Panduan Lengkap Membangun Kandang Ayam DOC Dengan Baik

kandang ayam doc

Researchpaperorder – Membangun kandang ayam doc untuk jenis Bangkok atau hias memang tampak sederhana, namun bagi para penghobi baru mengenal dunia ini, prosesnya tidaklah mudah. Terkadang, mereka masih kebingungan dalam merawatnya, oleh karena itu, pengetahuan tentang metode pembuatan kandang sangatlah penting untuk di pelajari secara rinci.

Sejatinya, kandang ayam doc dapat di bedakan berdasarkan jenisnya dan tujuannya. Misalnya, bagi yang memelihara ayam untuk tujuan pedaging, mereka membutuhkan kandang dengan kapasitas yang mampu menampung sekitar 50-100 ekor. Selain itu, ada juga kandang-kandang di rancang khusus buat memudahkan pemeliharaan di lahan terbatas.

Bahan-bahan yang dapat di gunakan buat membangun kandang ayam doc sangatlah beragam, mulai dari bambu, kayu reng, triplek, kawat ram, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, kami di sini berusaha menyediakan informasi yg akurat agar dapat dengan mudah di praktikkan. Berikut bawah ini, kami telah merangkum ulasan mengenai desain kandang ayam doc.

Desain Kandang Ayam DOC

Pertama, hal yang perlu di analisis adalah luas lahan yang akan di gunakan dalam membangun kandang ayam doc, yang kemudian akan di sesuaikan dengan desain kandang di butuhkan. Desain kandang ayam dapat di bagi menjadi beberapa jenis, seperti kandang buat umbaran indukan, pembesaran, dan anak-anak ayam. Pembagian ini memudahkan dalam penataan dan estimasi biaya yang di perlukan untuk pembuatan kandang.

Kebanyakan penghobi biasanya memelihara ayam dalam skala rumahan, yg artinya tidak sebanyak ayam petelur atau pedaging yang di produksi secara komersial. Oleh karena itu, desain kandang anak ayam yg lebih modern akan lebih efisien untuk di terapkan. Sebagai contoh, cukup menyediakan 4-6 kandang khusus untuk DOC (Day Old Chick) akan mengurangi penggunaan ruang yang berlebihan.

Banyak penghobi mungkin bingung tentang desain kandang ayam doc ideal untuk jenis Bangkok yg berusia 0-2 bulan. Untuk itu, kami akan menyediakan gambar beserta ukurannya agar mudah di pahami dan dapat di buat dengan sangat mudah. Berikut adalah kandang ayam doc yang paling ideal dan cocok bagi penghobi ayam yang masih pemula:

Model Kandang DOC

Model kandang plong 4 merupakan pilihan yang sangat di rekomendasikan buat para penghobi ayam hias maupun ayam Bangkok memelihara di lahan sempit. Desain kandang ayam doc ini tidak hanya mudah di bersihkan dan menghemat ruang, tetapi juga menjadi solusi tepat dalam merawat anak ayam.

Kandang DOC ini dapat di sesuaikan sama kebutuhan pemiliknya. Misalnya, bagi yg baru memulai dan hanya memiliki 1-3 induk betina, dapat membuat 2 kandang DOC terlebih dahulu untuk di maksimalkan. Selanjutnya, kandang-kandang lain dapat di buat secara bertahap sesuai sama perkembangan pemeliharaannya. Jika ada kebingungan, contoh-contohnya telah kami lampirkan di atas untuk referensi bagi semua penghobi ayam.

Ukuran Kandang Ayam

Untuk standarisasi kandang ayam DOC, umumnya memiliki ukuran minimal sekitar 60-75 cm. Hal ini karena biasanya peternak memperkirakan hingga usia berapa anak ayam akan di pindahkan ke kandang pembesarannya. Hal ini di karenakan pertumbuhan anak ayam yg semakin besar seiring berjalannya waktu, menyebabkan ruang di kandang menjadi semakin sempit yang dapat berdampak pada pertumbuhan mereka.

Meskipun tidak ada patokan yg pasti, sebagai pemilik atau perawatnya, kita harus peka dan memperhatikan keadaan kandang agar memastikan anak ayam dapat tumbuh dengan baik sesuai harapan. Jika belum yakin, bisa menerapkan ukuran kandang dengan kapasitas sekitar 8-12 ekor hingga usia 2 bulan, akan cukup buat menampung mereka dengan nyaman.

  • Tinggi 70-75 cm
  • Lebar 60-75 cm
  • Panjang 75-100 cm

Dari perhitungan tersebut, setidaknya sudah dapat dipastikan bahwa kandang ayam doc memiliki luas yg mencukupi, terutama jika memiliki panjang dan tinggi yang mencukupi seperti kandang untuk ayam dewasa, yang tidak akan menyebabkan kondisi kandang terlalu pengap dan lembab. Itu merupakan informasi yg berharga mengenai desain kandang versi Anda. Dengan demikian, kandang ayam doc tersebut diharapkan mampu memberikan lingkungan yg nyaman serta sehat bagi anak ayam yang dipelihara.

Bahan Kandang Ayam

Salah satu bahan kandang ayam doc yang sangat tepat serta mudah didapatkan, serta cukup tahan lama, adalah bambu. Bambu memiliki keunggulan mampu bertahan dari panas terik matahari maupun hujan. Hal ini membuatnya menjadi pilihan yg ideal dalam pembuatan kandang anak ayam, terutama jika kandang tersebut akan ditempatkan di dalam ruangan.

Namun, ada beberapa informasi mengenai bahan-bahan lain yg dapat dimanfaatkan untuk membuat kandang ayam doc. Bahkan, harga bahan-bahan ini pun masih terjangkau. Berikut adalah bahan-bahan utamanya:

  • Triplek
  • Kayu Reng (2×3, 3×3)
  • Kawat Ram
  • Bambu Jawa, Wulung, Petung & Legi
  • Kayu Plepet/Lis
  • Paku Eternit/Triplek & 4-5 CM
  • Gergaji
  • Palu
  • Engsel
  • Seng Galvalum

Dari berbagai contoh bahan di atas, Anda dapat mengkombinasikannya sesuai dengan preferensi masing-masing. Namun, sebelum melangkah lebih jauh, kami merekomendasikan agar membuat desain kandang ayam doc terlebih dahulu sehingga tahap pembuatan dapat dilakukan dengan lebih cepat serta sesuai sama sketsa yg telah dibuat.

Panduan Cara Membuat Kandang Ayam DOC

Saat Anda semua ingin membuat kandang ayam doc, langkah pertama adalah menentukan apakah akan menggunakan model sederhana atau modern. Setelah itu, mulailah membeli material kandang dan pastikan bahwa ukuran dan jumlahnya sudah dihitung dengan teliti.

Meskipun terlihat sepele, membuat kandang ayam dengan asal-asalan dapat mengakibatkan kualitas yg kurang baik, baik dari segi penampilan maupun kenyamanan bagi ayam-ayam yang akan mendiaminya. Oleh karena itu, penting buat memaksimalkan pemeliharaan anak ayam agar mereka merasa nyaman serta aman di dalam kandang. Selain itu, kualitas kandang juga dapat mempengaruhi pertumbuhan ayam dengan cepat atau lambat. Jika Anda bingung sama metode pembuatannya, berikut di bawah ini adalah panduan cara membuat kandang ayam doc antara lain:

Alat & Bahan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, langkah pertama dalam membuat kandang ayam doc adalah menentukan apa yg akan digunakan. Misalnya, Anda dapat memadukan kayu reng, kawat ram, dan triplek untuk model kandang modern yang tertutup rapat. Anda juga dapat menambahkan bambu dan kayu plepet untuk hasil yg lebih baik.

Dalam proses pembuatan kandang anak ayam, alat dan bahan sangat penting. Khususnya untuk anak ayam doc yang baru menetas, kawat ram dapat digunakan sebagai alasnya. Selain menghindari terjepit, kawat ram juga membuat kotoran tidak menempel pada alasnya (kecuali jika Anda menambahkan kain atau koran sebagai pelapis).

Jika Anda memilih bambu sebagai bahan pembuatan kandang ayam doc, pastikan jarak antara bambu-bambu tersebut cukup rapat agar jari atau kaki ayam tidak terjepit. Kami sangat menyarankan untuk memperhatikan hal ini dengan cermat saat menentukan pembuatan kandang dari bahan tersebut. Pastikan Anda telah menganalisanya dengan baik sebelum memulai proses pembuatan.

Kerangka Kandang

Pada tahap berikutnya, Anda akan membuat kerangka kandang ayam doc. Selain untuk menghitung ukuran yg pas, penggunaan bahan triplek pada sisi samping, belakang, dan atasnya akan memudahkan proses pembuatan.

Membuat kandang anakan ayam dengan model 2-4 plong akan mempercepat prosesnya serta lebih mudah. Dengan demikian, kandang ayam doc dapat disesuaikan dengan kapasitasnya. Sebagai contoh, untuk DOC pedaging sebanyak 50-100 ekor, Anda akan memerlukan kandang dengan luas dan panjang sekitar 1,5-2 meter.

Sementara itu, untuk ayam Bangkok dan ayam hias, kandang dengan ukuran 60×60/70-70 sudah cukup besar untuk menampung 6-12 ekor hingga usia 2 bulan. Dengan demikian, model kandang yg modern serta mudah di buat dapat tercipta. Oleh karena itu, persiapkan dengan matang untuk membuat kerangkanya.

Pintu Kandang

Benar sekali, pintu merupakan bagian penting dari pembuatan kandang ayam doc yang tidak boleh di lupakan. Model, ukuran, dan letak pintu bisa di sesuaikan sama preferensi masing-masing. Pintu bisa di tempatkan di tengah, atas, depan, bawah, atau di lokasi lain yg di inginkan.

Namun, yg perlu di perhatikan adalah ketika membuat pintu kandang anak ayam, pastikan tempat pakan dan minumnya dapat mudah di akses untuk keluar masuk. Hal ini penting agar proses pembersihan dan pengisian ulang pakan dan minum ayam menjadi lebih mudah serta efisien.

Menyelesaikan Kandang

Pada tahap ini, Anda akan menutup semua sisi kandang ayam doc, termasuk alas, atap, dasar, dan sisi-sisinya, serta memasang sekat jika kandang di buat dengan model 2-4 plong. Setelah semua bagian kandang tertutup dengan baik serta di pasang dengan benar, Anda dapat melanjutkan ke langkah selanjutnya.

Setelah proses pembuatan mencapai tahap sekitar 90%, langkah selanjutnya adalah menyempurnakannya dengan memasang penutup atau pintu kandang ayam doc. Anda dapat menggunakan bahan yang sama dengan yg di gunakan untuk alas serta penutup kandang. Jika Anda menggunakan bambu untuk alas, maka gunakan bambu juga untuk penutupnya. Begitu pula jika Anda menggunakan kawat ram, gunakanlah bahan yang serupa untuk penutup kandang. Hal ini akan membuat kandang terlihat lebih rapi serta hemat dalam penggunaan bahan.

Pemanas Kandang (Lampu)

Langkah selanjutnya dalam pembuatan kandang ayam doc adalah memberikan lampu pijar sebagai penghangat bagi anak ayam yang baru menetas. Anak ayam baru menetas rentan terhadap kematian jika tidak di berikan sumber panas yang cukup di kandangnya.

Anda dapat mengatur pemasangan lampu pijar secara hati-hati, termasuk pengaturan colokan yang penting mudah di akses untuk di matikan dan di hidupkan kembali. Kami merekomendasikan untuk menggunakan saklar agar lampu dapat di matikan dengan mudah pada siang hari.

Selain memudahkan penggunaan, model saklar juga dapat menghemat penggunaan listrik jika Anda memelihara banyak ayam sekaligus. Meskipun biayanya mungkin terasa kecil, namun jika di hitung-hitung, penghematan tersebut dapat di alokasikan ke keperluan lainnya.

Tempat Pakan & Minum

Langkah selanjutnya adalah menyediakan media pakan dan minum untuk anak ayam. Jika ingin hemat, Anda dapat membuatnya sendiri menggunakan pipa paralon atau bambu. Namun, jika Anda lebih memilih yang umumnya, Anda bisa membelinya di toko pakan ayam dengan harga kurang lebih 30.000 untuk satu tempat pakan dan minum.

Demikianlah rangkaian informasi yang dapat kami sampaikan tentang cara membuat kandang anak ayam. Semoga ulasan ini dapat memberikan pengetahuan baru dan bermanfaat bagi kita semua.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *