Pollard: Pakan Unggulan untuk Meningkatkan Produktivitas Ayam

pollard

Researchpaperorder – Pollard bisa meningkatkan bobot dan kesehatan ayam sehari-hari. Banyak yang belum menyadari bahwa pollard dapat menjadi alternatif pakan tinggi protein untuk unggas ternak. Meskipun sebelumnya kita mengenal pur ayam 511 sebagai sumber nutrisi dan protein yang dominan, tidak ada salahnya untuk mempelajari lebih lanjut tentang pollard. Untuk memahaminya dengan baik, di sarankan untuk membaca dengan cermat.

Mungkin masih terasa asing jika pollard di gunakan sebagai campuran pakan untuk ayam bangkok, petelur, atau jenis ayam lainnya. Namun, hal ini lebih umum di kenal oleh peternak kambing dan sapi. Bagaimana efek dari penggunaan olahan gandum ini pada ternak? Mari menyimak ulasan kami di bawah ini.

Memahami Apa Itu Pollard

Pollard, juga di kenal sebagai dedak gandum, adalah produk yang di hasilkan dari penggilingan gandum. Meskipun sering kali di anggap sebagai sisa dari proses pengolahan tepung terigu, pollard memiliki nilai nutrisi yang tinggi dan dapat digunakan sebagai pakan untuk berbagai jenis hewan peliharaan, termasuk ayam, kambing, dan sapi.

Salah satu keunggulan utama pollard adalah kandungan proteinnya yang tinggi. Hal ini menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk memenuhi kebutuhan protein harian hewan ternak, seperti ayam. Meskipun demikian, harga pollard mungkin lebih tinggi daripada dedak padi, bahkan mencapai dua kali lipatnya. Meskipun demikian, manfaat nutrisi yang di berikan oleh pollard sering kali di anggap sebanding dengan biaya yang di keluarkan.

Selain kandungan protein yg tinggi, polllard juga memiliki tekstur yg lebih lembut dan aroma yang harum, mirip dengan adonan kue. Hal ini dapat membuatnya menjadi pilihan yang menarik bagi hewan ternak yang mungkin lebih suka tekstur dan aroma yang lebih menyenangkan.

Untuk memahami lebih lanjut tentang kandungan nutrisi pollard, serta manfaatnya bagi hewan ternak, penting untuk terus memperluas pengetahuan tentang produk ini. Dengan demikian, peternak dan pemilik hewan peliharaan dapat membuat keputusan yg terinformasi tentang penggunaan pollard dalam pakan hewan mereka.

Kandungan Gizi & Nutrisi Pollard

Meskipun Indonesia tidak di kenal sebagai salah satu produsen gandum terkemuka di dunia, penggunaan pollard terus berkembang pesat di negara ini. Hal ini terutama di sebabkan oleh pertumbuhan industri peternakan sapi dan kambing yg signifikan dalam beberapa dekade terakhir. Meskipun pollard memiliki keunggulan di bandingkan dengan protein jagung, namun masih kalah di bandingkan dengan bungkil kedelai, susu, dan daging dalam hal kandungan protein. Namun, polllard kaya akan fosfor tetapi rendah kalsium.

Salah satu aspek yg masih belum di pahami sepenuhnya oleh sebagian orang adalah kandungan nutrisi dari pakan ternak atau bahan baku industri pangan ini. Untuk menjawab ketidakpahaman ini, tim kami menyediakan rincian kandungan nutrisi pollard, yg meliputi:

  • Lemak kasar: 5,1%
  • Bahan kering: 88%
  • Serat kasar: 8,8%
  • BETN (Bahan Ekstrak Tanpa Nitrogen): 45%
  • Protein kasar: 17%
  • Abu: 24,1%

Pollard biasanya di jual dalam kemasan berisi 40-50 kg. Jika Anda tertarik untuk membelinya, Anda dapat mengunjungi pusat pakan ternak unggas atau distributor resmi yang ada di daerah Anda. Dengan demikian, informasi ini dapat membantu memperluas pemahaman tentang manfaat dan penggunaan polllard dalam industri peternakan di Indonesia.

Manfaat dari Pollard untuk Pakan Ayam

Pollard merupakan campuran pakan yg dapat di kombinasikan dengan voer ayam 594 atau jenis lainnya. Anda juga bisa mencampurkannya dengan beberapa bahan pakan ternak seperti jagung giling, karak, dan gabah. Namun, penting untuk mengontrol penggunaannya agar tidak menimbulkan efek samping pada hewan peliharaan. Pemberian pollard pada ayam juga dapat memberikan beberapa manfaat signifikan bagi ayam petelur, ayam bangkok, atau bebek antara lain:

  • Pollard adalah sumber protein yang kaya, yg penting untuk pertumbuhan dan produksi telur yg sehat.
  • Kandungan serat yg lebih halus dan aroma yang lebih lezat dapat meningkatkan daya tarik pakan bagi ayam, mendorong mereka untuk makan lebih banyak.
  • Dengan meningkatkan nafsu makan ayam, polllard dapat membantu memastikan bahwa mereka mendapatkan nutrisi yang cukup untuk pertumbuhan dan produksi telur.
  • Pollard dapat membantu mempercepat proses penggemukan ayam, yg dapat bermanfaat terutama bagi ayam bangkok yang sering kali di pelihara untuk keperluan pertandingan.
  • Kandungan nutrisi dalam polllard dapat membantu menjaga kesehatan organ dalam ayam, seperti sistem pencernaan dan sistem kekebalan tubuh.
  • Kandungan nutrisi yg baik dalam polllard dapat meningkatkan produksi telur pada ayam betina, meningkatkan efisiensi produksi telur.
  • Pollard dapat di jadikan opsi campuran untuk membuat voer sendiri, memberikan kontrol lebih besar terhadap nutrisi yang di berikan kepada ayam.
  • Penggunaan polllard sebagai bagian dari pakan ayam dapat membantu mengurangi biaya pengeluaran pakan, terutama jika di gunakan sebagai opsi campuran untuk membuat voer sendiri.
  • Nutrisi dalam polllard dapat membuat aktivitas ayam menjadi lebih lincah dan gesit, yg penting untuk kesehatan dan kebugaran mereka.
  • Pollard dapat menambah sumber energi bagi ayam, membantu mereka mempertahankan aktivitas sehari-hari mereka.

Dengan mempertimbangkan manfaat-manfaat ini, penggunaan pollard sebagai bagian dari pakan untuk ayam peliharaan Anda dapat menjadi pilihan yang baik untuk meningkatkan kesehatan dan kinerja mereka secara keseluruhan.

Harga Dasar Polllard Gandum

Pollard sebagai pakan ayam biasanya memiliki harga yg bervariasi tergantung pada beberapa faktor seperti jumlah pembelian, lokasi, dan kualitasnya. Oleh karena itu, tidak ada patokan harga tunggal yang bisa di berikan, sama seperti halnya dengan dedak padi, jagung, voer, dan contoh lainnya.

Hal yang perlu Anda ketahui adalah bahwa pakan merupakan kebutuhan pokok, namun kenaikan harga pakan ini tidak dapat dihindari. Salah satu cara yang dapat dimaksimalkan adalah dengan membuat ransum pakan sendiri, tetapi ini membutuhkan racikan yg sesuai dan memenuhi kebutuhan gizi hewan ternak Anda.

Untuk harga pollard, biasanya sekitar Rp. 4.500 per kilogram untuk pembelian 50 kg. Namun, harga dapat bervariasi tergantung pada kedekatan dengan sumber penggilingan dan pabrik pengolahan. Secara umum, harga eceran polllard berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 6.000 per kilogram.

Terdapat beberapa manfaat pollard saat diberikan kepada hewan ternak, terutama ayam hobi. Namun, kami menyarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu sebelum mencoba menerapkannya pada ayam komersial.

Hal ini dikarenakan perubahan dalam pakan dapat menyebabkan penurunan produksi, yang pada gilirannya dapat berdampak pada pendapatan harian Anda. Oleh karena itu, penting untuk tidak sembarangan membuat campuran pakan, terutama jika Anda memelihara ayam dalam jumlah yang besar.

Dengan berkonsultasi terlebih dahulu, Anda dapat meminimalkan risiko dan memastikan bahwa pakan yang diberikan sesuai dengan kebutuhan dan kondisi ayam Anda. Demikianlah informasi di atas yang dapat kami sampaikan pada kesempatan hari ini. Semoga penjelasan di atas bisa bermanfaat bagi Anda semua dan dapat membantu Anda yang mungkin berencana untuk membudidayakan ayam agar menjadi lebih meningkat produktivitasnya. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *