Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar Berdasarkan Usia

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Researchpaperorder – Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar sangat penting untuk di ketahui para peternak ayam pemula. Pemahaman yang tepat terkait pemberian pakan makanan pada ayam bangkok merupakan hal yang penting. Hal ini mencakup racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar serta pemilihan jenis pakan makanan dengan memperhatikan kualitas bahan pakan yang di berikan. Dalam upaya membantu pertumbuhan ayam Bangkok agar cepat gemuk dan besar, kami akan mengulas secara mendalam mengenai racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar serta cara pemberian pakan yang terbaik.

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar, penting bagi Anda untuk memahami kebutuhan nutrisi yang di butuhkan oleh ayam tersebut. Oleh karena ini, kami akan memberikan panduan kepada Anda dalam memastikan pertumbuhan optimal dari ayam Bangkok yang Anda pelihara maupun di ternakan. Mari menyimak ulasan lengkapnya bawah ini.

Pemberian Pakan Ayam Bangkok

Sebagai seorang pecinta ayam bangkok, pemahaman yang mendalam mengenai racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar serta kebutuhan pakan ayam , baik untuk day-old chicks (DOC) maupun indukan, merupakan aspek krusial. Hal ini bertujuan untuk memastikan ayam peliharaan mendapatkan asupan nutrisi yang optimal. Walaupun Anda menyediakan racikan pakan ayam bangkok terbaik dalam jumlah yang mencukupi, dengan frekuensi pemberian pakan dua kali sehari pada pukul 07.00 dan 16.00, namun jika jadwal pemberian pakan sering berubah, hal tersebut dapat memengaruhi pertumbuhan optimal dari ayam peliharaan Anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, kami sarankan untuk membuat jadwal pemberian pakan yang konsisten dan terstruktur. Dengan menentukan waktu yang tetap dan disiplin dalam memberikan racikan pakan, dapat membantu memastikan bahwa ayam menerima asupan nutrisi yang cukup, sehingga pertumbuhan mereka menjadi optimal. Selain itu, pemahaman terhadap kebutuhan gizi yang berbeda antara anakan ayam bangkok dan ayam dewasa sangat penting. Pada fase brooding, misalnya, pengaturan pakan memiliki dampak signifikan dalam pembentukan struktur tulang pada anakan ayam. Sedangkan, pada ayam dewasa, pakan campuran seperti beras merah, jagung, gabah, dan suplemen ayam lainnya dapat memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Kebutuhan Nutrisi Untuk Ayam Bangkok

Mengetahui cara memberi makan ayam Bangkok dengan nutrisi yang tepat juga memiliki peran penting dalam mempercepat pertumbuhan ayam tersebut. Oleh karena itu, pemahaman terhadap kebutuhan nutrisi pada masa pertumbuhan ayam Bangkok menjadi salah satu kunci utama agar dapat optimal.

Kebutuhan nutrisi ayam Bangkok pada setiap fase pertumbuhannya bervariasi tergantung pada usianya. Oleh karena itu, mengetahui kebutuhan nutrisi yang sesuai untuk ayam Bangkok pada setiap tahap pertumbuhannya menjadi hal yang esensial. Dengan memahami kebutuhan nutrisi ini, Anda dapat mengoptimalkan asupan makanan yang di berikan kepada ayam, sehingga pertumbuhan mereka dapat berlangsung dengan cepat dan sehat.

Racikan Pakan Ayam Bangkok Agar Cepat Besar

Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar yang di berikan harus kita sesuaikan dengan usia mereka, mengingat kebutuhan nutrisi yang berubah seiring pertumbuhan. Berikut adalah penjelasan rinci mengenai racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar berdasarkan usia:

Ayam Bangkok Usia 2-14 Hari

Pada fase awal menetas, penting untuk memberikan racikan pakan yang sesuai kepada ayam Bangkok yang baru berusia 2 hari. Dalam usia tersebut, anak ayam dapat di beri air yang di campur dengan vitamin sebagai sumber nutrisi. Pada rentang usia 2-14 hari, racikan pakan yang kita berikan sebaiknya memiliki tekstur halus, mengingat kemampuan ayam Bangkok muda dalam mengonsumsi makanan bertekstur keras masih terbatas. Pada periode ini, mereka sedang belajar untuk mematuk dan mengonsumsi makanan yang lebih keras dan besar.

Nutrisi yang di perlukan pada fase awal menetas ini terutama berfokus pada protein dan lemak. Oleh karena itu, racikan pakan yang ideal untuk memberikan nutrisi tersebut adalah pakan ayam pedaging. Racikan pakan ini kaya akan kandungan protein dan lemak yang tinggi, menjadikannya pilihan yang cocok untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ayam Bangkok pada tahap awal perkembangannya.

Ayam Bangkok Usia 2 Minggu – 1 Bulan

Pada fase berikutnya, saat ayam Bangkok berusia 2 minggu hingga 1 bulan, pemberian pakan memasuki masa anakan. Pada periode ini, anakan ayam Bangkok telah mengembangkan keterampilan mematuk dan bahkan mampu mencari makanan sendiri di sekitarnya. Kemampuan mereka untuk mengonsumsi makanan berukuran lebih besar juga mulai berkembang. Kebutuhan nutrisi untuk ayam Bangkok pada fase usia ini mengalami perubahan. Penting untuk mengurangi jumlah lemak dalam racikan pakan guna memastikan pertumbuhan optimal ayam Bangkok.

Metode pemberian makan yang benar pada usia ini melibatkan komposisi racikan pakan yang tepat. racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar yang ideal pada periode ini mencakup serat sebanyak 6%, protein sebanyak 20%, dan lemak sebanyak 3%. Sebagai contoh, racikan pakan yang efektif untuk pertumbuhan agar cepat besar dapat terdiri dari bekatul, jagung, dan tepung ikan dengan perbandingan masing-masing sebesar 3 berbanding 2 banding 1.

Ayam Bangkok Usia 1-3 Bulan

Pada rentang usia 1-3 bulan, ayam Bangkok dapat di lepas dari kandang atau di umbar. Meskipun demikian, perlu Anda ingat bahwa meskipun sudah bebas berkeliaran, ayam Bangkok pada usia ini masih rentan terkena penyakit sehingga pengawasan tetap di perlukan.

Pengumbaran ayam, terutama yang berlaku untuk ayam Bangkok birma, menjadi penting karena mereka di kenal sebagai hewan yang lincah dan aktif. Mengurungkan ayam Bangkok birma terus menerus dapat membuatnya malas bergerak. Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar yang sesuai pada usia ini tergantung pada kode khusus, yaitu 521, 522, dan 523, yang menunjukkan tahapan usia masing-masing:

  • Kode 521: Makanan untuk anak ayam Bangkok usia 1 bulan.
  • Kode 522: Makanan untuk anak ayam Bangkok usia 2 bulan.
  • Kode 523: Makanan untuk anak ayam Bangkok usia 3 bulan.

Agar pertumbuhan ayam Bangkok optimal, racikan pakan ayam khusus usia 2 bulan dapat kita berikan, seperti pakan kyojin atau pakan ayam raksasa. Pakan bernama kyojin ini memiliki komposisi yang mencakup protein, lemak, dan kalsium untuk memastikan pertumbuhan yang cepat dan sehat.

Ayam Bangkok Usia 3-6 Bulan

Pada rentang usia 3-6 bulan, ayam Bangkok menunjukkan aktivitas yang lebih tinggi dalam mencari makanan di sekitarnya. Ayam Bangkok muda pada fase ini terlihat berlari-lari dan bahkan terlibat dalam pertarungan selama beberapa jam. Dengan tingginya tingkat energi pada usia ini, penting untuk memastikan kebutuhan gizinya terpenuhi sesuai dengan tingkat aktivitas yang semakin meningkat.

Racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar yang sesuai untuk ayam Bangkok pada usia ini adalah pakan dengan kode 594. Di rancang khusus untuk umur 4 bulan. Apabila anak ayam telah mencapai usia 6 bulan. Kami sarankan untuk mencampurkan butiran racikan pakan 594 dengan beras merah. Guna memberikan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhan pertumbuhan dan aktivitas ayam yang semakin meningkat.

Ayam Bangkok Usia 6 Bulan Keatas

Ketika ayam Bangkok mencapai usia 6 bulan, dapat di anggap bahwa mereka telah memasuki fase dewasa. Pada periode ini, kebutuhan protein menjadi krusial untuk membentuk tubuh dan otot yang kuat pada ayam bangkok.

Makanan berupa beras merah menjadi opsi yang tepat untuk kita berikan pada ayam pada usia ini, bahkan dapat di jadikan alternatif pengganti voer pabrikan. Meski demikian, pemberian voer dari pabrikan sesekali tetap dianjurkan, terutama untuk membantu pertumbuhan bulu-bulu ayam bangkok agar tampak lebih sempurna.

Racikan pakan ayam agar cepat besar yang dapat kita berikan pada ayam berusia 6 bulan keatas. Termasuk beras merah, nasi, dan voer dengan kode nutrisi yang lebih tinggi. Jenis racikan pakan ini dapat di berikan secara bergantian, baik dalam bentuk basah maupun kering.

Penting untuk dicatat bahwa pada usia ini, ayam bangkok betina sudah siap untuk memulai proses bertelur. Oleh karena itu, memberikan makanan khusus kepada ayam betina dapat membantu mempercepat proses bertelur. Selain itu, pakan yang berasal dari pabrikan dapat digantikan dengan racikan pakan alternatif. Seperti dedak, bekatul, suplemen probiotik, gula pasir, dan air yang telah difermentasikan dalam wadah tertutup selama 5 hari.

Itulah informasi mengenai racikan pakan ayam bangkok agar cepat besar yang tepat untuk mempercepat pertumbuhannya. Semoga penjelasan di atas memberikan manfaat bagi kita semua. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *