Cara Membuat Ayam Nurut Dengan Mudah & Praktis

Cara membuat ayam nurut

Researchpaperorder – Cara membuat ayam nurut pada pemiliknya adalah suatu hal yang di harapkan, tetapi terkadang ada ayam yang bersifat liar dan agresif. Bahkan dalam beberapa kasus, mereka dapat menyerang siapa pun yang mendekatinya. Yang tentunya dapat membahayakan jika ayam tersebut di pelihara dalam sistem pemeliharaan yang bebas.

Untuk mengatasi masalah ini secara efektif, ada beberapa langkah dan cara membuat ayam nurut yang dapat di terapkan, seperti yang akan kami ulas di bawah ini. Masalah ini tidak hanya terbatas pada satu jenis ayam saja, namun pada berbagai jenis ayam peliharaan.

Penyebab Ayam Galak & Tidak Nurut

Apa penyebab ayam menjadi galak, agresif dan tidak nurut terhadap manusia? Pertama, jarang berinteraksi dengan manusia dapat menjadi penyebabnya. Selain itu, ada tindakan tertentu yang dapat membuat ayam menjadi takut dan marah. Meskipun biasanya terjadi pada ayam bangkok. Namun perilaku ini juga dapat terjadi pada jenis ayam lain. Seperti ayam kampung, ayam kate, ayam broiler, ayam indukan, dan kalkun. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat membuat ayam menjadi galak, agresif dan tidak nurut terhadap manusia antara lain:

  • Faktor Genetik: Meskipun tidak sepenuhnya, faktor genetik dapat memengaruhi sifat agresif pada ayam. Namun, hal ini juga dapat di sebabkan oleh kurangnya interaksi dan perlakuan kasar dari pemiliknya.
  • Kondisi Fit yang Berlebihan: Ayam yang dalam kondisi fit yang berlebihan sering kali menjadi agresif, terutama saat mereka menginginkan pasangan atau saat hendak di adu.
  • Usilan dengan Benda Mati: Ayam bisa menjadi marah jika di usili dengan benda mati, yang bisa menyebabkan mereka menyerang apa saja yang mendekatinya.
  • Kurangnya Interaksi dengan Manusia: Ayam yang tidak terbiasa bertemu dengan orang asing atau tidak di tangkap sejak kecil cenderung menjadi agresif.
  • Perlakuan Kasar yang Di terima: Ayam yang pernah di jinakkan namun kemudian di perlakukan dengan kasar saat di tangkap atau di pelihara, juga bisa menjadi agresif.
  • Lingkungan yang Tidak Mendukung: Kandang yang terlalu jauh dari keramaian seperti jalan raya yang bising, juga bisa membuat ayam menjadi lebih agresif.

Tips Cara Membuat Ayam Nurut

Mari kita langsung masuk ke inti pembahasan agar Anda memiliki pemahaman yang lebih mendalam. Metode cara membuat ayam nurut ini dapat di coba dengan memperhatikan usia dan ukuran ayam, agar tidak salah langkah saat mengaplikasikannya dan tidak mendapatkan hasil yang tak di harapkan.

Oleh karena itu, penting untuk tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan jika Anda belum terbiasa dalam memelihara ayam yang bersifat liar dan agresif terhadap manusia. Berikut ini adalah daftar metode cara membuat ayam nurut yang dapat Anda lakukan, antara lain:

Kasih Pakan Via Tangan

Langkah pertama cara membuat ayam nurut adalah melatih ayam secara lebih intensif dengan memberikan pakan langsung pakai via tangan atau menggunakan wadah pakan. Biasanya, jika ayam merasa takut, mereka akan langsung lari begitu kita mendekat. Oleh karena itu, Anda dapat melatihnya dengan memberikan pakan secara langsung.

Jika ini di lakukan pada ayam bangkok yang sudah dewasa, proses pelatihannya mungkin membutuhkan waktu yang agak lama, sekitar 2 minggu. Untuk mencegah ayam melarikan diri dari kandang saat memberi pakan, Anda dapat memberikannya melalui lubang pada wadah makanannya, sehingga ayam tetap berada di dalam kandang. Rekomendasi ini juga sangat berguna untuk merawat ayam jantan.

Rutin Interaksi

Langkah kedua cara membuat ayam nurut adalah dengan mengajaknya berinteraksi, secara sederhana dengan sering melihat atau mendekatinya. Hal ini akan membuat ayam merasa aman dan nyaman ketika Anda berada di sekitarnya.

Interaksi ini dapat terjadi dalam berbagai konteks, mulai dari kegiatan sehari-hari di sekitar kandang hingga di luar kandang. Dengan menerapkan tips ini, setidaknya ayam akan lebih terbiasa dengan kehadiran Anda dan aktivitas Anda. Langkah ini relatif mudah dilakukan dan cukup efektif untuk membuat ayam menjadi lebih patuh.

Mandikan & Jemur

Cara membuat ayam nurut selanjutnya yang mudah dilakukan adalah memandikan ayam dan menjemurnya di pagi hari di dalam kurungan ayam. Anda dapat melakukannya satu minggu sebanyak 3-4 kali, jika Anda sibuk, Anda bisa melakukannya pada akhir pekan.

Saat Anda sering memegang dan memandikan ayam, ini akan membersihkan bulu-bulunya dan menghilangkan bau serta kotoran yang menempel. Akibatnya, ayam akan menjadi lebih tenang saat melihat orang lain lewat atau mendekatinya. Untuk menjaga kesehatan dan kekebalan tubuh ayam, Anda juga bisa memberikan jamu yang diracik sendiri atau membelinya di toko pakan.

Sering Memegang Ayam

Metode cara membuat ayam nurut ini lebih mudah karena dapat diterapkan saat Anda memiliki waktu luang. Tujuan utamanya adalah mengajak ayam untuk bersantai bersama Anda, baik itu di pagi hari, siang, atau sore.

Jika Anda merasa metode ini kurang efektif, Anda juga bisa memberikan ayam vitamin atau suplemen tambahan yang masuk akal dan dapat dilakukan secara berkelanjutan. Jika masalahnya adalah perilaku agresif dari ayam tersebut, disarankan untuk menggunakan kaos lengan panjang dan melepas gelang, jam, dan cincin saat berinteraksi dengan ayam.

Usap Bulu Ayam

Cara membuat ayam nurut selanjutnya adalah dengan mengusap bulunya agar tenang ketika di dekati orang. Namun, jika ayam tersebut agresif, Anda harus berhati-hati karena dalam sekejap saja, ayam tersebut dapat mematuk tangan Anda.

Untuk ayam yang agresif, di sarankan untuk memegangnya dengan hati-hati dan mengusapnya dari kepala hingga badannya dengan posisi yang tepat. Mengusap bulu ayam ini di percaya dapat meredakan ketegangan pada ayam yang jarang di pegang dan membuatnya merasa rileks saat Anda mengusapnya.

Pegang Ayam Santai & Lembut

Cara membuat ayam nurut berikutnya adalah dengan menangkap atau memegangnya kembali dengan cara yang lembut. Pada umumnya, ayam yang awalnya agresif akan menjadi lebih biasa dan tenang. Namun, situasinya berbeda jika ayam tersebut sebelumnya telah di jinakkan namun kembali menjadi agresif, karena kemungkinan besar ada trauma yang sulit di atasi.

Saat menangkap ayam, pastikan tekniknya benar, lalu posisikan tangan Anda dengan tepat saat memegangnya. Jika hendak mengangkatnya, pastikan ayam sudah merasa tenang sehingga risiko meloncat sangat kecil.

Jika ayam Anda merupakan hewan peliharaan untuk hobi, sebaiknya hindari menjauhkannya dari orang asing atau keramaian. Ayam yang tidak terbiasa dengan situasi tersebut cenderung akan bereaksi dengan suara ketika merasa terancam atau tidak nyaman.

Demikianlah beberapa tips praktis dari kami yang bisa Anda coba di rumah. Tips ini juga berlaku untuk unggas lainnya yang agresif atau takut pada manusia, serta hewan peliharaan lainnya. Semoga berhasil!

Kesimpulan dari ulasan di atas adalah bahwa, apapun jenis ayamnya, jika kita memperlakukannya dengan baik, hewan tersebut akan tetap jinak dan nyaman. Namun, ada faktor-faktor tertentu seperti lingkungan dan perlakuan yang dapat menyebabkan mereka menjadi agresif. Selamat mencoba dan semoga dengan adanya ulasan ini dapat membantu Anda semua para pengghobi ayam.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *