Ciri dan Karakteristik Ayam Bangkok Import Thailand Asli

ayam bangkok import thailand asli

Researchpaperorder – Ayam bangkok import thailand asli selalu menarik diperbincangkan di kalangan pecinta sabung ayam. Hal ini wajar mengingat, ayam bangkok merupakan salah satu ayam petarung yang tangguh dan banyak dijadikan sebagai andalan utama dalam arena sabung ayam. Seperti diketahui, nama “Bangkok” sering dikaitkan dengan komoditas pertanian dan peternakan berkualitas tinggi. Selain buah jambu Bangkok yang pernah menjadi tren beberapa tahun yang lalu, ayam Bangkok Thailand juga sangat diminati di kalangan penggemar sabung ayam.

Kepopuleran ayam aduan ini memiliki popularitas tinggi di Asia, terlebih ayam bangkok import thailand asli yang sangat di sukai oleh para pecinta ayam termasuk di Indonesia. Kekekaran postur tubuhnya serta dan keberaniannya dalam arena sabung, membuat ayam bangkok import thailand asli begitu diminati oleh banyak orang. Untuk lebih mengetahui tentang ayam bangkok import thailand asli yang banyak di cari oleh kolektor, berikut bawah ini adalah ulasannya.

Sejarah Asal Mula Ayam Bangkok Thailand

Praktik adu ayam telah ada di Cina sekitar 1.400 tahun sebelum Masehi dan menjadi kegemaran di kalangan sebagian masyarakat. Seiring dengan popularitasnya, adu ayam berkembang menjadi ajang pencarian bibit ayam petarung yang tangguh. Bibit unggulan ini kemudian di kawinkan dengan jenis ayam lain memiliki keunggulan sebagai petarung. Ayam kampung asli Cina di silangkan dengan jenis unggulan dari berbagai negara Asia, termasuk Thailand.

Seabad yang lalu, Thailand berhasil mengembangkan jenis ayam baru memiliki keunggulan sebagai ayam aduan. Ayam ini memperlihatkan gerakan lincah dan pukulan yang mematikan saat bertarung. Ayam baru ini di juluki sebagai King’s Chicken oleh orang Thailand karena kehebatannya. Di Cina, para pecinta sabung ayam menyebutnya dengan nama leung hang qhao, sedangkan di Indonesia, ayam ini di kenal sebagai ayam bangkok Thailand.

Tradisi sabung ayam juga telah di kenal di Indonesia sejak zaman dahulu, terutama di kalangan masyarakat tradisional. Indonesia juga memiliki ayam aduan lokal berkualitas, seperti ayam wareng (Madura) dan ayam kinantan (Sumatra). Meskipun tidak jelas kapan tepatnya, ayam bangkok sudah di kenal di Indonesia sejak lama. Pertama kali di perkenalkan di Kota Tuban, Jawa Timur, namun tidak ada informasi menyebutkan siapa pertama kali memperkenalkan ayam bangkok import thailand asli di Indonesia.

Ayam Bangkok Thailand Paling Populer

Dalam komunitas pecinta ayam, beberapa jenis unggulan dengan kualitas juara seperti Ayam Bangkok import Thailand asli, Bangkok Birma, dan Bangkok Pakhoy menjadi favorit dengan kelebihan dan peminat masing-masing. Namun, di antara berbagai jenis tersebut, ayam bangkok import thailand asli menjadi paling di sukai, terutama berjenis super karena memiliki ketangguhan bertarung hingga mati. Meskipun harganya termasuk tinggi, minat untuk memiliki ayam bangkok Thailand ini tetap tinggi.

Ayam bangkok thailand asli memiliki kriteria khusus membedakannya dari jenis lainnya. Secara umum, ayam ini unggul dalam segi fisik, mental, dan teknik bertarungnya. Di Indonesia, ayam bangkok thailand asli di jual dengan harga cukup tinggi. Dengan harganya bervariasi mulai dari Rp3 jutaan hingga puluhan juta, bahkan mencapai ada mencapai angka Rp250 juta jika ayam tersebut berhasil memenangkan kontes.

Ayam Bangkok Birma juga cukup populer, hasil persilangan antara ayam bangkok thailand asli serta ayam Birma di perkenalkan pertama kali oleh seorang pemilik peternakan di Thailand. Hal ini di lakukan untuk menggabungkan keunggulan kedua jenis ayam tersebut. Selain itu, ayam Bangkok Pakhoy juga memiliki popularitas tinggi. Nama ini berasal dari singkatan “pama-khoy,” artinya “penumpas setan.” Pada tahun 2000-an, ayam ini di kenal sebagai ayam tangguh, meskipun memiliki postur tubuh tergolong kecil.

Ciri-Ciri Ayam Bangkok Import Thailand Asli

Walaupun di sebut “ayam Bangkok,” tidak semua ayam Bangkok yang ada di Indonesia berasal dari Bangkok, Thailand. Banyak di antaranya merupakan hasil perkawinan antara ayam bangkok import thailand asli Negeri Gajah Putih dengan tipe tarung lokal. Berbeda halnya dengan ayam bangkok thailand asli yang memiliki keunggulan serta kelebihan jika di bandingkan dengan ayam hasil silangan. Untuk memudahkan Anda membedakan ayam bangkok thailand asli dengan ayam hasil silangan. disini kami akan memberikan ciri-ciri ayam bangkok import thailand asli, di antaranya :

  • Postur Tubuh Bagus – Ayam Bangkok Thailand asli memiliki postur tubuh bagus, tegap, tetapi terasa empuk saat di pegang, menandakan keberadaan otot yang kuat.
  • Tulang Tebal serta Rapat – Tulangnya tebal, dengan sambungan antartulang sangat rapat, khususnya antara leher dan badan, serta tulang paha yang besar, memberikan pukulan yang kuat dan mematikan.
  • Kepala Besar – Kepalanya berukuran besar serta berbentuk seperti buah pinang.
  • Warna Lingkaran Mata – Warna lingkaran matanya serupa dengan warna dasar kaki dan paruh ayam.
  • Bentuk Jengger Khas – Jenggernya berbentuk seperti belangkon dan memanjang ke belakang dengan tekstur tidak kasar.
  • Sisik Kakinya Berderet – Sisik kakinya berderet, mulai dari jari kelingking hingga ke kaki tanpa putus, menandakan kekuatan pukulan taji.

Penting untuk di catat bahwa ayam Bangkok impor Thailand asli memiliki ciri-ciri ini, sementara hasil persilangan mungkin memiliki perbedaan dalam karakteristik fisik.

Cara Beternak Ayam Bangkok

Ayam Bangkok impor Thailand asli meskipun sangat di cari dan memiliki harga tinggi, ayam ini sebenarnya dapat di budidayakan dengan relatif mudah. Berikut adalah langkah-langkah untuk membudidayakan ayam Bangkok impor Thailand asli, yaitu :

  • Pilih Indukan Berkualitas – Pilih indukan yang sehat, tidak cacat, aktif, serta lincah sebagai calon induk ayam bangkok.
  • Siapkan Lokasi Tepat – Pilih lokasi kandang ayam dengan kontur datar, adanya pohon pelindung, rumput, dan saluran air.
  • Buat Kandang Tepat – Kandang sebaiknya menghadap sinar matahari pagi, sejajar dengan arah angin, dan berpagar.
  • Persiapkan Kandang Khusus untuk Betina – Siapkan kandang khusus untuk ayam bangkok betina yang akan bertelur serta mengeraminya. Setelah telur menetas, pisahkan bibit dari induknya.
  • Berikan Nutrisi Tepat – Mulai dari usia anakan 1-2 hari setelah menetas cukup berikan air putih. Setelah hari ketiga berikan voor 592 serta campuran susu bubuk bayi serta pur hingga umur 3 bulan. Selanjutnya, ganti dengan pakan yang lebih keras seperti jagung, beras merah, bekatul, dan sebagainya setelah berumur 6 bulan dan seterusnya.
  • Lakukan Pemeliharaan Fisik – Potong bulu ekor dan sayap yang terlalu lebat saat ayam berumur 3 minggu. Setelah mencapai usia 2 bulan, cabut bulu yang rontok di punggung dan leher.
  • Perawatan Intensif – Lakukan perawatan intensif, batasi waktu bermain agar anak ayam tidak kehilangan terlalu banyak energi, cukup 30 menit setiap harinya.

Demikian ulasan kami mengenai ayam bangkok import Thailand asli, mulai dari sejarah, ciri-ciri hingga cara beternak ayam dengan mudah. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda untuk lebih memahami ayam bangkok Thailand. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *