Cara Membuat Pakan Ayam Fermentasi Ampas Tahu dan Dedak

cara membuat pakan ayam fermentasi

Researchpaperorder – Pakan ayam fermentasi memegang peranan penting dan memberikan beragam manfaat, terutama dalam budidaya ayam baik untuk petelur maupun pedaging. Komponen pakan merupakan salah satu aspek utama dan biaya terbesar dalam budidaya ayam. Dalam upaya untuk mengoptimalkan produksi dan menekan biaya, penting bagi para peternak untuk mempertimbangkan strategi yang tepat.

Pentingnya pengeluaran pakan dalam bisnis peternakan tidak bisa di abaikan, terutama ketika harga pakan ayam terus meningkat namun nilai hasil panen tidak sebanding. Oleh karena itu, di perlukan solusi yang efektif untuk mengatasi tantangan ini.

Salah satu solusi yang dapat di terapkan adalah dengan mengadopsi teknik cara membuat pakan ayam fermentasi. Dengan menggunakan metode ini, peternak dapat mengurangi biaya produksi pakan ayam di rumah mereka. Tak hanya itu, pakan ayam fermentasi juga memberikan sejumlah manfaat bagi budidaya ayam.

Dengan demikian, bagi para peternak yang ingin mengoptimalkan pengeluaran dan meningkatkan hasil panen, pakan ayam fermentasi dapat menjadi pilihan yang menjanjikan dan berpotensi menguntungkan.

Manfaat Pakan Ayam Fermentasi

Pakan ayam fermentasi merupakan proses pengolahan bahan pakan secara biologis dengan memanfaatkan aktivitas mikroorganisme. Salah satu manfaat utama dari pakan ayam fermentasi adalah kemampuannya untuk mengurangi kandungan asam phipat, sehingga meningkatkan nilai gizi dedak tersebut.

Tidak hanya di gunakan untuk ayam, pakan ayam fermentasi juga umumnya bermanfaat pada hewan ternak lainnya seperti sapi, kambing, dan kerbau. Hal ini menjadi solusi yang efektif ketika ketersediaan pakan terbatas, terutama pada musim tertentu.

Bagaimanapun, cara membuat pakan ayam fermentasi untuk ternak ayam memiliki langkah-langkah khusus yang perlu di perhatikan. Proses tersebut melibatkan persiapan bahan baku, inokulasi mikroorganisme, dan pengendalian lingkungan fermentasi.

Dengan demikian, pakan ayam fermentasi tidak hanya bermanfaat dalam meningkatkan ketersediaan pakan, tetapi juga meningkatkan kualitas nutrisi yang di perlukan oleh ternak ayam maupun hewan ternak lainnya.

Cara Membuat Pakan Ayam Fermentasi Dengan Ampas Tahu

Untuk membuat pakan ayam fermentasi, Anda dapat memilih berbagai bahan, seperti dedak, ampas tahu, sayuran, dan kombinasi mikroorganisme seperti EM-4, Yakult, dan Air Beras. Berikut adalah langkah-langkah dalam proses cara membuat pakan ayam fermentasi menggunakan ampas tahu:

Bahan dan Peralatan yang Diperlukan

  • Ember plastik
    Bahan-bahan seperti dedak, sagu, tepung singkong, bungkil kelapa, gandum, biji-bijian, atau pelet polong, atau campuran dari beberapa bahan tersebut.
    Air yang tidak mengandung klorin (air suling/air sumur)

Langkah-langkah Membuat

Tahap 1: Persiapan Adonan Ampas Tahu

  • Haluskan bawang putih dan tambahkan air secukupnya, aduk hingga merata.
  • Campurkan bawang putih yang sudah dihaluskan dengan ampas tahu dalam ember, aduk hingga merata.
  • Tambahkan probiotik Petro Chick ke dalam air masak dan molase, campur hingga larut, diamkan selama sekitar 10 menit.
  • Setelah itu, tambahkan garam yodium yang sudah dihaluskan (sebanyak 1 kg) ke dalam campuran ampas tahu, aduk hingga merata.
  • Campurkan larutan probiotik dan garam ke dalam campuran ampas tahu di ember, pastikan semua bahan tercampur dengan baik. Periksa agar tidak ada gumpalan bahan yang terbentuk
  • sebelum melanjutkan proses selanjutnya.

Tahap 2: Proses Pembuatan Lanjutan

  • Campur semua bahan kecuali ampas tahu hingga merata. Pastikan semua bahan tercampur dengan baik. Disarankan untuk meletakkan campuran ini di atas plastik dengan ketebalan minimal 10 mm.
  • Letakkan ampas tahu di atas campuran bahan yang sudah dicampur sebelumnya (probiotik, garam, air, dan bawang putih halus).
    Penggabungan Bahan:
  • Gabungkan semua bahan hingga merata, pastikan tidak ada gumpalan dari bahan-bahan tersebut.
  • Pindahkan campuran ke dalam wadah seperti drum atau ember, lalu tutup wadah tersebut agar proses fermentasi dapat berlangsung dengan lancar. Proses fermentasi membutuhkan waktu minimal 4 jam.
  • Setelah proses selesai, pakan siap untuk diberikan kepada ayam.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat menyelesaikan proses pembuatan fermentasi dengan ampas tahu secara efisien dan memastikan kualitas yang baik untuk ayam Anda.

Cara Bikin Pakan Ayam Fermentasi Pakai Dedak

Jika yang di atas sudah membahas tentang bahan ampas tahu, saran selanjutnya akan membahas penggunaan dedak atau bekatul halus. Sebenarnya, teknik ini tidak sulit dan dapat di gunakan di rumah. Bahkan sebagian besar peternak telah mengetahuinya. Anda dapat mencobanya dalam skala rumahan atau partai besar. Berikut adalah alat dan bahan yang di perlukan untuk membuatnya:

Alat & Bahan yang Diperlukan

  • Ember (sebagai wadah untuk mencampur larutan)
  • Drum atau gentong plastik
  • Terpal (untuk menyebar bahan-bahan dan mengaduk)
  • Dedak atau bekatul sebanyak 40 kg
  • Larutan mikroorganisme aktivator (EM-4) sebanyak 250 ml. Jika sulit ditemukan, dapat diganti dengan EM-4 alternatif.
  • Tetes tebu sebanyak 250 ml. Jika tidak tersedia, dapat di gantikan dengan 12 sendok makan gula pasir.
  • Air sebanyak 12 liter

Langkah-langkah Pembuatan

  • Tuangkan larutan EM-4 sebanyak 250 ml ke dalam ember yang berisi 12 liter air. Tambahkan tetes tebu atau gula pasir, lalu aduk hingga larutan merata.
  • Ratakan dedak atau bekatul halus di atas terpal dengan ketebalan yang merata untuk memudahkan pencampuran.
  • Siramkan campuran larutan EM-4 dan tetes tebu secara perlahan-lahan ke atas dedak atau bekatul halus yang telah di siapkan di terpal. Pastikan larutan merata menyerap dan tercampur dengan baik.
  • Pastikan kadar air dalam dedak atau bekatul di atur sekitar 30-40% dari total berat bahan.
  • Setelah semua bahan tercampur merata, masukkan campuran ke dalam drum atau gentong, lalu padatkan.
  • Tutup drum atau gentong rapat-rapat dan biarkan fermentasi berlangsung selama 4-7 hari pada suhu ruangan.
  • Setelah periode fermentasi berakhir, periksa apakah hasilnya sudah sesuai atau tidak berhasil. Fermentasi yang berhasil di tandai dengan aroma yang tidak tengik, melainkan seperti tape atau tempe, serta perubahan warna yang lebih terang.

Jika hasil fermentasi sesuai dengan kriteria yang di sebutkan, fermentasi dedak siap untuk di berikan kepada ayam. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat fermentasi dari dedak atau bekatul halus dengan efektif dan mengoptimalkan kesehatan serta produktivitas ayam.

Cara Kasih Pakan Ayam Fermentasi

Pakan fermentasi yang telah melalui proses dan berhasil dapat di gunakan sebagai campuran dalam pakan ayam bersama dengan jagung giling maupun konsentrat pabrikan. Dari segi kualitas, pakan fermentasi cenderung memiliki kandungan protein yang 2-5% lebih tinggi di bandingkan dengan pakan tanpa fermentasi.

Hal ini membuat sebagian peternak memilih untuk mengadopsi metode fermentasi sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan campuran pakan ayam yang cukup mahal. Umumnya, penggunaan pakan fermentasi dalam campuran pakan ayam memiliki rentang presentase sekitar 20-40%.

Dengan demikian, penggunaan fermentasi pakan secara tidak langsung membantu mengurangi biaya pembelian konsentrat dan jagung. Dampaknya, biaya produksi menjadi lebih rendah sementara pendapatan keuntungan dalam budidaya ayam bangkok, petelur, dan pedaging dapat meningkat. Ini merupakan salah satu strategi efektif dalam meningkatkan efisiensi dan profitabilitas dalam usaha peternakan ayam.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *