Panduan Mengatur Kelembaban dan Suhu Kandang Ayam Broiler Agar Optimal

suhu kandang ayam broiler

Researchpaperorder – Ayam broiler adalah jenis ayam pedaging yang memiliki pertumbuhan yang sangat cepat. Mereka sangat peka terhadap fluktuasi kelembaban dan suhu kandang ayam broiler di sekitar lingkungan mereka. Kondisi suhu kandang ayam broiler yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan ayam broiler mengalami stres dan mengurangi asupan pakan mereka.

Penting untuk diingat bahwa faktor lingkungan, seperti suhu dalam kandang ayam broiler, memiliki dampak signifikan terhadap keberhasilan bisnis peternakan. Meskipun ayam broiler memiliki sifat regulasi suhu yang stabil atau disebut homeotermik, mereka memerlukan waktu sekitar 2 minggu untuk beradaptasi sepenuhnya. Setelah mencapai usia 14 hari, ayam tersebut mampu mengatur suhu tubuhnya sendiri.

Jadi disini peran peternak sangatlah vital dalam hal pesiapan kandang serta mengatur kadar suhu. Hal ini dilakukan supaya sesuai dengan kebutuhan. Khususnya selama periode awal pertumbuhan ayam broiler. Kebutuhan akan suhu dan kelembaban bervariasi tergantung pada usia dan jenis ayam. Kandungan air dalam udara juga berperan penting dalam mengatur kelembaban dan suhu kandang ayam broiler yang dibutuhkan.

Pentingnya Ketepatan Suhu dan Kelembaban Bagi Ayam

Ayam broiler sangat rentan terhadap fluktuasi suhu dan kelembaban di lingkungan sekitarnya. Suhu kandang ayam broiler yang berada pada tingkat ekstrem, baik terlalu tinggi maupun terlalu rendah, dapat menyebabkan stres pada ayam dan mengurangi asupan makanan mereka secara signifikan. Di Indonesia, terutama di dataran rendah, suhu lingkungan bisa mencapai 33-34 derajat Celsius selama musim kemarau. Bahkan, kenaikan suhu dari 21 derajat Celsius menjadi 32 derajat Celsius bisa mengakibatkan penurunan hingga 20% dalam asupan pakan ayam.

Sementara itu, di dataran tinggi, suhu kandang ayam broiler yang rendah dapat menyebabkan masalah serius seperti hipotermia pada ayam, meningkatkan risiko kematian. Selain suhu, kelembaban di dalam kandang juga merupakan faktor penting yang perlu diperhatikan. Kelembaban yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan hipertermia pada ayam dan mengganggu proses pernapasan mereka. Sebaliknya, kelembaban yang terlalu rendah dapat menyebabkan dehidrasi pada ayam.

Dengan demikian, penting untuk menjaga kelembaban dan suhu kandang ayam broiler pada tingkat yang optimal, yaitu antara 30-50% untuk ayam berusia 0-7 hari dan 40-60% untuk ayam yang berusia lebih dari 8 hari. Hal ini akan membantu memastikan kondisi lingkungan yang sesuai untuk pertumbuhan dan kesehatan optimal bagi ayam broiler. Menjaga suhu dan kelembaban kandang sesuai dengan rentang yang disarankan akan membantu memastikan kesejahteraan dan pertumbuhan optimal bagi ayam broiler selama berbagai tahap perkembangan mereka.

Kelembaban Suhu Kandang Ayam Broiler yang Tepat

Seperti diketahui, bahwasanya bisnis peternakan seperti ini memanglah cukup menjanjikan sebab keuntungannya dapat diraih hanya dalam waktu singkat dengan syarat bisa mencetak unggas berkualitas terbaik. Ayam broiler bisa dipanen ketika mencapai berat daging sekitar 2 kg, yang biasanya terjadi dalam waktu sekitar satu bulan. Meskipun terlihat mudah dan memiliki siklus pendek, namun penting untuk memperhatikan faktor-faktor pendukung yang memengaruhi pertumbuhan mereka.

Salah satu faktor yang sangat berpengaruh adalah suhu kandang ayam broiler . Kehidupan mereka sangat tergantung pada kelembaban dan kondisi lingkungan. Di Indonesia, dengan iklim tropisnya, suhu lingkungan bisa mencapai 33-34 derajat Celsius di dataran rendah saat musim kemarau. Bahkan, terkadang terjadi kenaikan suhu drastis, dari 21 hingga 32 derajat Celsius, yang menyebabkan penurunan hingga 20% dalam asupan pakan ayam.

Oleh karena itu, kondisi suhu kandang ayam broiler memiliki dampak besar terhadap hasil produksi, dan ini harus di perhatikan lebih lanjut. Ketika kelembaban rendah, dapat meningkatkan angka kematian ayam dan juga kelembaban di dalam kandang. Sementara jika kelembaban terlalu tinggi, ayam dapat mengalami kepanasan dan kesulitan bernafas. Oleh karena itu, pengaturan suhu dan kelembaban kandang ayam broiler adalah faktor penting dalam menjaga kesehatan dan produktivitas ternak.

Berikut adalah rentang suhu ideal untuk kandang ayam broiler berdasarkan usia:

  • Umur 1 – 7 hari: suhu ideal kandang adalah 35 derajat Celsius.
  • Umur 8 – 15 hari: suhu ideal kandang adalah 32,2 derajat Celsius.
  • Umur 16 – 23 hari: suhu ideal kandang adalah 29,44 derajat Celsius.
  • Umur 24 – 30 hari: suhu ideal kandang adalah 26,6 derajat Celsius.

Selain itu, kelembaban kandang juga penting untuk di jaga pada tingkat yang optimal:

  • Pada ayam usia 0-7 hari, kelembaban kandang harus berada dalam rentang 30-50%.
  • Pada ayam usia lebih dari 8 hari, kelembaban kandang harus berada dalam rentang 40-60%.

Faktor Mempengaruhi Suhu Brooding DOC ayam broiler

Beberapa faktor yang memengaruhi pengaturan suhu pada tahap brooding ayam broiler meliputi:

  • Umur Ayam: Ayam broiler yang masih muda membutuhkan suhu yang lebih tinggi daripada yang lebih tua. Hal ini di sebabkan karena ayam yang masih muda belum dapat mengatur suhu tubuhnya dengan baik.
  • Ukuran Kandang: Ukuran kandang juga memainkan peran penting dalam pengaturan suhu brooding. Kandang yang lebih besar akan memerlukan suhu yang lebih rendah daripada yang lebih kecil. Ini di sebabkan oleh lebih banyaknya ruang yang tersedia bagi ayam untuk bergerak, memungkinkan mereka lebih mudah menjaga suhu tubuhnya.
  • Jenis Pemanas: Jenis pemanas yang digunakan juga berkontribusi pada pengaturan suhu brooding. Pemanas yang efisien akan membantu menjaga suhu kandang tetap stabil. Sebaliknya, pemanas yang tidak efisien dapat menyebabkan fluktuasi suhu yang dapat merugikan ayam, seperti suhu kandang yang terlalu panas atau terlalu dingin.
  • Kondisi Cuaca: Kondisi cuaca di luar kandang juga mempengaruhi pengaturan suhu brooding. Jika cuaca di luar kandang terlalu dingin, maka dengan demikian kadar suhu di dalam kandang jugalah perlu di tingkatkan. Sebaliknya, jika cuaca di luar kandang terlalu panas, maka suhu di dalam kandang perlu di turunkan untuk menjaga keseimbangan termal yang nyaman bagi ayam broiler.

Cara Mengatur Kadar Kelembaban Kandang Ayam Broiler

Untuk menjaga kelembaban dan suhuh kandang ayam broiler tetap optimal, di perlukan beberapa langkah sebagai berikut:

  • Atur Kepadatan Kandang: Pastikan kepadatan kandangnya tidak terlalu padat. Kepadatan yang berlebihan dapat menyebabkan penurunan kualitas udara di dalam kandang karena berkurangnya ketersediaan oksigen dan peningkatan amonia. Ini dapat meningkatkan tingkat persaingan ayam untuk mendapatkan oksigen dan makanan, yang pada gilirannya dapat menyebabkan perilaku kanibalisme.
  • Berikan Suplemen Elektrolit dan Vitamin: Berikan suplemen elektrolit dan vitamin C serta E kepada ayam broiler. Ini membantu meminimalkan dampak dari stres panas dan dingin. Suplemen elektrolit membantu menjaga keseimbangan elektrolit dalam tubuh ayam, yang penting untuk kesehatan mereka.
  • Perhatikan Sistem Ventilasi: Pastikan sistem ventilasi kandang memadai. Ventilasi yang baik membantu menurunkan kelembaban udara dengan efektif. Anda dapat mengatur suhu kandang dengan menggunakan sistem buka-tutup tirai dan memastikan adanya sirkulasi udara yang baik.
  • Tambahkan Kipas Angin: Pasang kipas angin di dalam kandang untuk mencegah suhu yang terlalu panas. Penempatan kipas angin harus memperhatikan kecepatan angin yang tepat serta posisi yang strategis, seperti di tengah, ujung, dan samping kandang, untuk memastikan distribusi udara yang merata.
  • Buat Sistem Kabut/Hujan Buatan: Buat sistem kabut atau hujan buatan di luar kandang untuk membantu menurunkan suhu udara saat cuaca sedang panas. Hal ini dapat di lakukan terutama pada jam-jam tertentu saat suhu udara mulai meningkat, seperti antara pukul 10 pagi hingga 2 siang. Dengan demikian, ternak akan terhindar dari stres panas yang berlebihan dan tetap dalam kondisi yang nyaman.

Tips Mengatur Tingkat Suhu Brooding

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatur suhu brooding pada ayam broiler dengan menggunakan pemanas atau lampu penghangat:

  • Gunakan Termometer: Gunakan termometer untuk mengukur suhu di dalam kandang secara akurat.
  • Atur Pemanas: Letakkan pemanas atau lampu penghangat di tengah kandang untuk memastikan distribusi suhu yang merata. Pastikan untuk mengatur pemanas sehingga suhu di dalam kandang berada pada rentang ideal, yaitu:
    • 30-32°C untuk ayam umur 0-7 hari.
    • 28-30°C untuk ayam umur 8-14 hari.
    • 26-28°C untuk ayam umur 15-21 hari.
  • Perhatikan Keseimbangan Suhu: Pastikan suhu di dalam kandang tidak terlalu tinggi atau terlalu rendah. Jika suhu terlalu tinggi, ayam akan merasa tidak nyaman dan minum air lebih banyak. Sebaliknya, jika suhu terlalu rendah, ayam akan merasa kedinginan dan cenderung berkumpul di dekat pemanas.
  • Atur Ketinggian Pemanas: Sesuaikan ketinggian pemanas dengan umur ayam. Pada hari pertama, letakkan pemanas di bawah ayam agar mereka merasakan kehangatan. Pada hari-hari berikutnya, naikkan ketinggian pemanas secara bertahap hingga mencapai ketinggian yang ideal.
  • Periksa Suhu Secara Rutin: Periksa suhu di dalam kandang secara teratur, terutama pada malam hari. Suhu cenderung lebih rendah pada malam hari, jadi harus dijaga hangat. Pastikan untuk mengatur pemanas atau lampu penghangat sesuai kebutuhan untuk menjaga suhu yang optimal bagi kesejahteraan dan pertumbuhan ayam broiler.

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *