Ayam Ketawa: Jenis Ayam Hias Yang Memiliki Suara Unik

ayam ketawa

Researchpaperorder – Ayam ketawa atau terkenal juga dengan sebutan Manugaga adalah jenis ayam asli Indonesia yang berasal dari Kabupaten Sindrap, Sulawesi Selatan. Nama “Ayam Ketawa” di sematkan karena suara kokoknya yang mirip dengan tawa manusia. Secara tradisional, Ayam Ketawa sering di anggap sebagai simbol status sosial pada berbagai kalangan bangsawan Bugis, yang mana hal ini menandakan dari keteguhan, kesuksesan, dan keberanian. Namun sayang kini, keberadaan Ayam Ketawa ini sendiri kini menjadi langka dan bisa di katakan hampir punah, sehingga di anggap juga sebagai hewan yang patut di lindungi.

Dulunya, Manugaga hanya dapat di pelihara dan di kembangbiakkan dalam lingkungan bangsawan Bugis sebagai bagian dari simbol status sosial. Masyarakat setempat juga percaya bahwa Ayam Manugaga dapat membawa keberuntungan. Selain itu, Ayam Manugaga Sulawesi, yg juga terkenal dengan sebutan Ayam Jantan dari Timur, dan telah menjadi populer dalam beragam kalangan masyarakat Indonesia.

Bila di lihat secara fisik, tampilan dari jenis Ayam Ketawa ini sangat mirip dengan ayam kampung. Namun, ada perbedaannya adalah Ayam Ketawa sudah bisa mulai berkokok sejak dirinya memasuki usia 3 bulan. Adapun Ayam Ketawa jantan sering di sebut sebagai Lai, sementara untuk betina di sebut sebagai Birang. Seperti di ketahui, suara kokok Ayam Ketawa pertama kali terdengar seperti kicauan dari burung perkutut bagi pendengarnya. Namun, jika Anda perhatikan lebih seksama lagi, maka bagian akhir dari suara kokoknya jelas terdengar seperti suara tawa manusia. Jika Anda tertarik untuk memelihara jenis ayam hias satu ini, bisa menyimak ulasan bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lengkap.

Klasifikasi Jenis Suara Ayam Ketawa

Untuk Anda ketahui, Ayam Ketawa ini sendiri memiliki tiga jenis suara yang berbeda, yaitu:

  • Garetek, yakni suara kokok yg mengalun dengan cepat.
  • Dodo, yakni suara kokok yg mendayu-dayu. Jenis ini biasanya untuk para pemula atau sobat pemain ayam yang baru saja memelihara Ayam Ketawa.
  • Gaga, yakni suara kokok yg mengalun lambat.

Kategori Jenis Ayam Ketawa Manugaga Berdasarkan Warna Tubuhnya

Mungkin banyak antara Anda yang belum mengetahui, bahwasanya Ayam Ketawa termasuk jenis ayam yg sangat produktif dalam menghasilkan telur. Yang mana Ayam Manugaga mampu memproduksi telur dengan rata-rata sekitar 13 butir per periode masa bertelurnya. Terlebih lagi, daya tetas telur ini juga cukup tinggi terutama pada telur pertama hingga ketiga. Pada telur keempat dan seterusnya, biasanya sudah dapat di pastikan bahwa telur tersebut akan terisi embrio jika komposisi jumlah ayam jantan dan betina yang ada dalam satu koloni sudah tepat.

Ayam Ketawa ini sendiri hingga kini masih menjadi salah satu jenis ayam yang di budidayakan pada beberapa daerah di Indonesia. Sehingga harganya pun cukup terjangkau dan tidak terlalu mahal, jadi jika Anda tertarik untuk memeliharanya tidak memerlukan pengeluaran besar untuk membelinya. Selain itu, Ayam Ketawa juga memiliki variasi warna bulu yang beragam pada seluruh tubuhnya, dan terbagi dalam beberapa kategori jenis Ayam Ketawa, antara lain :

Ketawa Bakka

Ayam Ketawa Bakka punya warna dasar putih yang berkilauan dengan hiasan hitam, oranye, dan merah. Bagian kaki biasanya memiliki warna hitam atau putih.

Ketawa Lapping

Ayam Ketawa Lapping punya warna dasar hitam dengan warna merah pada bagian dada dan mata berwarna putih. Nama “Lapping” berasal dari bahasa Bugis yang berarti menampung harta, karena ayam Manugaga jenis ini dipercaya membawa keberuntungan dalam hal ekonomi.

Manugaga Ceppaga

Ayam Manugaga Ceppaga punya warna dasar hitam dengan hiasan hitam dan putih. Kaki biasanya berwarna hitam, sedangkan bagian tubuhnya dari badan hingga pangkal leher berwarna putih.

Manugaga Korro

Ayam Manugaga Korro memiliki warna dasar hitam dengan hiasan berwarna hijau, putih, dan kuning yang berkilauan. Kaki biasanya berwarna hitam atau kuning.

Manugaga Ijo Buota

Ayam Manugaga Ijo Buota memiliki warna dasar hijau dengan hiasan merah. Sayapnya berwarna hitam, sementara kaki cenderung berwarna kuning.

Manugaga Bori Tase

Ayam Manugaga Bori Tase memiliki warna dasar merah dengan bintik-bintik emas pada bulunya.

Untuk Anda ketahui, beragam jenis Ayam Ketawa masih dibudidayakan pada beberapa daerah di Indonesia. Harganya pun tidak terlalu mahal sehingga tidak memerlukan pengeluaran besar untuk membelinya. Untuk ayam muda yang berusia sekitar 1 bulan, harganya hanya sekitar 150 ribu rupiah, sedangkan untuk ayam yang sudah dewasa harganya mencapai sekitar 500 ribu rupiah.

Pakan Terbaik Untuk Ayam Manugaga

Pakan yang di gunakan untuk Ayam Ketawa saat ini telah mengalami perubahan dari pakan asli di gunakan oleh Suku Bugis. Di daerah Bugis sendiri, pemberian makanan bagi Ayam Manugaga dewasa sering kali menggunakan gabah kering. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas suara kokok Ayam Manugaga , membuatnya lebih nyaring dan jernih. Gabah di makan oleh ayam tersebut berperan penting dalam membersihkan lendir pada tenggorokannya, sehingga dapat di katakan sebagai pembersih tenggorokan agar tidak gatal.

Efeknya, suara Ayam Manugaga menjadi semakin khas, dengan nada lebih panjang dan tinggi. Proses pemberian pakan gabah pun memiliki langkah-langkah tertentu. Gabah kering di rendam dalam air selama satu malam sebelum kita berikan kepada Ayam ini. Selama proses perendaman, gabah tidak berisi atau gabuk akan mengambang dan kemudian di buang. Keesokan harinya, gabah yang telah kita rendam semalam akan kita sajikan sebagai pakan untuk Ayam ini setelah airnya kita buang lebih dulu.

Meskipun mencari gabah bisa cukup sulit pada kota-kota besar, namun kita tidak perlu khawatir karena karakteristik Ayam Manugaga tidak terlalu berbeda dengan ayam-ayam lainnya. Oleh karena itu, pakan kita berikan pun bisa cukup sederhana, seperti pakan ayam biasa seperti poer, jagung, dan rajangan sawi hijau seperti kita berikan kepada jenis ayam kampung lain pada umumnya.

Untuk Ayam Manugaga yang masih anakan, biasanya dapat kita beri pakan BR (bahan rempah) hingga usia mencapai sekitar 2 bulan. Setelah itu, pakan bisa juga kita campur dengan jagung halus yang dapat kita beli pada toko-toko yang menyediakan pakan ayam. Setelah Ayam Manugaga mencapai usia 3 bulan, mereka juga bisa diberi makanan seperti nasi dicampur dengan AD 1 atau sedikit BR. AD 1 berfungsi untuk membantu pembentukan tulang Ayam Manugaga agar fisiknya kokoh.

Demikian informasinya tentang Ayam Ketawa Asli Sulawesi. Semoga informasi ini bermanfaat dan dapat menambah wawasan para pemain ayam tentang jenis ayam berasal dari Sulawesi ini.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *