Panduan Pakan Makanan Ayam Kalkun Untuk Peternak Pemula

makanan ayam kalkun

Researchpaperorder – Kita sebagai peternak harus mengetahui beberapa jenis makanan ayam kalkun karena pakan pokok dan tambahan memengaruhi pertumbuhan dan perkembangbiakan ayam. Ternak unggas salah satu ini juga dapat di pengaruhi oleh kebersihan kandang. Sangat penting untuk memperhatikan poin-poin berikut jika Anda baru memulai.

Pakan makanan ayam kalkun yang bagus dan murah untuk pemula akan kami ulas, setiap aspek secara rinci supaya lebih mudah bagi Anda untuk memahaminya. Seperti pada usia berapa anak kalkun dapat kita beri sayuran atau hijau-hijauan lebih lanjut.

Kami akan memberikan ulasan makanan ayam kalkun yang terbaik untuk membantu agar ayam kalkun peliharaan Anda makan lebih banyak dan menjadi lebih besar. Mungkin benar jika voer atau konsentrat menjadi gemuk dan besar dengan cepat, tetapi biaya akan meningkat. Nah, untuk lebih lengkapnya, mari menyimak ulasan makanan ayam kalkun bawah ini.

Jenis Makanan Ayam Kalkun Yang Baik

Walaupun sebagian besar peternak ayam kalkun memelihara sebagai hobi serta sumber pendapatan tambahan, akan jauh lebih baik jika mempertimbangkan biaya pakannya. Alih-alih memberikan campuran tanpa mengetahui gizi dan proteinnya, ada baiknya memahami jenis makanan ayam kalkun yang baik, antara lain :

Bekatul

Bekatul, yang juga di kenal sebagai dedak, merupakan hasil samping dari proses penyelepan gabah. Ini merupakan makanan ayam kalkun pilihan yang sangat baik untuk di berikan kepada unggas ternak seperti bebek, ayam, dan sapi. Untuk menjaga agar kalkun tetap menyukai bahan tambahan ini, di sarankan menggunakan yang berbutir halus.

Karena hewan cenderung lebih menyukai yang halus, dedak yang terlalu kasar dengan banyak serat serta kulit dapat membuat nafsu makan menurun secara signifikan. Oleh karena itu, penting dalam memperhatikan hal ini dengan seksama.

Voer/Konsentrat

Pakan ternak yang disebut konsentrat atau voer, umumnya diberikan kepada berbagai jenis hewan peliharaan seperti ayam bangkok, ayam petelur, dan ayam pedaging. Dalam memilih voer, keberagaman jenisnya seringkali membuat kita bingung. Oleh karena itu, disarankan untuk memilih yang memiliki kadar protein minimal 20%.

Memberikan makanan ayam kalkun dengan voer dengan kadar protein yang cukup di atas dapat mempercepat pertumbuhan serta proses penggemukan hewan ternak. Untuk menghemat biaya, voer juga dapat di tambah dengan bahan lainnya.

Sayur/Sayuran Hijau

Sebagai tambahan menu makanan ayam kalkun, sayuran hijau merupakan pilihan yg baik untuk di campurkan dalam pakan kalkun. Kehadiran sayuran hijau ini tidak hanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan kalkun tetapi juga dapat mengurangi ketergantungan pada pakan yang mahal. Anda dapat menanam sayuran hijau ini sendiri di halaman rumah atau kebun.

Terdapat beragam jenis-jenis daun apa yang dapat digunakan dalam memberikan tambahan vitamin pada kalkun. Beberapa jenis sayuran seperti daun pisang, kangkung, sawi, eceng gondok, dan daun pepaya dapat menjadi alternatif terbaik untuk dikonsumsi oleh kalkun.

Ampas Tahu

Ampas tahu dari proses pembuatan tahu juga bisa digunakan sebagai campuran makanan ayam kalkun. Pastinya, Anda sudah mengenal nilai manfaat dari Ampas tahu ini. Selain cocok untuk kalkun, Ampas tahu ini juga dapat digunakan dalam pakan entok, kelinci, kambing, dan sapi.

Nasi Aking

Salah satu tambahan pakan makanan ayam kalkun alternatif yang efektif adalah karak atau nasi aking. Penggunaan tambahan ini mampu mengurangi jumlah voer yg dibutuhkan. Namun, perlu diperhatikan bahwa penggunaan nasi aking kurang cocok untuk anak ternak yg berusia di bawah 2 bulan karena mereka sedang dalam tahap pertumbuhan badan dan tulang.

Untuk mendapatkan nasi aking, Anda dapat membuatnya sendiri atau membelinya di pasar atau dari tetangga. Biasanya, harganya berkisar antara 4.000-5.000 rupiah per kilogram. Jika membeli dalam jumlah besar, Anda bisa mencoba untuk melakukan negosiasi harga.

Cara Membuat Sendiri Pakan Makanan Ayam Kalkun Berkualitas

Meracik pakan makanan ayam kalkun, baik untuk anakan maupun dewasa, sebenarnya cukup mudah. Namun, terdapat perbedaan dalam komposisi bahan-bahannya. Berikut adalah daftar takaran untuk pakan kalkun dewasa dan langkah membuatnya:

Takaran

  • Voer/konsentrat: 20-30%
  • Bekatul: 40%
  • Nasi aking: secukupnya
  • Sayur-sayuran: 25%
  • Air panas

Langkah-langkah membuat pakan

  • Campurkan nasi aking dengan air panas hingga mencapai tekstur yg cukup lunak.
  • Tambahkan voer dan bekamul ke dalam campuran nasi aking. Aduk hingga merata.
  • Terakhir, tambahkan potongan sayur-sayuran ke dalam campuran dan aduk kembali hingga merata.
  • Pastikan campuran sudah tercampur secara merata. Jika sudah, coba untuk menggenggam campuran tersebut. Pastikan tidak terlalu panas.
  • Pakan kalkun yg sudah tercampur dapat diberikan pada ternak di kandang.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat meracik pakan makanan ayam kalkun berkualitas dengan mudah dan sederhana.

Makanan Yang Tepat Untuk Anakan Ayam Kalkun

Pada fase awal hingga usia 2 bulan, anakan ayam kalkun membutuhkan pakan berkualitas tinggi dalam mempercepat pertumbuhan serta memenuhi kebutuhan daging di pasar. Pakan utama makanan anakan ayam kalkun adalah voer yg memiliki nilai protein minimal 20%. Meskipun membutuhkan pengeluaran lebih banyak untuk pakan, hal ini penting dalam menjaga kesehatan dan pertumbuhan yang optimal. Beberapa jenis voer yang dapat di berikan antara lain BR, 511, AD 1, 591, dan sebagainya.

Anakan kalkun belum memiliki pencernaan yg optimal untuk mencerna bahan seperti bekatul, sehingga dapat menyebabkan penyakit pada pencernaan. Oleh karena itu, di sarankan untuk memberikan pakan utama berupa voer kepada anakan yang berusia di bawah 2 bulan. Pemberian sayuran sebaiknya di lakukan hanya 1-2 kali seminggu dalam memenuhi kebutuhan vitamin. Namun, hindari memberikan nasi aking dan bekatul pada anakan ini.

Selain itu, pemberian minuman sebaiknya menggunakan air matang untuk mengurangi risiko pertumbuhan cacing pada hewan. Dengan menerapkan langkah-langkah ini, di harapkan pertumbuhan bulu serta bobot anakan ayam kalkun menjadi lebih optimal.

Makanan Yang Baik Untuk Ayam Kalkun Dewasa

Ketika mencapai usia remaja atau dewasa, khususnya sekitar 4 bulan lebih, memberikan makanan alternatif dan tambahan sangat penting dalam meningkatkan bobot kalkun, terutama jika Anda berfokus pada penjualan daging. Hal ini di anggap sebagai keharusan oleh kami.

Dengan adanya target waktu dan berat badan yang harus di capai, pemberian makanan ayam kalkun yg tepat sangat bermanfaat bagi setiap peternak. Meskipun setiap kelompok kalkun memiliki kebutuhan pakan yg berbeda, penting bagi peternak dalam memahami hal ini.

Tips yang dapat di terapkan adalah memberikan pakan pada siang hari dengan jumlah yang tidak terlalu banyak, karena menjelang sore kalkun cenderung kurang lahap. Penggunaan dedaunan dan bekatul bisa menjadi pilihan yg cukup baik dalam merangsang pertumbuhan berat badan.

Namun, perlu di ingat untuk tidak memberikan terlalu banyak. Setidaknya, perbandingan antara bekatul dan dedaunan sebaiknya adalah 1:9, sehingga bekatul hanya menyumbang sekitar 10% dari total pakan. Dengan demikian, rangkaian informasi ini dapat menjadi panduan bagi kita semua dalam memberikan pakan kepada kalkun. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua. Demikianlah ulasan yang dapat kami sampaikan.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *