Solusi Penghilang Bau Kotoran Ternak Alami Ramah Lingkungan

penghilang bau kotoran ternak alami

Researchpaperorder – Alternatif untuk mengatasi masalah amoniak yang sulit terurai dan bau tak sedap dari kotoran ternak adalah menggunakan penghilang bau kotoran ternak alami ramah lingkungan. Beternak ayam, meskipun dapat menjadi hobi yang menyenangkan dan peluang bisnis yang menjanjikan, sering kali menghadapi masalah dengan limbah kotoran ternak.

Tantangan ini juga di alami oleh peternak unggas lainnya, seperti sapi dan kambing. Selain meraih keuntungan dari penjualan hewan ternak, peternak juga harus menghadapi masalah lingkungan yang di akibatkan oleh bau tidak sedap dari kotoran ternak.

Untuk mengatasi masalah ini, penggunaan penghilang bau kotoran ternak alami dapat menjadi solusi yg ramah lingkungan dan aman bagi ternak. Informasi lebih lanjut mengenai penggunaan penghilang bau kotoran ternak alami atau bahan pengurai kotoran ternak akan di bahas lebih lanjut dalam artikel ini. Jadi, mari kita simak ulasan bawah ini dengan seksama untuk memahami lebih lanjut mengenai cara menghilangkan bau kotoran ternak dan memperbaiki lingkungan sekitar kandang ternak.

Dampak Negatif Bau Kotoran Ayam

Salah satu dampak dari beternak ayam di dekat rumah adalah adanya bau tak sedap dari kotoran ayam yg akan tercium setiap hari. Terutama jika kotoran tersebut menumpuk dan terkena air hujan, hal ini akan menyebabkan bau yang tidak enak dan dapat menjadi sumber penyakit bagi ayam. Oleh karena itu, kita mesti memahami penghilang bau kotoran ternak alami ramah lingkungan yang tepat untuk di gunakan.

Meskipun menghirup amonia tidak begitu mengganggu, keberadaan lalat dari kandang ayam dapat menjadi ancaman yang lebih besar terhadap kesehatan. Untuk mengatasi serangan lalat dan bau kotoran ayam. Penting untuk memahami dampak negatif bau kotoran ayam sebagai berikut:

Banyak Lalat

Kehadiran lalat sering kali dipicu oleh kotoran ternak yg menimbulkan aroma kandang ayam, menyebabkan lalat datang untuk bertelur dan berkembang biak. Saat kotoran menjadi lembek dan telur lalat mulai muncul karena kurangnya kebersihan, dampaknya semakin terasa, terutama ketika aroma amonia semakin menyengat, bahkan saat hujan turun. Oleh karena itu, menjaga kebersihan kandang dengan penghilang bau kotoran ternak alami menjadi sangat penting agar Anda dan ternak merasa nyaman serta terhindar dari ancaman penyakit.

Kenyaman Terganggu

Tidak hanya hewan ternak yang merasa tidak nyaman, namun para karyawan pun merasa risih dan sangat jijik karena bau menyengat amonia dari kotoran ternak, yang mengganggu aktivitas mereka.

Mungkin hal ini sering di abaikan, namun penting bagi kita untuk mencari solusi yg aman terhadap bau kotoran ternak. Bahaya dari bau kotoran tersebut terhadap para pekerja adalah dapat melemahkan daya tahan tubuh mereka atau membuat mereka rentan terhadap penyakit. Oleh karena itu, perlu di cari solusi penghilang bau kotoran ternak alami untuk mengatasi masalah ini agar lingkungan kerja menjadi lebih nyaman dan aman bagi kesehatan para pekerja.

Penyakit Ayam

Selain menyebabkan masalah dengan lalat yang menghinggapi dan berkembang biak, bau kotoran ayam juga membawa dampak lain yang serius. Bau yang terlalu menyengat dapat menjadi sumber penyakit bagi ayam. Seperti menyebabkan masalah pernapasan, kerusakan mata, dan penurunan berat badan menjadi hal yg umum terjadi.

Bahkan, dalam beberapa kasus, ketika penanganannya terlambat, dapat menyebabkan kematian ayam. Dalam situasi seperti ini, sulit untuk menyalahkan siapa pun. Oleh karena itu, kami merekomendasikan untuk membuat alas kandang ayam yg baik dan menjaga kebersihannya secara rutin serta menggunakan penghilang bau kotoran ternak alami sebagai langkah pencegahan yang efektif.

Lingkungan Tercemar

Dampak buruk dari bau kotoran ternak terhadap lingkungan sekitarnya juga merupakan ancaman yang perlu di perhatikan. Jika kotoran ternak tidak di urus dengan baik dan menumpuk, hal ini dapat memberikan dampak negatif pada lingkungan.

Pencemaran yang di akibatkan oleh kotoran ternak dapat menjadi sumber penyakit baru, mengganggu aktivitas masyarakat, dan meningkatkan risiko penularan penyakit antara hewan dan manusia. Langkah pencegahan yg paling sederhana adalah dengan menjaga kebersihan kandang dan mengolah kotoran ayam menjadi pupuk alami. Dengan demikian, dapat mengurangi dampak negatif pada lingkungan sekitar dan meningkatkan kesehatan serta kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.

Memicu Penyakit Warga Sekitar

Salah satu dampak negatif berikutnya dari bau kotoran ayam adalah potensi bahaya bagi kesehatan warga sekitar yang tinggal dekat dengan kandang ayam. Khususnya pada ayam pedaging, jumlah lalat yg muncul cenderung lebih banyak, bahkan saat musim panen lalat bisa tersebar ke rumah-rumah warga.

Hal ini meningkatkan risiko terjadinya penyakit akibat paparan lalat. Selain itu, bau amonia yg sulit di kendalikan juga dapat menurunkan daya tahan tubuh masyarakat setempat. Oleh karena itu, di perlukan metode penghilang bau kotoran ternak alami untuk mengatasi masalah ini.

Rekomendasi Penghilang Bau Kotoran Ternak Alami Ramah Lingkungan

Sekarang, ada beberapa tips sederhana untuk mengatasi masalah bau amonia dari kotoran ternak seperti ayam, bebek, entok, dan sapi. Mungkin masih banyak yang belum mengetahuinya, oleh karena itu kami akan memberikan rekomendasi penghilang bau kotoran ternak alami ramah lingkungan.

Meskipun kotoran ternak dapat di jadikan pupuk, namun jika alas kandang atau penyimpanannya tidak baik, dapat menimbulkan gangguan bagi warga sekitar. Oleh karena itu, solusi-solusi berikut sangat di rekomendasikan, terutama jika Anda beternak di lingkungan padat penduduk atau dengan populasi ternak yg besar. Berikut beberapa contoh penghilang bau kotoran ternak alami ramah lingkungan yang bisa Anda terapkan di rumah:

Tanaman Penyerab Bau

Salah satu metode yang paling ramah lingkungan dalam mencegah bau kotoran ternak adalah dengan menanam tanaman di sekitar kandang. Kami sangat menganjurkan tips ini terutama untuk para pelaku ternak skala rumahan yg belum memiliki peternakan besar.

Alasan di balik ini adalah karena jumlah kotoran yg di hasilkan masih terbatas, dan aroma amonia dapat di atasi dengan cara yang lebih alami. Beberapa jenis tanaman penghilang bau kotoran ternak alami ramah lingkungan yang di anjurkan untuk di tanam di sekitar kandang adalah lidah mertua, palem waregu, sirih gading, dan lavender. Selain dapat mengurangi bau, kehadiran tanaman-tanaman ini juga akan memperindah area kandang dan menciptakan suasana yg menyenangkan.

Bubuk DeoGone

Solusi terakhir untuk menghilangkan bau kotoran ternak adalah dengan menggunakan kapur atau bubuk. Salah satu produk yang dapat digunakan adalah DeoGone, sebuah produk karya anak bangsa yang telah teruji dalam menghilangkan bau tak sedap ini, dan kini telah tersedia untuk dijual kepada masyarakat umum.

Cara penggunaannya cukup mudah, Anda hanya perlu menaburkan serbuk DeoGone secukupnya di area yg berbau. Baik itu kotoran ternak, bangkai, sampah, atau saluran pembuangan dekat rumah Anda. Namun, perlu diingat bahwa produk ini tidak direkomendasikan untuk digunakan di tempat-tempat yang kedap udara seperti septitank.

Anda tidak perlu menunggu lama, karena dalam waktu 10-15 menit setelah penaburan. Maka DeoGone akan bekerja dan menghilangkan bau tak sedap dengan cepat. Harga DeoGone berkisar sekitar 57.000 per bungkusnya. Membuatnya menjadi solusi yg efektif dan terjangkau untuk mengatasi masalah bau kotoran ternak di sekitar rumah Anda.

Ramuan Agar Tidak Bau

Pakan merupakan sumber energi dan pertambahan bobot penting bagi hewan ternak. Salah satu penghilang bau kotoran ternak alami ramah lingkungan adalah dengan mencampurkan bahan tambahan ke dalam pakan mereka.

Salah satu campuran penghilang bau kotoran ternak alami yang sangat efektif adalah menggunakan probiotik khusus peternakan, yang dikenal sebagai EM4. Meskipun ramuan ini sudah cukup terkenal di kalangan peternak, masih banyak yang belum mengetahuinya. EM4 peternakan merupakan solusi yang mudah dan ekonomis karena setiap botolnya dapat digunakan untuk jangka waktu yg cukup lama.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan EM4 untuk membuat pakan fermentasi khusus untuk ayam atau hewan ternak lainnya. Dengan demikian, Anda dapat mengurangi bau kotoran secara alami sambil memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan dan pertumbuhan hewan ternak Anda.

Penghilang Bau Alami Amotan

Metode penghilang bau kotoran ternak alami kedua untuk menghilangkan bau kotoran ternak adalah dengan menggunakan Amotan. Sebuah cairan khusus yang dirancang untuk mengatasi bau yang menyengat dari kotoran ternak. Produk ini dibuat dari bahan organik, sehingga lebih efektif, aman, dan cepat dalam menetralkan aroma yg tidak diinginkan.

Aturan penggunaannya sederhana, dengan mencampur 5 ml Amotan dengan 100 ml air bersih. Kemudian menyemprotkan campuran tersebut ke area kandang setiap minggu. Meskipun terkena kandang atau hewan, produk ini aman tanpa menimbulkan efek samping yg berarti.

Setiap kemasan Amotan berisi 1 liter atau setara dengan 1000 ml. Produk ini dapat di beli secara langsung melalui platform marketplace dengan harga sekitar Rp. 40.000 per botol. Dengan harga yg terjangkau, Amotan sangat di rekomendasikan bagi para pelaku ternak untuk mengatasi masalah bau kotoran secara efektif.

Penghilang Bau Protexol

Salah satu solusi penghilang bau kotoran ternak alami ramah lingkungan adalah dengan menggunakan campuran bahan bernama Protexol. Penggunaan Protexol telah terbukti efektif dalam mengurangi bau amonia dari kotoran ayam hingga 90% dalam waktu hanya 3-4 hari, dengan cara aplikasi penyemprotan.

Bahan baku yang di gunakan dalam pembuatan Protexol adalah bahan organik yang kaya akan bioflavonoid dan polifenol. Selain untuk hewan ternak, Protexol juga dapat di gunakan untuk menekan bau limbah sampah dan toilet umum.

Cara penggunaannya cukup sederhana, Anda hanya perlu melarutkan 3-5% Protexol ke dalam air (30-50cc Protexol per liter air bersih). Untuk penggunaan dalam skala besar, seperti untuk area yang luas. Anda dapat mencampurkan 500-1000 ml Protexol dengan 20 liter air bersih.

Protexol tersedia dalam kemasan berisi 5000ml, dengan harga berkisar antara 39.000 hingga 135.000. Jika Anda tinggal di daerah yang jauh dari perkotaan. Anda tidak perlu khawatir karena produk ini dapat dibeli secara online melalui platform market place populer.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *