Ayam Cemani: Ciri Khas, Mitos dan Khasiatnya

ayam cemani

Researchpaperorder – Ayam Cemani, dengan keindahan warna hitam legamnya yang mencakup bulu, paruh, bahkan organ-organ internalnya juga memiliki warna hitam dan menjadikannya sebagai salah satu jenis ayam yang langka dan memiliki harga yang fantastis, bahkan mencapai puluhan juta rupiah. Untuk Anda ketahui, harga jual Ayam Cemani berkualitas tinggi dapat mencapai hingga Rp 90 jutaan. Tidak hanya itu, telur Ayam Cemani pun memiliki harga yang tidak kalah menarik, di jual seharga Rp 300 ribu per butirnya. Meskipun tubuh Ayam Cemani keseluruhannya berwarna hitam, yang menariknya adalah telur yang di hasilkan oleh ayam ini tidak memiliki warna hitam. Warna telur Cemani sama dengan telur pada umumnya.

Seorang peternak Cemani, menjelaskan bahwa istilah “Cemani” di ambil dari bahasa Sansekerta yang berarti hitam legam. Warna unik Ayam Cemani berasal dari mutasi genetik yang di kenal sebagai fibromelanosis. Berbeda dengan jenis ayam lainnya di mana hanya sel-sel tertentu yang menghasilkan pigmentasi, Ayam Cemani melepaskan pigmentasi dari seluruh tubuhnya. Sehingga warna bulu, paruh, tulang, bahkan organ-organ internalnya pun berwarna hitam.

Ayam Cemani berasal dari Indonesia dan untuk mendapatkan kualitas yang baik, peternak lokal perlu bekerja keras. Bila ayam tidak punya dua salinan mutasi genetik, maka dapat menunjukkan karakteristik berbeda seperti bulu putih, bantalan jari kaki yang lebih terang, atau mulut berwarna merah muda. Di Indonesia sendiri, minat terhadap Cemani datang dari berbagai negara. Seperti pecinta ayam dari China, Taiwan, Thailand, bahkan Belanda pernah datang ke Indonesia untuk mendapatkan telur Cemani dari peternakan.

Tradisi dan Mitos Pemeliharaan Ayam Cemani

Indonesia, khususnya pada Pulau Jawa, Ayam Cemani telah menjadi bagian dari tradisi peternakan sejak zaman dahulu. Hingga saat ini, popularitas Ayam Cemani semakin merambah ke berbagai kalangan pecinta ayam dari seluruh penjuru negeri. Fenomena ini terbukti dari komitmen sejumlah pemilik Cemani yang rela mengeluarkan uang hingga Rp30 juta hanya untuk membeli dua ekor Cemani.

Percaya akan adanya mitos yang mengelilingi keberuntungan, banyak pecinta ayam meyakini bahwa memelihara Ayam Cemani dapat membawa keberuntungan dan melancarkan rezeki. Tidak hanya itu, Cemani bukan hanya sekadar hewan peliharaan pembawa keberuntungan. Beberapa orang juga meyakini hal mistis yang di milikinya. Sebagian dari mereka percaya bahwa mengonsumsi telur pertama yang di hasilkan oleh Cemani dapat membantu seorang ibu untuk mendapatkan keturunan.

Proses konsumsi telur Cemani, mulai dari cara memasak hingga menjadikannya bubuk hitam. Setelah berubah menjadi bubuk halus. Campuran tersebut kemudian minum bersama madu oleh kedua mempelai, yakni istri dan suami. Dengan minum sekali saja sampai habis untuk satu telur. Di yakini memiliki khasiat untuk membantu mendapatkan keturunan. Telur pertama yang di hasilkan oleh Ayam Cemani di sebut “Tembean” dan biasanya di berikan secara gratis kepada pasangan suami istri yang sedang menginginkan keturunan.

Persiapan Untuk Memulai Usaha Beternak Ayam Cemani

Ayam Cemani dapat masuk dalam kategori sebagai ayam hias, dan menariknya, tidak ada patokan harga yang baku untuk penjualannya. Di perkirakan untuk Cemani berusia 1–2 bulan, harganya mulai dari Rp1 juta per pasang. Sementara itu, Cemani remaja di jual dengan kisaran harga Rp3 hingga Rp5 juta per pasang.

Untuk memelihara Cemani, kandang merupakan hal yang perlu di persiapkan. Untuk satu paket ternak yang terdiri dari satu ayam jantan dan 4–6 betina, di sarankan untuk menggunakan kandang berukuran 3×3 meter.

Sementara itu, dalam hal pakan, dapat menggunakan pakan pabrikan untuk usia 1 hari hingga 2 bulan. Untuk usia di atas 2 bulan, biasanya bisa mencampurkan pakan pabrikan dengan bekatul, jagung giling, dan bahan lainnya.

Kunci dalam beternak Ayam Cemani adalah memiliki rasa suka terlebih dahulu terhadap apa yg kita ternak. Tanpa adanya rasa suka untuk memelihara dengan sepenuh hati, itu menjadi suatu hal yang sulit. Penting untuk tidak hanya fokus pada hasil awal, karena sudah terbukti bahwa peternak yg hanya mementingkan hasil awal tidak akan bertahan lama.

Ciri-Ciri Fisik Ayam Cemani Asli

Sebagai ayam hias yang unik, Ayam Cemani memiliki sejumlah ciri khas fisik yg membedakannya dari ayam lain di Indonesia maupun dari seluruh dunia. Ciri-ciri fisik berikut ini menjadi penanda yang di gunakan untuk membedakan antara ayam Cemani asli dengan yang merupakan keturunan atau tiruan, antara lain:

  • Paruh Berwarna Hitam – Paruh Cemani berwarna hitam 100%, berfungsi sepenuhnya seperti paruh pada umumnya, di gunakan untuk mematuk makanan. Oleh karena itu, pada usia dewasa, terlihat sedikit aus pada paruhnya.
  • Bulu Berwarna Hitam – Bulu Cemani berwarna hitam legam 100%, tanpa adanya warna lain yang bercampur. Mulai dari kepala hingga kaki, seluruh tubuhnya meliputi bulu hitam secara menyeluruh.
  • Kulit Berwarna Hitam – Bahkan pada bagian ketiak yang tidak berbulu, kulit Cemani terlihat berwarna hitam 100%. Jika bulunya di cabut, seluruh bagian kulitnya akan terlihat hitam.
  • Kaki atau Ceker Berwarna Hitam – Kaki atau ceker Cemani juga berwarna hitam, termasuk kuku pada ceker yang juga berwarna hitam 100%.
  • Lidah dan Tenggorokan Hitam – Saat ayam membuka mulut, atau di perhatikan dengan sengaja, warna tenggorokan dan lidahnya juga hitam 100%.
  • Jengger Ayam Hitam – Jengger ayam yang biasanya berwarna merah, pada Cemani memiliki warna hitam legam, sehingga membuat matanya seolah-olah tidak tampak. Keseluruhan wajah ayam ini memiliki warna hitam secara sempurna.

Melalui ulasan di atas, dapat kita simpulkan bahwa seluruh bagian tubuh Cemani ini memiliki warna hitam secara menyeluruh, dari ujung kepala hingga ujung kaki. Sesuai dengan namanya, “cemani” berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti hitam legam. Beberapa juga berpendapat bahwa warna hitam pada tubuh Cemani dapat di pengaruhi oleh pakan yang tepat, selain dari faktor genetik yang membuatnya memiliki warna hitam yang khas.

Manfaat & Khasiat Daging Cemani

Selain difungsikan sebagai ayam hias, Ayam Cemani ternyata juga dapat dikonsumsi layaknya ayam pada umumnya. Namun, konsumsi Cemani umumnya dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan manfaat dan khasiat kesehatan tertentu. Berikut adalah beberapa manfaat dan khasiat kesehatan yang dapat diperoleh dari konsumsi daging Cemani, antara lain:

  • Mengobati Radang Sendi – Ayam Cemani mengandung selenium dan mineral yang dapat membantu memperbaiki kondisi radang sendi. Hal ini menjadi penting, terutama bagi mereka yang mengalami radang sendi, yang sering kali terjadi pada usia lanjut atau orang yg mengalami obesitas.
  • Menambah Stamina – Sebagai sumber protein yg tinggi, Cemani juga mengandung lemak dan protein. Yang dapat di jadikan sumber stamina oleh tubuh. Dengan mengonsumsi dagingnya, tubuh mendapatkan asupan energi yg cukup, meningkatkan kekuatan dan daya tahan tubuh.
  • Meningkatkan Vitalitas Pria – Konsumsi daging Cemani juga dapat memberikan khasiat pada vitalitas pria. Kandungan nutrisi dalam dagingnya dapat meningkatkan kerja hormon testosteron, yg berpengaruh pada vitalitas dan kesuburan pada pria dewasa.
  • Meningkatkan Imunitas Tubuh – Ayam Cemani dapat di gunakan untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh yg sedang mengalami permasalahan. Kandungan vitamin dan mineral dalam dagingnya memiliki khasiat dapat memperkuat daya tahan tubuh terhadap penyakit.
  • Menjaga Kolesterol Darah Tetap Normal – Konsumsi daging Cemani juga dapat membantu menjaga kadar kolesterol darah tetap dalam batas normal. Kandungan niacin yang terdapat dalam ayam ini. Memiliki khasiat dalam menurunkan kadar kolesterol, sehingga bermanfaat bagi mereka yang memiliki masalah kolesterol.

Dengan demikian, Ayam Cemani tidak hanya menjadi pilihan sebagai ayam hias yg eksotis. Tetapi juga dapat di jadikan sebagai sumber nutrisi yang memberikan sejumlah manfaat dan khasiat kesehatan. Demikian ulasan kami, semoga dengan adanya informasi ini dapat menjadi referensi bagi Anda. Yang ingin mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang Ayam Cemani dan khasiat serta manfaat kesehatannya.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *