Ayam Larmod: Jenis, Karakteristik, dan Keunggulan Ayam Layer Modif

ayam larmod

Researchpaperorder – Ayam layer modif atau yang biasa di sebut larmod adalah hasil dari persilangan antara ayam layer jenis arab dan merah. Ini adalah varietas ayam petelur yang di rancang khusus untuk memproduksi anak ayam kampung dengan tingkat produksi telur yang tinggi seperti ayam layer pada umumnya.

Mungkin masih sedikit yang mengenal dengan baik strain unggas ini. Berdasarkan informasi yang kami peroleh, dari pengghobi ayam, ia berhasil dalam penciptaan dan pengembangan larmod yang berfokus pada bagaimana mengembangkan ayam kampung berkualitas dan ayam petelur.

Salah satu hasil dari upayanya yang telah di kenal luas di berbagai daerah di Indonesia salah satunya adalah ayam gorila. Namun, kembali ke topik utama kita, mari kita ulas lebih dalam mengenai ayam larmod agar dapat memahami dengan baik.

Mengenal Lebih Dalam Ayam Larmod

Ayam layer modif adalah ayam layer yang mengalami modifikasi genetik melalui perkawinan sama beberapa jenis layer lain. Dengan pendekatan ini, ras atau strain layer tidak di ubah, sehingga kemampuan bertelurnya tetap tinggi seperti pada layer biasanya.

Perlu di catat bahwa modifikasi genetik ini bertujuan untuk menghasilkan DOC ayam kampung atau telur tetas, bukan untuk memproduksi telur konsumsi. Proses modifikasi ini melibatkan beberapa jenis layer seperti isa brown, new hampshire, ayam arab, copper maran, dan rhode island red (RIR).

Dengan menggabungkan berbagai jenis strain petelur tersebut melalui teknik perkawinan dan seleksi yang cermat, terciptalah ayam layer modif dengan variasi warna yang beragam, seperti hitam, merah, dan sebagainya. Pada masa puncak produksinya, ayam ini dapat menghasilkan telur hingga 90%, sementara secara umum produksinya mencapai sekitar 70% tanpa perlu mengerami telur-telurnya.

Ciri & Karakteristik Ayam Layer Modif

Ayam Larmod memiliki variasi warna bulu yang beragam secara fisiknya, yang menunjukkan bahwa tidak bisa di identifikasi dengan satu atau dua warna saja. Kombinasi warna bulu ini terjadi karena perkawinan dari berbagai suku ayam layer, bukan akibat rekayasa genetik. Oleh karena itu, penting untuk tidak salah mengartikan atau salah memahami isu ini.

Berikut adalah beberapa ciri dan karakteristik dari ayam Larmod antara lain:

  • Warna bulu yg beragam termasuk kelabu, coklat hitam, hitam ayam kampung, putih kehitaman, jali, dan merah RIR.
  • Tingkat produksi telur yg tinggi, mencapai 70-90%.
  • Warna cangkak telur mirip sama ayam ras lainnya.
  • Bobot dewasa ayam Larmod mencapai lebih dari 2 kg.
  • Presentase produksi telur mencapai 250-320 butir per tahun.

Dengan ciri dan karakteristik-karakteristik tersebut, ayam Larmod menjadi pilihan yang menarik untuk di pertimbangkan dalam budidaya ayam petelur.

Jenis Ayam Larmod Yang Populer

Dalam klasifikasi ayam Larmod, terdapat dua jenis yg telah di kenali oleh banyak peternak ayam. Meskipun secara fisik tidak terlalu signifikan perbedaannya, terutama dalam hal bobot dan kualitas hasil telur. Namun klasifikasi ini memudahkan peternak untuk mengidentifikasi dan mengelola jenis ayam yang mereka budidayakan. Berikut adalah jenis ayam larmod yang populer antara lain :

Ayam Layer Modif Blue

Ayam larmod blue berasal dari persilangan antara ayam layer modif dan arab modif berwarna kuning, yg merupakan keturunan asli dari Copper Maran. Akibatnya, apabila di kawinkan sama ayam layer modif dan arab modif berwarna kuning, anak-anak mereka cenderung dominan berwarna biru.

Peternak yang telah mengambil anak-anak ayam Larmod Blue ini mencatat bahwa pertumbuhannya sangat cepat, dengan mencapai bobot 1,7 kg dalam waktu 2 bulan dan FCR yang rendah. Hal ini menunjukkan potensi yg sangat baik untuk pengembangan ras lokal dengan kualitas super.

Anakan dari ayam Larmod Blue memiliki variasi warna bulu yg beragam. Termasuk kelabu, jali kecoklatan, dan hitam, mirip sama ayam kampung biasa. Dengan kualitas seperti ini, pemasaran telur tetas dan dagingnya menjadi lebih mudah, dan proses panen pun dapat di lakukan dengan cepat.

Ayam Arab Modif

Ayam Larmod biasa atau yang sering di sebut sebagai arab modif adalah jenis ayam petelur yang di rancang untuk menghasilkan bibit ayam kampung dan telur tetas dengan tingkat produksi antara 70-80%, dengan puncak produksi mencapai 90%.

Secara visual, ayam arab modif memiliki karakteristik fisik yg menyerupai ayam arab, meskipun perbedaan bobotnya jauh lebih besar. Meskipun demikian, ayam ini sangat di rekomendasikan untuk menghasilkan bibit ayam kampung yg memiliki bobot dan produksi telur yang optimal.

Di karenakan telah mengalami modifikasi genetik, genetika arab pada ayam Larmod sudah mengalami penurunan sehingga induk betinanya akan menghasilkan keturunan yang memiliki genetika atau garis keturunan yang sejajar sama ayam jantan yg di gunakan. Misalnya, jika di pasangkan dengan ayam bangkok, keturunan akan memiliki ciri-ciri yg mirip dengan ayam bangkok jantan.

Perbedaan Ayam Layer Modif & Layer Biasa

Menurut pengghobi ayam, perbedaan utama secara fisik antara layer biasa sama Larmod lebih terlihat pada ukurannya yang lebih kecil dibandingkan dengan Larmod atau Armo. Selain itu, bulu bagian dalam pada layer biasa umumnya berwarna putih.

Layer biasa umumnya berasal dari persilangan antara layer PS coklat dengan betina silangan PS putih yg dihasilkan dari kombinasi beberapa jenis ayam, salah satunya White Leghorn. Umumnya, layer biasa juga digunakan sebagai indukan joper. Namun jika dikawinkan dengan pejantan warna hitam, keturunannya belum tentu dominan hitam tetapi masih bercampur-campur.

Ayam layer biasa biasanya dijadikan penghasil telur konsumsi, sedangkan Larmod digunakan sebagai pencetak bibit ayam kampung dan telur tetas. Perbedaan tujuan ini juga tercermin pada perbedaan harga, baik untuk telurnya maupun anak ayamnya, karena tujuan pemeliharaannya sudah jauh berbeda.

Kelebihan dari Ayam Larmod

Benar, tidak ada makhluk hidup yang sempurna, tetapi sebagai manusia, kita memiliki tanggung jawab untuk berusaha semaksimal mungkin memperbaiki setiap kekurangannya. Dalam konteks ini, kami ingin menyampaikan beberapa keunggulan dari ayam petelur modifikasi, di antaranya:

  • Pertumbuhan Cepat: Ayam layer modifikasi tumbuh dengan cepat.
  • Produksi Telur Tinggi: Mereka mampu memproduksi telur dengan tingkat konsistensi tinggi, mencapai sekitar 80-90%.
  • Manfaatkan untuk Cetak DOC Kampung Super: Mereka dapat dimanfaatkan untuk mencetak Day-Old Chick (DOC) dengan kualitas yg baik.
  • Tidak Mengeram: Ayam ini tidak memiliki naluri untuk mengeram, sehingga tidak menyulitkan dalam pengelolaan telur.
  • Pangsa Pasar Luas: Ayam layer modifikasi memiliki pangsa pasar yg luas.
  • Variasi Corak Warna Bulu: Tersedia dalam berbagai corak warna bulu yg menarik.
  • Efisiensi Pakan Tinggi: Tingkat konversi pakan yg rendah sama hasil produksi yg memuaskan.
  • Stabilnya Harga Daging: Harga daging ayam layer modifikasi stabil.
  • Penghasil Uang Tambahan: Memberikan solusi untuk penghasilan tambahan.
  • Perawatan Mudah: Perawatan mereka tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga.
  • Daya Tahan yg Kuat: Ayam ini memiliki daya tahan yg lebih kuat karena bukan berasal dari induk final stock.

Itulah beberapa kelebihan dan keunggulan dari ayam larmod. Semoga dengan adanya ulasan ini dapat bermanfaat bagi Anda yg ingin memulai dalam beternak ayam.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *