Cara Membuat Kemin Ayam Aduan Dengan Bahan Tradisional

cara membuat kemin ayam aduan

Researchpaperorder – Cara membuat kemin ayam aduan sangatlah mudah dan simpel. Sudahkah Anda mengenal apa itu kemin dan manfaatnya untuk ayam aduan? Sebagian masyarakat Thailand telah lama menggunakan kemin ini untuk menjaga keindahan bulu serta kesehatan kulit ayam aduan mereka. Pada awalnya, penggunaan kemin menjadi ciri khas ayam impor. Namun, seiring dengan meningkatnya kesadaran akan manfaat positifnya bagi ayam, penggunaan kemin pun telah meluas dan banyak di praktikkan oleh para pecinta ayam. Untuk di ketahui, merawat bulu dan kesehatan kulit ayam merupakan hal yang sangat penting terutama bagi para pecinta ayam aduan.

Sebelum kita melangkah lebih jauh dalam informasi terperinci tentang cara membuat kemin ayam aduan secara tradisional. Mari disini kita lebih dulu untuk memahami dasarnya bersama-sama agar kita benar-benar memahami secara menyeluruh tentan apa itu kemin dan apa saja manfaat yang bisa di dapatkan.

Dalam bahasa Thailand, kemin memiliki makna sebagai kunyit atau kunir. Bahan bempah-rempah seperti kunyit atau kunir ini sendiri telah sejak lama menjadi bahan campuran dalam masakan di Indonesia. Selain itu, kemin juga telah banyak di gunakan dalam merawat ayam kampung atau Bangkok di negeri kita. Metode pembuatan kemin yang agak berbeda ini menjadi populer di kalangan masyarakat Nusantara.

Penggunaan kemin tidak hanya bertujuan untuk mempertebal kulit dan merawat bulu ayam aduan, tetapi juga untuk memastikan aliran udara lebih mudah dan lancar. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa kulit ayam tidak memiliki kelenjar keringat, sehingga penting untuk menjaga kulitnya tetap sehat. Kulit ayam terbagi menjadi dua bagian utama, yaitu epidermis dan dermis.

Epidermis adalah bagian terluar dari kulit terdiri dari stratum germinativum dan stratum corneum. Stratum corneum adalah lapisan paling luar dari kulit terdiri dari sel-sel pipih yang telah mati dan mengeras.

Pertimbangan matang dalam memberikan kemin kepada ayam adalah untuk menjaga kesehatan kulit dan bulunya, serta mencegah pertumbuhan bulu tidak normal akibat serangan penyakit kulit dan kutu

Cara Membuat Kemin Ayam Aduan

Sebenarnya, kemin ayam terbuat dengan racikan khusus yang mengandung beberapa bahan utama, seperti kunyit, dan tambahan bahan lainnya. Jika kita melihat secara sekilas, kemin memiliki tekstur cair dan dapat di oleskan langsung pada kulit ayam, terutama pada bagian kaki dan paha ayam.

Secara umum, semua bahan yang di gunakan dalam pembuatan kemin di haluskan terlebih dahulu. Untuk menghaluskannya, bisa dengan beberapa metode seperti parut atau maupun menggunakan blender. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak cara membuat kemin ayam aduan Bangkok ini agar Anda tidak semakin penasaran. Berikut bawah ini adalah bahan membuat kemin dan juga cara membuat kemin ayam aduan , yaitu :

Bahan Membuat Kemin

Langkah pertama dalam pembuatan kemin adalah menyiapkan alat dan bahan-bahannya. Berikut adalah beberapa komponen bahan utamanya untuk membuat kemin , antara lain :

  • Air bersih
  • Kunyit atau serbuk kunyit
  • Daun sereh
  • Kapur sirih halus

Panduan Cara Membuat Kemin

Berikut bawah ini cara membuat kemin ayam aduan adalah sebagai berikut:

  • Rebus daun sereh hingga mendidih, kemudian pisahkan daunnya dan diamkan airnya hingga menjadi hangat.
  • Setelah itu, masukkan kunyit yang telah Anda parut ke dalam air hangat tersebut, lalu tambahkan kapur sirih halus yang telah di siapkan sebelumnya.

Setelah semua bahan Anda masukkan ke dalam panci, kemudian aduklah hingga seluruhnya tercampur dengan baik. Jika perbandingannya adalah 1 bagian kunyit untuk 1 bagian kapur sirih. Dan Anda memiliki banyak ayam, maka jumlah bahan dapat di sesuaikan dengan kebutuhan, karena kemin ini alami dan dapat bertahan lama. Pastikan bahwa selama proses pencampuran, teksturnya tidak terlalu cair. Alangkah lebih baik jika kemin sedikit mengental agar khasiatnya dapat lebih maksimal bagi ayam aduan.

Jika kemin di tujukan untuk ayam siap adu, tambahkan jahe ketika merebus daun sereh. Jahe memiliki manfaat yang kaya sebagai penyegar dan pemanas bagi ayam setelah latihan fisik atau pertarungan. Dengan demikian, proses pemulihan dan peregangan otot dapat berjalan dengan baik.

Bagi yang tidak ingin menggunakan bahan kapur sirih, dapat menggantinya dengan menggunakan bahan jahe atau kencur. Keduanya sama-sama bermanfaat bagi kesehatan ayam, terutama dalam meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh terhadap kondisi cuaca ekstrem.

Cara Pemakaian Kemin

Dalam memberikan kemin kepada ayam aduan Bangkok atau ayam laga jenis lainnya, di sarankan untuk memandikan ayam terlebih dahulu dan menjemurnya sampai setengah kering selama kurang lebih 15-20 menit.

Untuk ayam yang sudah berusia dewasa, cukup oleskan kemin dengan menggunakan spons busa atau sikat gigi pada area kepala, leher, cakar, sayap, dada, paha, badan, dan kolong kaki ayam. Sedangkan untuk ayam yang masih usia belia atau berukuran kecil, kami merekomendasikan untuk mengoleskan kemin pada bagian muka, leher, kaki, dan dada.

Setelah di olesi dengan kemin, keringkan ayam dengan cara menjemur seperti biasanya. Penggunaan kemin sangat dianjurkan sejak abar pertama. Cukup gunakan kemin 2 kali seminggu untuk perawatan dan 3 kali seminggu untuk persiapan sebelum abar dan setelah abar. Dengan pemberian yang baik dan benar, maka ayam aduan Anda akan mendapatkan hasil yang optimal sehingga sangat bermanfaat baginya.

Manfaat Kemin Untuk Ayam Aduan

Kemin ayam aduan ini memiliki banyak khasiat yang luar biasa. Meskipun warnanya merah merona, kemin ini terbuat dari bahan dasar rempah-rempah alami yang tidak menimbulkan efek samping pada hewan peliharaan kita. Terdapa beragam kelebihan yang bermanfaat bagi ayam aduan. Berikut adalah beberapa manfaat dan kelebihan dari pemberian kemin untuk ayam aduan , antara lain :

  • Kulit ayam menjadi lebih tebal dan tulangnya lebih keras, sehingga ayam menjadi lebih tahan terhadap pukulan dan tidak mudah luka sobek saat adu jalu dengan lawan di arena pertarungan.
  • Peredaran darah ayam menjadi semakin lancar, sehingga membuatnya menjadi lebih sehat, bugar, dan memiliki penampilan yang merah merona.
  • Kemin dapat meningkatkan stamina ayam aduan karena terbuat dari bahan-bahan tradisional.
  • Kemin bisa mencegah berbagai jenis penyakit mematikan yang umum menyerang pada ayam.
  • Mengusir kutu dan nyamuk sehingga ayam tidak akan diserang lagi.
  • Lapisan kulit ayam menjadi merah merona, memberikan kesan yang lebih garang terhadap musuhnya.
  • Proses pemadatan bulu dan mandi ayam menjadi lebih cepat, sehingga ayam tidak merasa menggigil saat mandi.
  • Kemin juga berkhasiat dalam proses penyembuhan luka akibat adu jalu.
  • Memacu pertumbuhan bulu baru yang lebih sehat dan membuatnya menjadi lebih lebat.
  • Mengembalikan stamina ayam setelah pertarungan.
  • Menyuplai oksigen yang disimpan di dalam rongga udara tubuh ayam, sehingga bermanfaat untuk menstabilkan suhu tubuhnya.

Demikian ulasan mengenai cara membuat kemin ayam aduan secara sederhana versi kami diharapkan dapat bermanfaat bagi semua. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *