Cara Membedakan Ayam Birma Asli dan Hasil Silangan

ayam birma asli

Researchpaperorder – Ayam Birma asli merupakan salah satu varietas ayam aduan yang memiliki ciri khas yang membedakannya dengan jenis ayam lainnya. Sebagai hewan aduan, ayam ini terkenal akan keunggulannya. Prestasi yang sering di raih membuatnya menjadi salah satu yang termahal di pasaran. Keistimewaan ayam ini membuatnya mampu bersaing dengan ayam Bangkok super dalam hal kualitasnya. Bagi Anda yang berminat dengan Ayam Birma asli, penting untuk memahami ciri-cirinya dengan baik. Hal ini akan mencegah kesalahan dalam mengidentifikasi ayam ini dengan jenis lainnya.

Untuk di ketahui, Ayam Birma asli memiliki perawakan menyerupai ayam kampung, dan berasal asli dari Burma atau Myanmar. Popularitas Ayam Birma ini sendiri tak kalah terkenal di bandingkan dengan ayam Bangkok. Para penggemar seringkali menyukai Ayam Birma asli karena ciri khas fisiknya yang unik, membuatnya menjadi pilihan untuk di koleksi atau di pelihara sebagai ayam aduan. Penting bagi para pecinta ayam untuk mengenali ciri-ciri khas Ayam Birma asli. Salah satunya adalah ukuran kepala yang cenderung lebih kecil daripada ayam kampung biasa.

Perbedaan ini bisa menjadi penanda penting karena terkadang orang bisa salah mengidentifikasi Ayam Birma asli sebagai ayam kampung karena kesamaan fisik yang mencolok. Selain itu, penting juga untuk memahami ciri-ciri khas ayam birma asli. Hal ini karena terdapat ayam birma hasil perkawinan silang antara ayam birma asli dengan ayam kampung lokal. Sehingga mungkin ada pertanyaan dalam benak Anda, seperti bagaimana cara membedakan ayam birma asli dan silangan. Jika Anda termasuk di dalamnya, mari menyimak ulasan di bawah ini. Kami akan memberikan ulasan seputar ciri-ciri ayam birma asli dan ayam birma silangan.

Ciri-Ciri Ayam Birma Asli & Hasil Silangan

Membedakan antara ayam asli dan persilangan bisa menjadi sesuatu yang cukup menantang. Identifikasi yang tepat memerlukan pemahaman lebih tentang ciri fisik dan karakteristik dari ayam tersebut. Sebagai contoh, saat mengawinkan betina birma dengan pejantan bangkok, karakteristik fisik yang di dominasi oleh bangkok dapat dengan mudah di kenali.

Namun, kesulitan muncul ketika postur dan fisik ayam sudah serupa, namun gaya bertarungnya justru berbeda. Ini bisa membingungkan para penggemar sabung ayam. Namun, integritas dalam dunia sabung ayam tetap menjadi hal yang sangat penting dan memuaskan banyak pihak.

Ayam Birma Asli

Berikut beberapa ciri fisik ayam birma asli yang dapat menjadi panduan perkiraan:

  • Tulang yg tipis.
  • Badan berukuran kecil dengan rentang berat 2-3 KG.
  • Perawakan yg mirip dengan ayam kampung.
  • Kepala kecil dengan ekspresi yg seram.
  • Gerakan yg gesit dan lincah.
  • Telinga dengan ciri khas memiliki warna putih.
  • Jengger tegak dan kecil, menyerupai tanduk ular.
  • Warna bulu yg umumnya didominasi oleh warna wido, merah, kelabu, dan merah sapi.
  • Kaki kecil dengan jari-jari panjang dan kuat.

Dengan memperhatikan ciri-ciri tersebut, dapat membantu dalam mengidentifikasi apakah ayam tersebut merupakan ayam birma asli atau hasil persilangan.

Ayam Hasil Silangan

Sementara itu, untuk ayam hasil persilangan, berikut adalah ciri-cirinya:

  • Ukuran badan yg lebih besar, sekitar 2,5-3,5 KG.
  • Disebut sebagai birkok (birma x bangkok) jika hasil persilangan melibatkan bangkok.
  • Sangat cerdik dalam mencari peluang untuk menyerang.
  • Sulit untuk dikunci oleh lawan (di lock).
  • Lebih cenderung menggunakan teknik daripada mengandalkan kecepatan dalam menghadapi musuh.
  • Fisiknya lebih mirip dengan bangkok sehingga tulangnya cenderung lebih tebal dan tinggi.

Itulah beberapa pengetahuan yg kami miliki tentang hasil persilangan dengan jenis lainnya, terutama dalam hal persilangan dengan bangkok. Namun, untuk detail lebih lanjut mengenai hasil persilangan dengan jenis lain, kami belum memiliki wawasan yg cukup untuk membagikannya kepada Anda semua.

Ciri dan Karakteristik Telur Ayam Birma

Mungkin bagi teman-teman yang baru mengenal ayam birma, ada pemahaman bahwa semua telur yang dihasilkannya berwarna kebiruan atau kehijauan. Namun, berdasarkan informasi yang kami ketahui, tidak semua induk ayam birma asli mampu menghasilkan telur dengan warna seperti itu. Ada beberapa yang mampu melakukannya, namun tidak semuanya. Mengapa hal ini bisa terjadi? Ya, ini disebabkan oleh pengaruh mutasi genetika. Jadi, tidak ada jaminan bahwa setiap babon birma asli akan menghasilkan telur berwarna biru atau kehijauan.

Perubahan warna ini di picu oleh faktor retrovirus, yaitu virus berantai tunggal yg mengandung asam nukleat dalam bentuk genom RNA. Akibat dari retrovirus ini adalah penggabungan beberapa genetika ke dalam sel DNA yg terinfeksi. Selanjutnya, DNA tersebut di terjemahkan menjadi pigmen berwarna biru yang di sebut dengan BILIVERDIN.

Oleh karena itu, peran retrovirus ini menunjukkan evolusi dan keragaman spesies. Jika ada yg menjual betina ayam birma dengan klaim bahwa telurnya berwarna biru, jangan langsung percaya begitu saja. Jika masih ragu, cobalah membeli satu paket anakan ayam birma dan membesarkannya sendiri. Lalu, lihatlah persentase warna cangkang telur yang dihasilkan nanti. Kesimpulan dari corak telur bukanlah patokan utuh yg bisa secara langsung ditetapkan sebagai ori atau asli.

Ciri Khas Ayam Birma Aduan

Untuk mengetahui kualitas ayam birma asli yang baik untuk di pelihara dari perspektif gaya aduan, berikut adalah beberapa tips agar tidak mudah tertipu oleh oknum yang tidak jelas:

  • Gerakan Cerdik dan Menghindar: Ayam birma asli yang berkualitas akan selalu cukup aktif dalam mencari celah untuk melakukan beberapa serangan kepada musuhnya di arena sabung ayam. Selain itu, mereka juga terkenal akan kepandaian dalam menghindari serangan dan pukulan lawan dengan gerakan yg sangat gesit.
  • Pukulan Akurat dan Efektif: Ayam birma yang bagus diketahui memiliki serangan pukulan yg sangat akurat mengenai lawan-lawannya, sehingga bisa dengan sangat mudah meng-KO musuhnya. Khususnya pada lawan yg memiliki ukuran postur tubuh dan kekuatan seimbang.
  • Sasaran Utama Telinga dan Mata: Ayam birma cenderung akan mengincar lawannya dengan sasaran pada bagian telinga dan mata. Hal ini karena telinga dan mata merupakan bagian yg sensitif dan dapat membuat lawan menjadi tidak stabil saat bertarung.
  • Gerakan Cepat dan Lincah: Ayam birma berkualitas memiliki akurasi pergerakan yg gesit dan lincah, sehingga mereka dapat bergerak dengan sangat cepat dan lincah dalam menghadapi lawan di arena sabung ayam.
  • Strategi Memutar untuk Keunggulan: Untuk membuat lawan cepat lelah, ayam birma cenderung mengandalkan strategi dan trik memutari arena pertarungan, sehingga hal ini akan mempermudah mereka untuk menaklukkan lawan dengan cepat.

Dengan memperhatikan ciri-ciri tersebut, di harapkan Anda dapat memilih ayam birma asli yang berkualitas untuk di pelihara dan di jadikan sebagai ayam aduan berkualitas. Semoga informasi ini bermanfaat bagi kita semua.

Tips Cara Merawat

Penting untuk di pahami bahwa pemberian asupan gizi yg memadai pada unggas sangat berdampak pada kesehatan dan performa bertarungnya. Umumnya, pola bermain ayam menjadi terlihat setelah mereka telah di beri makan sebanyak 3 kali.

Mulailah melatih ayam sejak usia 4-6 bulan agar otot mereka dapat berkembang dengan cepat dan kuat untuk bertarung dalam jangka waktu yg lama. Ada beberapa metode pelatihan yang dapat di terapkan, seperti menjemur, mengumbar ayam di area berpasir atau berumput, memberi kesempatan untuk berenang, dan lain sebagainya.

Selain itu, salah satu cara yang dapat di lakukan adalah dengan mengurung jago dalam kandang bundar berdinding dua agar tidak dapat menyerang ayam lain yang berada di dalam. Demikianlah informasi mengenai cara merawat dan melatih ayam birma yang dapat kami sampaikan.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *