jenis ayamBrahma baru seperti yang banyak kita kenal saat ini, antara lain :

Columbian Light Brahma

Pecinta ayam Brahma pasti akrab dengan jenis ayam Columbian Light ini karena popularitasnya yang tinggi dan menjadi ayam terlaris di seluruh dunia, terutama di Indonesia. Sempat ada video viral di youtube yang menampilkan ayam Brahma terbesar pada tahun 2013, dan itu adalah Columbian Light Brahma yang kemudian menjadikannya lebih terkenal lagi. Dengan bulu dasar putih dan bintik-bintik hitam atau abu-abu di bagian atas, Columbian Light Brahma termasuk dalam jenis klasik dan memiliki harga tertinggi di dunia.

Buff Brahma

Salah satu generasi awal dari jenis ayamBrahma adalah Buff Brahma. Ayam-ayam ini sangat mirip dengan ayam Giant Cochin, tetapi mereka memiliki bulu berwarna kuning cerah yang cenderung kecoklatan.

Gold Partridge Brahma

Brahma jenis Gold Partridge ini cantik seperti Columbian Light Brahma dengan bulunya berwarna merah dan tubuhnya berwarna kuning keemasan. Tidak ada AyamBrahma lain yang secantik ini, sehingga permintaan tinggi untuk ayam Gold Partridge tidak mengherankan. Selama musim panas atau musim semi, Gold Brahma dapat bertelur hingga 180 butir setahun.

Blue Brahma

Meskipun ayam ini disebut Blue Brahma, sebenarnya dia tidak memiliki bulu biru. Sebaliknya, dia lebih berbulu abu-abu cerah dengan hitam di punggung dan lehernya. Ayam jenis ini sangat langka karena sangat baru.

Black Brahma

Black Brahma memiliki bulu berwarna hitam polos, seperti namanya, dan sangat mencolok. Dibutuhkan proses dan perjuangan yang cukup panjang untuk mendapatkan jenis Black Brahma bulu hitam ini. Anakannya mungkin tidak selalu memiliki bulu hitam, tetapi biasanya memiliki bulu putih di seluruh tubuhnya. Oleh karena itu, untuk mengembangkan Black Brahma sangat sulit. Sebagian besar anakan jenis Black Brahma tidak memiliki bulu berwarna hitam polos. Untuk mengetahuinya, Anda harus menunggu hingga mereka remaja. Jadi, jangan beli Black Brahma sampai mereka berusia empat hingga lima bulan. Di usia ini, bukunya tidak lagi berubah warnanya.

Brahma Mix Colour

AyamBrahma Mix Colour adalah kombinasi warna yang berasal dari berbagai jenis ayam hias, yang memiliki keunggulan dalam keragaman warna bulunya.

Keunikan dan Daya Tarik dari Ayam Brahma

Untuk memberikan pemahaman yang lebih lanjut kepada pecinta ayam hias, terutama mereka yang tertarik dengan Ayam Brahma, penjelasan lebih lanjut tentang keunikannya sangat penting. Berikut adalah beberapa keunikan dari Ayam Brahma, antara lain :

  • Ayam ini dikenal dengan bulu yang tebal dan lebat, memberikan tampilan yang megah dan indah.
  • Dengan postur tubuh yang besar dan gagah, unggas ini menjadi unggas yang imposan dan mencolok.
  • Selain besar, badan ayam satu ini juga cenderung berotot, menambah kesan kekuatan dan keindahan.
  • Jengger AyamBrahma cenderung tegak dan tidak terlalu besar atau kecil, memberikan proporsi yang seimbang.
  • Ayam ini memiliki variasi warna yang mencakup berbagai jenis, seperti Buff, Blue, Black, Gold, Dark dan Mix Colour, masing-masing dengan keunikannya sendiri.
  • Keunikan AyamBrahma terletak pada multifungsinya, bisa dijadikan hewan peliharaan hias, pedaging, dan penghasil telur yang produktif.
  • Meskipun memiliki ukuran yang besar dn jumbo, ayam satu ini umumnya dikenal sebagai unggas yang jinak dan tidak galak, membuatnya cocok untuk dipelihara sebagai hewan peliharaan.

Dengan keunikannya ini, tidak heran jika Ayam Brahma memiliki nilai jual yang tinggi dan sangat populer di kalangan pecinta ayam hias. Demikian ulasan kami, semoga Anda mendapatkan manfaat dari informasi ini. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *