Ayam Hias Tercantik Yang Paling Populer Seluruh Dunia

Ayam Hias Tercantik

Researchpaperorder – Ayam hias merupakan varietas ayam yang menonjolkan keunikan serta keindahan pada bagian tubuhnya, menciptakan kesan yang unik dan menarik bagi pengamatnya. Ragam jenis ayam hias tercantik tersebar luas di berbagai negara di seluruh dunia, masing-masing dengan karakteristik yang membedakan dan menarik.

Setiap jenis ayam hias memiliki ciri khas yang membedakannya, mulai dari suara, postur tubuh, warna, hingga bulunya, yang menambah daya tariknya bagi para pecinta hewan peliharaan. Bagi yang tertarik memelihara ayam hias tercantik di rumah, penting untuk memilih jenis yang sesuai dengan preferensi dan kondisi lingkungan.

Keberagaman jenis ayam hias juga memengaruhi nilai jualnya yang cukup tinggi, baik untuk keperluan hiasan maupun sebagai bahan budidaya. Apakah tujuannya untuk kepuasan pribadi atau sebagai investasi, penting untuk mempertimbangkan berbagai pilihan yang tersedia.

Di Indonesia, terdapat beragam pilihan ayam hias tercantik yang layak di pertimbangkan, baik untuk pemeliharaan pribadi maupun tujuan komersial. Dengan pemilihan yang tepat, Anda dapat menikmati keindahan dan keunikan ayam hias serta memperoleh manfaat dari aktivitas memelihara atau membudidayakannya.

Daftar Jenis Ayam Hias Tercantik Paling Populer

Ayam hias merupakan salah satu variasi ayam tercantik yang di temui di seluruh dunia. Seperti namanya, ayam ini menampilkan kecantikan yang menciptakan kesan unik bagi pengamatnya. Setiap ayam hias tercantik memiliki ciri khas yang membedakannya, yang membuatnya menarik untuk di pelihara. Keunikan ayam hias terletak pada beragam aspek, termasuk postur tubuh, warna kulit, bulu, dan bahkan suaranya. Berikut di bawah ini adalah daftar jenis ayam hias tercantik dan terpopuler saat ini, antara lain :

Ayam Kapas

Ayam silkie, atau yang juga di sebut sebagai ayam kapas, sangat populer di Indonesia karena bulu mereka yang unik serupa dengan kapas. Konon, ayam ini berasal dari Cina. Ayam kapas ini termasuk dalam kategori jenis ayam hias tercantik yang tampak anggun dan indah dengan bulu-bulunya yang mengembang dan berdiri sehingga terlihat besar dari jarak jauh.

Bulu berwarna putih dengan jambul yang tumbuh ke belakang di belakang jengger. Bulunya yang mirip dengan kapas ini membantu menjaga tubuh hangat di iklim Cina yang ekstrem. Ayam kapas juga unik karena memiliki lima jari kaki, berbeda dengan ayam biasa yang hanya memiliki empat jari kaki. Jenis Ayam kapas ini tidak hanya berwarna putih, tetapi juga hitam, coklat, dan warna lain. Yang paling populer, bagaimanapun, adalah warna putih bersih.

Ayam Batik

Ayam batik, atau ayam sebright, adalah ayam asli Inggris. Salah satu ciri khas ayam hias tercantik jenis batik adalah bulunya, yang memiliki motif yang mirip dengan batik dan warna yang berukir-ukir dengan sisi yang jelas dan rapi. Dua jenis ayam batik adalah kanada (dengan warna dasar coklat kemerahan) dan itali (dengan warna dasar putih perak).

Ayam Onagadori

Ayam Onagadori, juga di kenal sebagai ayam hias tercantik berekor panjang, berasal dari Jepang dan dapat mencapai panjang hingga 15 meter. Karena suhu yang berbeda di Indonesia, ekor ayam onagadori hanya dapat mencapai 1,5 meter jika di rawat dengan baik di sana. Onagadori adalah nama unggas Jepang yang berarti unggas dengan ekor panjang karena kata “o” berarti ekor, “naga” berarti panjang, dan “dori” berarti unggas.

Ayam Serama

Ayam serama berasal dari Malaysia, yang memiliki tubuh paling kecil di dunia. Bentuk dadanya yang tegap adalah ciri khas ayam serama, yang membuatnya terlihat gagah meskipun ukurannya kecil. Ayam-ayam hias tercantik ini unik sehingga sering di lombakan dalam kontes ayam serama di Indonesia.

Ayam Mutiara

Ayam mutiara, yang berasal dari daratan Afrika, biasanya hidup bergerombol di semak-semak dan sabana. Jenis Ayam hias tercantik yang indah ini adalah anggota keluarga burung (aves) yang dapat terbang tinggi. Mereka bahkan dapat kembali ke tempat asal mereka di mana mereka berasal.

Ayam mutiara tidak pandai mengerami telurnya. Orang-orang di daerah asalnya biasa menutupi telurnya dengan ranting pohon dan dedaunan. agar telur dapat menetas setelah tetap hangat sendiri.

Ada beberapa jenis ayam mutiara berdasarkan warnanya: hitam, plangkok, silver, dan putih. Hanya selama musim hujan ayam mutiara dapat bertelur, menghasilkan antara lima puluh dan seratus butir per telur.

Ayam Pheasant

Ayam Pheasant adalah salah satu jenis ayam hias impor tercantik , dan di Indonesia mereka juga di sebut sebagai ayam pegar, ayam kuau, atau ayam tibet karena bulunya yang indah. Mereka juga di sebut “ayam dari surga” karena bulunya yang indah.

Orang-orang awalnya tinggal di dataran tinggi Tibet di Cina. Pheasant dapat di anggap sebagai hewan kesayangan karena ada beberapa jenisnya. Ada banyak jenis rusa, termasuk rusa emas, rusa ringneck, rusa Lady Amherst, rusa kuning, rusa merah, rusa perak, dan rusa Reeves.

Pheasant tampak seperti burung, tetapi mereka tidak suka terbang, jadi mereka termasuk dalam kategori ayam. Namun, mereka dapat terbang tinggi untuk menyelamatkan diri ketika berada di dalam keadaan bahaya.

Saat ayam hias pheasant pertama kali diimpor ke Indonesia, harganya masih cukup mahal. Namun, seiring berjalannya waktu, banyak yang membudidayakannya, sehingga harganya sekarang mungkin lebih murah.

Ayam Kalkun

Salah satu jenis ayam hias tercantik berikutnya yang sangat disukai adalah ayam kalkun. Ada banyak jenis ayam kalkun, termasuk kalkun bronze, kalkun golden palm, kalkun royal palm, kalkun bourbon red, kalkun black spanish, kalkun self-buff, kalkun white holland, dan sebagainya. Meskipun di negara asalnya, berbagai jenis kalkun ini biasanya dipelihara sebagai kalkun konsumsi, mereka juga sering dijadikan sebagai ayam hias di negara lain.

Ayam Phoenix

Ayam phoenix dan ayam onagadori hampir sama karena mereka adalah garis keturunan satu sama lain. Asal dari ayam phoenix berasal dari Jerman. Hasil persilangan dari ayam onagadori dengan jenis ayam lain adalah ayam ini. Ekor onagadori biasanya panjang dan ikal, tetapi ekor ayam phoenix biasanya lurus dan panjang.

Banyak orang yang mengira bahwa ayam phoenix dan ayam onagadori adalah jenis ayam hias tercantik yang sama, tetapi keduanya sangat berbeda. Asal mula ayam onagadori dan bentuk bulu ekornya membedakannya.

Ayam Cemani

Ayam hias tercantik berikutnya adalah ayam cemani yang merupakan ayam asli Indonesia. Ciri-ciri warna hitam cemani, mulai dari bulu, kulit, dubur, hingga kaki, membuatnya tampak luar biasa. Harganya juga cukup mahal. Meskipun daging ayam cemani berwarna hitam, tetap dapat dimakan, meskipun beberapa orang merasa aneh ketika mencobanya.

Ayam Pelung

Ayam pelung berasal dari Indonesia, tepatnya dari Cianjur, Jawa Barat. Tubuhnya yang besar dan tegap membuat temboloknya menonjol. Ayam Pelung memiliki paha yang tebal dan kaki yang panjang dan kuat.

Meskipun ayam ini dianggap sebagai ayam kampung, mereka berbeda dari yang lain dalam hal ukuran jengger dan tubuhnya yang besar. Suara kokoknya yang merdu dan panjang, bahkan ketika lehernya menyentuh tanah, adalah ciri khas ayam pelung yang paling unik.

Ayam Poland

Ayam hias tercantik yang berasal dari Belanda, bukan Polandia, meskipun namanya Polandia. Karena bulu yang lebat di bagian belakang jenggernya yang hampir menutupi matanya, ayam Poland sering disebut sebagai ayam tanduk, ayam jambul, atau ayam mahkota. Apabila dilihat dari jarak jauh, mata ayam Poland terlihat seperti tertutup oleh jambulnya.

Ayam Ketawa

Ayam ketawa memiliki suara yang unik yang menyerupai suara orang yang sedang tertawa. Jenis ayam hias tercantik yang berasal dari Kabupaten Sidrap di Sulawesi Selatan, Indonesia. Mereka sangat mirip dengan ayam kampung pada umumnya dari segi bentuk, postur, dan tingkah lakunya. Satu-satunya hal yang membedakan mereka adalah bagian kokok mereka yang senada saat tertawa. Suara kokok ayam ketawa adalah gretek, gaga, dan gogo.

Ayam Brahma

Ciri khas ayam brahma adalah badannya yang besar dan gagah. Karena badannya yang besar, mereka biasa digunakan sebagai ayam pedaging dan petelur. Meskipun demikian, banyak orang yang memelihara ayam brahma, terutama di Indonesia, sebagai ayam koleksi atau hias. Para pecinta ayam hias semakin tertarik dengan bentuknya yang unik dan bulu yang hampir menutupi kakinya. Seperti namanya, itu berasal dari ayam brahma, dan mungkin berasal dari kota Brahmaputera di India.

Ayam Cochin

Ayam hias tercantik selanjutnya yakni cochin berasal dari daerah Shanghai di Tiongkok. Mereka hampir mirip dengan ayam brahma, tetapi bentuknya lebih bulat. Di Indonesia, populasi ayam cochin sangat kecil, dan tidak banyak orang yang mengetahui atau membudidayakan ayam ini. Yang dikenal di Indonesia adalah bantam cochin dan giant cochin.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *