Cara Membuat Pur Ayam Agar Cepat Besar dan Gemuk

Cara membuat pur ayam

Researchpaperorder – Cara membuat pur ayam agar cepat besar dan gemuk bisa di lakukan sendiri di rumah Anda. Yang mana teknik serta cara membuat pur ayam secara mandiri menjadi pengetahuan dasar bagi para peternak ayam maupun para penghobi ayam aduan. Hal ini karena, fluktuasi harga pakan makanan dan nilai jual ayam yang tidak stabil dapat berdampak pada keuntungan, meskipun masih memberikan margin positif, namun bagi peternak di tingkat perdesaan, keberlanjutan usaha seringkali jauh dari taraf yang di anggap layak. Oleh karena itu, penting bagi Anda mengetahui bagaimana cara membuat pur ayam agar menjadi lebih cepat besar serta gemuk.

Dalam dunia ayam , terutama pada ayam pedaging, pemberian pakan makanan menjadi aspek penting yang memerlukan perhatian ekstra. Kombinasi pakan harus memastikan adanya nutrisi yang mencukupi sesuai dengan kebutuhan ayam. Pur ayam menjadi salah satu komponen utama yang di perlukan untuk memenuhi kebutuhan protein, karbohidrat, serat, dan lemak.

Ketika harga pur ayam melonjak tinggi, hal ini dapat menyebabkan dampak nyata bagi para peternak ayam. Untuk mengatasi tantangan ini, metode pembuatan pur secara manual dapat menjadi solusi yang efektif untuk menanggulangi permasalahan harga dan meningkatkan kemandirian dalam pemeliharaan serta peternakan ayam. Untuk memahami lebih dalam, mari menyimak ulasan kami bawah ini.

Pembuatan Pur Ayam Secara Mandiri

Ada berbagai jenis dan merek pur ayam yang telah banyak beredar di toko pakan ayam dengan variasi harga yang di tawarkan. Namun, bagi mereka dengan penghasilan terbatas, memelihara ayam seharusnya menjadi sumber penghasilan tambahan, bukan malah menambah beban finansial.

Masalah ini umumnya di alami oleh banyak orang, dan tidak jarang pecinta ayam yang baru terjun ke dunia ini akhirnya berpikir ulang tentang keputusan mereka. Memang, jika di pertimbangkan lebih lanjut, permasalahan ini tampak beralasan. Bagi peternak ayam pedaging dalam skala kecil, bagaimana mereka dapat mengatasi situasi ini?

Dengan terus meningkatnya harga pakan ayam dari waktu ke waktu, mencari solusi yang sederhana menjadi suatu keharusan. Secara logika, ketidaksesuaian antara biaya pakan dan harga jual ayam pedaging saat ini sangat merugikan. Selain itu, harga jual ayam pun cenderung menurun, sehingga mendapatkan keuntungan dari penjualan ayam saja menjadi sulit.

Membuat pur ayam sendiri dengan pengetahuan terbatas sebenarnya dapat di lakukan dengan mudah. Yang di butuhkan hanyalah memanfaatkan bahan-bahan yang mudah di dapatkan di sekitar. Untuk memahami langkah-langkahnya, mari kita pelajari cara membuat pur ayam agar menjadi cepat besar dan gemuk dengan tips bawah ini.

Bahan Bahan Penting Dalam Pembuatan Pur Ayam

Pada dasarnya bahan pembuatan pur ayam bisa menggunakan berbagai bahan yang dapat di konsumsi oleh hewan ternak, yang mana bahan-bahan pembuatan pur ayam ini bisa memberikan manfaat dan tidak menimbulkan risiko terhadap kesehatannya. Tujuan dari pemberian pakan komplit adalah untuk memastikan pasokan protein dan nutrisi yang memadai bagi ayam.

Dalam pembuatan pur ayam secara mandiri, beberapa bahan baku menjadi keharusan. Berikut bawah ini adalah daftar bahan yang di perlukan:

  • Jagung
  • Dedak
  • Tepung Ikan
  • Bekatul
  • Kedelai
  • Kunyit
  • Air Bersih
  • Vitamin dan Kalsium
  • Daun-daunan

Selain bahan-bahan tersebut, ada juga tambahan sayur mayur yang umumnya di berikan sebagai pakan ayam. Secara tradisional, sayur mayur ini di sajikan dalam potongan kecil dan di campurkan dengan ransum pakan ayam. Namun, dalam pembuatan pur ayam, pendekatan ini sedikit berbeda, karena daun-daunan akan di masukkan sebagai salah satu komponen utama dalam proses pembuatan pur ayam.

Cara Membuat Pur Ayam Agar Cepat Besar Dan Gemuk

Selain menyiapkan bahan-bahan untuk membuat pur ayam, hal yang tidak boleh terlewatkan adalah persiapan alat penggiling atau cetakan pur. Karena mesin pembuat pur ayam cenderung mahal, solusi terbaiknya adalah menggunakan alat yang sederhana dan ekonomis. Sebelum memasuki tahap tersebut, sebaiknya kita menentukan takaran bahan dalam pembuatan pur agar kadar protein yang di hasilkan sesuai dengan kebutuhan. Berikut adalah daftar komposisi serta cara membuat pur ayam , yaitu :

Komposisi bahan membuat pur ayam

Berikut bawah ini adalah komposisi bahan membuat pur ayam serta caranya, antara lain :

Jagung 30%

Anda dapat memperoleh jagung sebagai bahan untuk membuat pur ayam di pasar lokal. Atau, alternatifnya, apabila Anda memiliki tumbuhan jagung yang sudah tua dan kering, tumbuk atau giling hingga menjadi serbuk halus. Selain itu, pertimbangkan untuk mencari opsi lain yang sesuai dengan preferensi dan ketersediaan bahan di lingkungan sekitar Anda.

Tepung ikan 24%

Tepung ikan dapat dibuat dengan menggunakan keong atau ikan teri sebagai bahan utamanya. Ikan teri dapat diperoleh di pasar ikan teri, kemudian dijemur hingga kering. Setelah kering, ikan teri tersebut dapat digiling menjadi tepung. Mengingat ini adalah skala rumahan, Anda dapat menggunakan blender untuk memastikan konsistensi tepung ikan yang halus dan lembut. Jika memungkinkan, eksplorasi opsi variasi bahan atau teknik pengolahan yang sesuai dengan keinginan dan ketersediaan di lingkungan sekitar Anda.

Bekatul 26%

Untuk menggunakan bekatul sebagai bahan dalam pembuatan pur ayam, Anda dapat memilih untuk menggunakan Benyer. Benyer merupakan varietas beras kecil yang diperoleh melalui proses pengayakan atau sisa penggilingan padi. Alternatifnya, Anda juga bisa memanfaatkan nasi yang tidak terpakai dengan menjemurnya hingga kering, lalu menggiling atau menumbuknya hingga menjadi tepung halus. Fleksibilitas dalam pemilihan bahan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan resep sesuai dengan preferensi dan ketersediaan bahan dari lingkungan sekitar Anda.

Kunyit 1%

Anda dapat memperoleh kunyit dari persediaan dapur atau membelinya dari pasar. Sebagai opsi yang lebih ekonomis, Anda juga bisa menanam sendiri kunyit, meskipun ini memerlukan waktu yang cukup lama. Proses pembuatan pur pakan dari kunyit cukup sederhana, yaitu dengan memarutnya untuk mendapatkan tekstur dan rasa yang diinginkan. Fleksibilitas dalam sumber kunyit memungkinkan Anda untuk memilih opsi yang paling sesuai dengan kebutuhan dan ketersediaan dari lingkungan sekitar Anda.

Kedelai 11%

Jika area sekitar Anda terdapat pabrik tahu, Anda dapat memanfaatkan ampas tahu sebagai salah satu bahan untuk membuat pur ayam. Namun, apabila tidak ada opsi tersebut, Anda bisa membeli kacang kedelai sebagai alternatif. Giling atau tumbuk kacang kedelai hingga menjadi tepung, tidak perlu terlalu halus, namun pastikan konsistensinya cukup agar anak ayam dapat mengonsumsinya dengan nyaman. Keberagaman dalam sumber bahan memberikan fleksibilitas untuk menyesuaikan resep dengan ketersediaan dari lingkungan Anda.

Dedak 5%

Untuk membuat pur pakan menggunakan bahan dedak, sebaiknya pilih dedak yang memiliki tekstur halus. Biasanya, dedak halus dapat ditemukan pada pabrik penggilingan padi. Harga dedak cenderung lebih terjangkau.

Sayur- mayur 1%

Untuk menambahkan variasi sayuran dalam pur pakan , Anda dapat menggunakan bahan-bahan seperti daun pepaya, daun bayam, kangkung, daun mengkudu, atau daun pete tiongkok. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya besar, karena Anda dapat memilih sayuran yang mudah didapatkan dari daerah sekitar Anda.

Vitamin & Kalsium 2%

Untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan kalsium dalam pakan ayam, Anda disarankan untuk membelinya pada toko pakan ayam atau toko pakan ternak terdekat kota Anda. Ketersediaan vitamin dan kalsium yang sesuai sangat penting untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan yang optimal pada ayam.

Air bersih

Pastikan menggunakan air yang bersih dan secukupnya saja saat membuat adonan pur pakan. Kualitas air yang baik sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kesehatan ayam.

Teknik dan Langkah Cara Membuat Pur Ayam

Setelah semua bahan di ubah menjadi tepung dengan proporsi yg sesuai, langkah selanjutnya adalah meracik pur pakan menggunakan bahan yg telah Anda siapkan sebelumnya.

Pencampuran Bahan

Campurkan tepung ikan, jagung, kedelai, bekatul, dedak, vitamin, kalsium, kunyit, dan sayur mayur secara merata. Pastikan komposisi bahan tercampur dengan baik. Tambahkan air bersih secukupnya, hindari kelebihan air agar konsistensi adonan tetap ideal.

Aduk Merata

Aduk adonan hingga merata sehingga semua bahan tercampur dengan sempurna. Pastikan tidak ada bagian yg kering ataupun terlalu lembek.

Pengukusan

Kukus adonan seperti proses memasak nasi hingga matang. Proses memasak ini memiliki tujuan untuk mencegah pur pakan menjadi cepat basi. Pastikan adonan benar-benar matang hingga konsistensi yg diinginkan.

Penyajian dan Pembentukan

Setelah adonan matang, angkat dan bentuklah pur pakan sesuai dengan selera Anda. Anda dapat membentuknya menjadi berbagai ukuran atau bentuk yg diinginkan.

Dengan mengikuti langkah-langkah cara membuat pur ayam tersebut, diharapkan pur ayam yang dihasilkan tidak hanya mempercepat ayam menjadi besar dan gemuk, tetapi juga memiliki kualitas yg baik. Pastikan untuk mengamati proporsi bahan dan konsistensi adonan untuk mendapatkan hasil terbaik.

Macam Macam Bentuk Pur Pakan Ternak

Dalam membuat pur ayam, terdapat tiga bentuk atau wujud yg umum di gunakan oleh peternak untuk membentuk pakan ayam hasil buatan sendiri. Berikut bawah ini adalah macam-macam bentuk pur pakan ternak yang banyak digunakan, antara lain :

Pur Ayam Wujud Tepung

Cara pembuatan pur ayam dengan bentuk tepung tergolong cukup sederhana. Proses ini melalui penjemuran pakan ayam yang telah di kukus hingga menjadi tipis untuk mempercepat proses pengeringan. Setelah kering, pakan tersebut di rombak-rombak hingga membentuk serbuk atau tepung.

Pakan Berbentuk Crumbl (Butiran)

Adonan di masukkan ke dalam ayakan berlubang, kemudian di tekan-tekan hingga butiran pakan berjatuhan. Selanjutnya, butiran-butiran tersebut di jemur hingga kering. Pur pakan dalam bentuk crumbl siap untuk di berikan. Proses ini sangat mudah di lakukan.

Konsentrat Berbentuk Pelet

Pembuatan pur dalam bentuk pelet juga cukup mudah. Adonan yg telah di kukus di masukkan ke dalam mesin penggiling daging sehingga membentuk pelet panjang. Selanjutnya, pelet tersebut dapat di potong dan di jemur hingga kering.

Komposisi di atas merupakan pakan terbaik untuk ayam pedaging, terutama untuk anak ayam (starter). Anda dapat mempelajari cara membuat pur ayam ini di rumah. Sebagai upaya untuk menekan biaya produksi pakan ayam. Dengan variasi bentuk pur pakan, peternak dapat memilih metode yg paling sesuai dengan kebutuhan dan selera mereka.

Demikian ulasan kami mengenai cara membuat pur ayam agar cepat besar dan gemuk. Semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu Anda para pecinta ayam. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *