Memahami Penyakit Ayam Berbahaya Serta Cara Penanggulangan

penyakit ayam

Researchpaperorder – Seperti di ketahui, saat ini ada banyak banget macam jenis penyakit ayam, dan kita semua patut tahu bagaimana cara menghadapinya. Dimana ilmu nggak melulu harus dari pengalaman sendiri, kita bisa mendapatkannya dari sharing sesama peternak maupun teman-teman lain yang telah lebih dulu berkecimpung di dunia peternakan ayam. Oleh karena itu, pada kesempatan ini, kami mau ulas beragam jenis penyakit ayam berbahaya dan bisa menyebabkan kematian pada ayam peliharaan kita.

Bagi Anda yang sedang berada di halaman website ini, upayakan agar menyimak ulasan bawah ini dengan seksama agar mendapatkan informasi lengkapnya. Terlebih bagi Anda mungkin seorang pemula di dunia perayaman, dan sedang mengalami gangguan dengan penyakit ayam. Salah satu hal sering bikin peternak jadi down adalah hadirnya penyakit yang bisa mengancam hidup ayam. Bayangin aja, udah keluar modal tapi belum balik untung, malah di serang penyakit ayam yang berat. Buat hadapi situasi kaya gini, kita perlu manajemen yang oke dan sistem pengelolaan yang lebih terstruktur. Maka dari itu, yuk simak ulasannya bawah ini.

Memahami Cara Penularan Penyakit Ayam

Beternak ayam memanglah merupakan peluang emas buat untuk di jadikan sebagai penghasilan sangat menguntungkan. Ini karena pangsa pasarnya luas banget, mulai dari restoran, penggemar ayam, sampe kolektor ayam kelas atas juga ada. Tapi, jangan lupa, jika peternak ayam ada kalanya menghadapi resiko jika hewan ternaknya terkena serangan beragam jenis penyakit.

Dimana sistem penyebaran penyakit ini bahkan bisa menyerang sampai ke hewan ternak kita meski sudah di urus dengan baik. Yang mana biasanya, virus mematikan bisa masuk lewat udara, kontak tangan manusia, tempat makan dan minum, serta ayam baru yang masuk. Adapun beragam jenis penyakit ayam kerap menyerang, contohnya, ada flu burung, avian influenza, berak darah, dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu, agar hewan ternaknya tetep sehat, penting banget bikin pagar yang aman, manajemen kandang rapi, perawatan harian teliti, plus kasih jamu dan suplemen. Dan jangan lupa buat kandang isolasi buat ayam yang lagi sakit atau baru dateng, biar lebih ampuh menahan gempuran penularan penyakit berat pada ayam.

Jenis-Jenis Penyakit Ayam Yang Berbahaya Dan Menular

Setelah Anda mengtahui cara penularan penyakit hewan ternak, khususnya pada hewan ternak ayam. Sebagai peternak ayam, kita mesti ikutin perkembangan beragam jenis penyakit ayam biar bisa melakukan pencegahan sehingga bisnis ternak kita tetep jalan. Setidaknya, kita perlu tahu macem-macem penyakit belakangan ini jadi bikin repot semua peternak, khususnya yang skala kecil sampe menengah. Berikut bawah ini adalah beberapa jenis penyakit ayam berbahaya dan menular, antara lain :

Flu Burung atau Avian Influenza

Avian Influenza merupakan penyakit ayam lebih di kenal dengan sebutan flu burung, yang sumbernya ada pada pernafasan dan pencernaan ayam. Penyebabnya adalah virus influenza A. Tapi, virus ini nggak cuma menyerang hewan ayam saja, melainkan bisa menyerang berbagai jenis unggas, termasuk burung dan angsa juga bisa terjangkit.

Virus Avian Influenza termasuk virus kelas berat, karena bisa menular ke manusia juga. Buat mengatasi penyebarannya, Anda bisa menerapkan vaksin inaktif AI H5N1 isolat lokal. Dengan kasih vaksin ini, di harapkan bisa bikin antibodi yang bagus dan mengurangi ekskresi virus. Untuk mendapatkan vaksi ini, Anda bisa membeli pada toko pakan terdekat dengan menyebutnya vaksin AI dan ND, tujuannya buat tambahan perlindungan dari penyakit berat.

Gumboro

Gumboro, atau penyakit infectious bursal disease secara ilmiah, memang termasuk penyakit ayam bisa di bilang cukup berbahaya. Penyebab utamanya adalah virus dari keluarga birnaviridae. Angka kematian para ayam yang terjangkit bisa melonjak dengan cepat, namun tergantung dari galur virusnya. Dengan tingginya angka kematian para ayam dan sulitnya kontrol bisa membuat kerugian besar buat para peternak. Tapi, berkat program vaksinasi, peternak ayam ras di Indonesia bisa kurangi risiko ini dengan meningkatkan daya tahan tubuh pada ayam.

Infectious Bronchitis (IB)

Penyakit ayam selanjutnya adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus yang menyerang sistem pernafasan ayam, yang mana bisa di bilang level bahayanya tinggi banget. Penyebabnya adalah virus coronavirus yang punya lebih dari satu tipe. Buat temen-temen peternak harus berhati-hati, soalnya sudah banyak kasus IB dengan presentase sekitar 40,60% yang menyerang ayam ternak. Sayangnya, sampai sekarang belum di temukan vaksin ampuh buat atasi serangan virus IB di lapangan.

Infectious Laryngo Tracheitis (ILT)

Penyakit Ayam ILT atau infectious laryngo tracheitis, memiliki gejala yang unik, di tandai dengan susah bernafas dan keluarnya eksudat berdarah pada ayam terjangkit. Ini karena sel membran mukosa pada trakea ayam mengalami pembengkakan akibat erosi dan pendarahan. Kita bisa mengenali ayam terkena penyakit ini, terlihat dari kepalanya bengkak, mata keluar busa/darah, dan ayam terlihat membuka paruh karena kesulitan bernafas.

Dalam kondisi tertentu, serangan virus ini bisa bikin peradangan hebat dan pendarahan parah pada trakea, bahkan sampai gumpalan darah beku. Oleh karena itu, penyebaran penyakit ini berbahaya sekali dan bersifat akut karena bisa menular ke unggas lainnya.

Tetelo atau Penyakit Newcastle Disease (ND)

Lanjut ke penyakit berikutnya yakni penyakit ayam Tetelo atau ND. Penyebaran penyakitnya di sistem pernafasan hewan unggas ternak, dan penyebabnya adalah genus paramyxovirus. Di Indonesia, Tetelo ini termasuk jenis penyakit sangat endemik. Di lapangan, kasus penyakit Tetelo sering banget terjadi di seluruh Indonesia dan bikin kematian tinggi. Buat atasi masalah ini, temen-temen peternak bisa kasih kombinasi vaksin ND & IB, yang udah di rekomendasiin sama pengembang vaksin di nusantara.

Cara Mencegah dan Penanggulangan Penyakit Ayam Dengan Mudah

Pernahkan Anda mengalami hewan ayam peliharaan tiba-tiba mati tanpa keluhan apa-apa sebelumnya? Terutama buat temen-temen yang ternak ayam kampung atau bangkok yang suka di umbar bebas di sekitar rumah? Meskipun udah bikin pagar, namun tiba-tiba mati tanpa kita ketahui penyebabnya. Bisa jadi sumber masalahnya adalah terjangkit salah satu dari penyakit ayam telah kami sebutkan diatas. Apalagi jika sedang pergantian musim, rentan banget ayam jadi sakit dan mati tanpa kita sadari. Lalu bagaimana cara mengatasinnya pake vaksin dan cara tradisional? Berikut bawah ini adalah cara mencegah maupun penanggulangan penyakit ayam dengan mudah, antara lain :

Berikan Vaksinasi Ayam

Jika kita memelihara ataupun menernak banyak ayam, terutama yang memiliki jumlah lebih dari 100 ekor. Cara pertama yang biasanya di ambil masyarakat adalah panggil dokter hewan buat vaksinasi secara berkala. Biasanya, vaksinasi ini melibatkan beberapa jenis vaksin seperti ND, IB, IBD, dan AI, karena keempatnya sering jadi permasalahan utama yang menyerang ayam ternak. Anda juga bisa memberikan sendiri vaksin pada hewan ayam Anda tanpat harus memanggil dokter hewan. Namun pastikan untuk mempelajari lebih dulu cara memberikan vaksin dengan cara yang benar.

Berikan Racikan Herbal

Selain memberikan vaksinasi ayam, Anda juga bisa memberikan racikan herbal. Dimana cara ini merupakan cara mencegah dan penanggulangan penyakit ayam dengan metode yang lebih alami. Anda bisa coba pakai obat-obatan herbal diracik sendiri. Seperti dengan meracik campuran kunyit, temulawak, dan jahe yang di haluskan atau di tumbuk bisa di berikan dalam pakan atau air minum ayam. Ramuan herbal ini punya khasiat sebagai antioksidan yang bisa nambah daya tahan ayam, terutama pas cuaca lagi tidak menentu.

Selain itu, memberikan racikan herbal ini cocok banget buat peternak rumahan yang tidak punya banyak ayam, karena murah dan ramah lingkungan. Anda juga bisa tambahin dedaunan juga buat jamu-jamuan sesekali. Cara ini juga bisa membantu dalam menghemat biaya pakan sekitar 5-10% dari total pakan.

Demikian ulasan kami mengenai beragam jenis penyakit ayam cukup berbahaya dan menular serta cara mencegah dan penanggulangan nya. Semoga informasi ini dapat membantu Anda yang mungkin saat ini sedang menghadapi permasalahan dengan penyakit ayam pada hewan ternaknya.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *