Ayam New Hampshire: Sejarah, Ciri Khas, Kelebihan, dan Cara Ternaknya

ayam new hampshire

Researchpaperorder – Ayam New Hampshire atau dikenal dengan nama New Hampshire Red merupakan salah satu varietas ayam yang di kembangkan di abad ke-20 di negara bagian New Hampshire melalui proses perkembangbiakan selektif. Asal-usul strain ayam petelur ini berkaitan dengan ayam Rhode Island Red.

Penelitian awal di lakukan oleh para petani di kawasan Stasiun Percobaan Pertanian New Hampshire, Durham. Ayam berwarna merah terang ini akhirnya di akui oleh American Standard of Perfection pada tahun 1935, dan varietas bantam-nya di tambahkan pada tahun 1960-an.

Pada tahun 2018, New Hampshire Red di resmikan sebagai varietas ayam resmi di negara bagian tersebut melalui proposal yang di ajukan oleh siswa sekolah dasar di Canaan. Salah satu keunggulan utama dari ayam ini adalah kemampuannya menghasilkan telur dalam jumlah besar dengan pertumbuhan yang relatif cepat. Karena itu, tidak mengherankan jika saat ini ayam ini telah tersebar luas di berbagai penjuru dunia.

Asal Usul Permulaan Ayam New Hampshire

Sejarah Ayam New Hampshire bermula dari keturunan Ayam Rhode Island Red (RIR), yang asalnya berasal dari negara bagian New Hampshire di Amerika Serikat. Melalui proses penelitian yang berlangsung selama puluhan tahun, akhirnya unggas ternak ini di akui sebagai jenis baru di negara tersebut.

Perkiraan kemunculan ayam ini dapat kita telusuri pada awal abad ke-20. Pengembangannya memakan waktu setidaknya 30 tahun, yang di lakukan oleh para petani di wilayah tersebut melalui penelitian yang berkelanjutan. Keunikan dari ayam ini adalah kemampuannya untuk tumbuh dengan cepat, memiliki bulu yg sangat lebat, dan ciri khas warna bulu merah terang.

Penting untuk Anda ketahui bahwa New Hampshire Red telah berkontribusi pada pengembangan breed Delaware di negara bagian tersebut, terutama pada tahun 1940-an. Oleh karena itu, tidak ada salahnya jika seseorang ingin mengembangkan strain ini dengan ras kampung untuk meningkatkan produksi telur dan kualitas daging yg dihasilkan.

Ciri dan Karakteristik Ayam New Hampshire

Untuk mengenali ciri-ciri dan karakteristik Ayam New Hampshire, Anda tidak akan kesulitan, karena secara visual, Anda hanya perlu melakukan pengamatan yg sederhana. Bahkan, jenis ayam ini dari Amerika Serikat tidak terlalu berbeda secara signifikan dengan strain lainnya.

Berikut adalah beberapa ciri khas dan karakteristik dari New Hampshire Red:

  • Memiliki warna bulu merah terang jika bandingkan dengan Ayam RIR.
  • Paruh dan kaki berwarna kuning dengan corak hitam pada ekornya.
  • Pertumbuhan bulu yg sangat cepat serta sangat lebat.
  • Pial serta jengger berwarna merah dengan model tegak.
  • Bobot dewasa jantan berkisar antara 3,5-4,0 kg dan betina sekitar 2,5-3,0 kg.
  • Telur yang di hasilkan berwarna coklat dan memiliki ukuran yg lebih besar jika bandingkan telur Ayam Rhode Island Red.

Dari uraian di atas, dapat di simpulkan bahwa secara fisik, Ayam New Hampshire memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan Ayam Rhode Island Red sebagai leluhurnya, dengan perbedaan utama terletak pada warna bulu, yang mana pada jenis New Hampshire lebih terang.

Kelebihan dari Jenis Ayam New Hampsire

Memelihara Ayam New Hampshire memiliki banyak kelebihan. Salah satunya adalah sebagai ayam dwiguna yang dapat dimanfaatkan baik sebagai ayam petelur maupun ayam daging. Hal ini sangat penting mengingat sebagian besar ternak di Indonesia hanya terdiri dari tipe ayam petelur serta juga ayam pedaging saja.

Untuk mengoptimalkan peluang beternak ini, Anda dapat membuat perencanaan agar target yang ingin dicapai dapat berkelanjutan dan dapat membantu mengurangi angka pengangguran di Indonesia. Salah satunya adalah dengan memberdayakan para penghobi ayam untuk mengembangkan ayam sebagai peternak mandiri.

Berikut adalah beberapa kelebihan dalam memelihara New Hampshire Red:

  • Mampu memproduksi telur hingga 250 butir per tahun.
  • Sifat ayam yg sangat tenang.
  • Pertumbuhan yg lebih cepat jika bandingkan dengan jenis ayam kampung biasanya.
  • Dapat dipelihara dalam jumlah yg sangat banyak.
  • Harga jual yg relatif stabil.
  • Memiliki ciri khas warna bulu yg sangat menarik.
  • Dapat dikawinkan silang untuk memperbaiki kualitas ayam lokal.
  • Mampu memenuhi kebutuhan daging ayam di setiap daerah.
  • Membuka peluang baru untuk sektor peternakan.

Namun, ada beberapa kekurangan dalam memelihara Ayam New Hampshire, seperti memerlukan beberapa kali kawin silang agar mendapatkan ciri khas warna ayam lokal, telur masih memiliki karakteristik seperti ayam petelur komersial, genetik bulu yang lebat serta warna dominan merah, serta harga import dari Amerika yang memerlukan dana yang cukup besar.

Cara Ternak Ayam New Hampshire

Ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan jika tertarik untuk memulai memelihara maupun beternak ayam New Hampshire. Dimana terdapat beberapa cara ternak New Hampshire Red dengan tepat adalah sebagai berikut:

Siapkan Kandang

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mempersiapkan kandang. Pastikan kandang New Hampshire Red memiliki ventilasi yang baik untuk menjaga udara segar dan luas. Selain itu, sediakan tempat yang mudah di jangkau oleh ayam untuk mendapatkan pakan makanan serta minum.

Pilih Ayam Berkualitas

Sebelum memulai budidaya ayam, pilih ayam New Hampshire yang bagus. Pastikan ayam yang Anda pilih itu berkualitas, sehat dan terawat dengan baik serta cukup umur untuk bertelur.

Pakan

Pakan sangat penting untuk budidaya ternak jenis New Hampshire Red. Pastikan pakan Anda berkualitas tinggi serta juga harus bernutrisi. Selain itu, pastikan pakan Anda memiliki semua gizi ayam yang di butuhkan, termasuk protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Perawatan

New Hampshire Red membutuhkan perawatan dan kebersihan yg baik. Untuk menghindari kotoran dan sisa pakan, selalu bersihkan kandang dan tempat pakan. Anda juga harus mendapatkan perawatan tambahan, seperti vaksinasi serta pemeriksaan kesehatan rutin.

Tips dalam Beternak New Hampshire Red

Agar berhasil meraih kesuksesan dalam beternak ayam New Hampshire, berikut adalah beberapa saran dan tips terbaik antara lain:

Indukan Berkualitas

Pastikan Anda memilih indukan New Hampshire Red yang memiliki kualitas genetik yg sangat baik dan telah memiliki prestasi yg sudah terbukti baik. Indukan yang berkualitas akan memberikan keturunan yg sangat unggul pula.

Kualitas Pakan

Kualitas pakan sangat mempengaruhi kesehatan dan produktivitas ayam. Pastikan pakan yg Anda berikan memenuhi kebutuhan gizi ayam serta berkualitas tinggi.

Jaga Kebersihan

Kesehatan ayam sangat lah di pengaruhi oleh kebersihan kandang. Jadi pastikan kandang selalu bersih dan bebas dari kotoran agar ayam tetap sehat dan terhindar dari penyakit.

Cek Kesehatan

Lakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin terhadap ayam New Hampshire Anda. Hal ini penting untuk mendeteksi masalah kesehatan secara dini sehingga dapat segera kita tangani dengan sangat baik.

Teknologi

Manfaatkan teknologi dalam proses beternak New Hampshire Red. Penggunaan sensor suhu dan kelembaban, serta sistem otomatisasi pemberian pakan, dapat mempermudah manajemen dan mengurangi kesalahan manusia dalam proses beternak.

Dengan menerapkan tips-tips di atas, Anda dapat meningkatkan kesuksesan dalam beternak New Hampshire Red. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu Anda yang berencana untuk memulai budidaya Ayam New Hampshire.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *