Tempat Minum Ayam: Jenis, Kelebihan, Kekurangan Dan Tips Cara Pemberiannya

Tempat Minum Ayam

Researchpaperorder – Memberikan air minum kepada ternak ayam adalah kewajiban yang penting di lakukan agar hewan tidak mengalami dehidrasi dan terhindar dari penyakit. Untuk memenuhi kebutuhan cairan ini, di perlukan tempat minum ayam yang sesuai dengan usia dan jumlah ayam dalam kandang.

Peternak ayam memiliki beragam pilihan tempat minum yang tersedia, yang dapat di gunakan untuk menyediakan air bersih dan segar bagi ternak mereka. Pilihan tersebut bervariasi, mulai dari yang berharga murah hingga yang paling mahal, namun semuanya di rancang untuk kemudahan penggunaan.

Jenis Tempat Minum Ayam

Terdapat tiga jenis tempat minum ayam yang dapat di pilih, sesuai dengan ukuran kandang mulai dari yang kecil hingga peternakan dengan area yang sangat luas. Berikut di bawah ini adalah beberapa jenis tempat minum ayam, lengkap dengan kelebihan serta kekurangannya antara lain :

Sistem Otomatis

Tempat minum sistem otomatis adalah solusi modern yang di lengkapi dengan pipa khusus untuk mengalirkan air ke ujung keran. Pada waktu pemberian minum, peternak hanya perlu menekan tombol “on” pada pipa utama yang terhubung dengan listrik. Air kemudian akan mengalir melalui keran ke masing-masing wadah yang telah di sediakan. Setelah wadah terisi penuh, tombol pada pipa utama dapat di matikan.

Ada juga varian tempat minum otomatis yang memiliki pengatur waktu, memungkinkan peternak untuk menetapkan jadwal serta durasi pengisian wadah air tanpa perlu menekan tombol “on” atau “off”.

Jenis tempat minum ini sangat cocok di gunakan untuk anak ayam (Day Old Chicken atau DOC) pada peternakan menengah hingga besar, di mana posisi wadah dan sambungan pipa dapat di atur dengan rapi pada dalam kandang. Dengan sistem ini, manajemen air minum menjadi lebih efisien serta praktis.

Keunggulannya

  • Sistem Tertutup: Dengan sistem yang tertutup, air minum terlindung dari kontaminasi sekam maupun kotoran ayam, sehingga kebersihannya terjaga.
  • Durabilitas: Tempat minum otomatis ini umumnya tidak mudah rusak serta jarang mengalami kebocoran, memastikan pasokan air tetap terjaga.
  • Efisiensi Tenaga: Sistem ini di rancang agar dapat di operasikan dengan mudah oleh satu orang, mengurangi kebutuhan tenaga kerja tambahan.
  • Fleksibilitas Posisi: Posisinya bisa di atur sedemikian rupa sehingga ayam dapat minum dari berbagai arah, memudahkan akses bagi semua ayam dalam kandang.

Kelemahannya

  • Biaya Tinggi: Instalasi dan pemeliharaan sistem ini memerlukan dana yg cukup besar agar dapat berfungsi dengan baik serta bertahan lama.

Semi Otomatis

Tempat minum semi otomatis memiliki desain yang melibatkan galon pada bagian atas, yg di lengkapi dengan saluran penampung air yang bisa di minum oleh ayam. Distribusi air menggunakan alat semi otomatis ini menggunakan sistem selang air khusus. Untuk mengisi penampung air, Anda cukup menghidupkan koneksi aliran dari sumber air utama.

Keunggulan

  • Kemudahan Pengisian: Proses pengisian air lebih mudah di bandingkan dengan metode manual, karena hanya perlu menghidupkan aliran air dari sumber utama.
  • Distribusi Efisien: Air dapat di distribusikan dengan efisien melalui saluran yg sudah terpasang.

Kelemahan

  • Sulit Di bersihkan: Instalasi saluran air tertutup dari dalam wadah berbentuk galon membuat proses pembersihan menjadi sulit.
  • Biaya Tinggi: Sistem ini memerlukan biaya pembuatan yg cukup mahal.
  • Resiko Kebocoran: Jika terjadi kebocoran dan tidak segera di atasi, bisa merusak sistem distribusi air dan membuat kandang menjadi basah, yang dapat berdampak buruk pada kesehatan ayam.

Meskipun memiliki beberapa kelemahan, tempat minum semi otomatis tetap merupakan pilihan yg baik untuk peternak yang mencari keseimbangan antara otomatisasi dan biaya.

Tempat Minum Ayam Sistem Manual

Tempat minum sistem manual adalah jenis yg paling mudah di temukan di toko-toko yang menjual peralatan peternakan ayam. Bentuknya mirip dengan lampu zaman dahulu, dengan bagian atas berbentuk bulat seperti galon terbalik yg bisa di buka dan di tutup. Di bagian bawahnya terdapat wadah untuk menampung air yang bisa di minum oleh ayam.

Cara Penggunaan

  • Mengisi Air: Buka tabung putih pada bagian atas.
  • Memasang Kembali: Isi tabung dengan air, lalu pasang kembali pada wadah di bagian bawah.
  • Mengalirkan Air: Putar tabung ke posisi yang memungkinkan air mengalir ke wadah.
  • Mengunci: Setelah air mengalir, putar tabung ke posisi terkunci untuk mencegah kebocoran.

Keunggulan

  • Portabilitas: Bisa di tempatkan di mana saja, sesuai dengan kebutuhan.
  • Ringan: Mudah di pindahkan dan di atur ulang sesuai kebutuhan kandang.
  • Harga Terjangkau: Biaya pembeliannya relatif murah, sehingga cocok untuk peternak pemula atau mereka yg memelihara ayam dalam skala kecil.

Tempat minum manual ini adalah pilihan yang praktis dan ekonomis, terutama bagi peternak skala kecil atau mereka yg baru memulai usaha peternakan ayam.

Tips Memberi Minum Bibit Ayam

Jika Anda sudah menentukan jenis tempat minum ayam pilihan yang akan digunakan, langkah selanjutnya adalah memberikan minum dengan cara yang tepat sebagai berikut:

Taruh Posisi Terjangkau

Apapun jenis tempat minum yang dipilih, pastikan untuk meletakkannya pada posisi yg mudah dijangkau oleh anak ayam. Pada usia muda, anak ayam sering bergerak aktif dan tiba-tiba merasa haus, sehingga membutuhkan akses mudah untuk minum. Letakkan tempat minum pada bagian tengah kandang dengan jarak yg tepat antara satu tempat minum dengan yang lain. Selain itu, pastikan jumlah tempat minum cukup untuk semua ayam dalam kandang tersebut.

Pakai Wadah Khusus

Pilih wadah yg dirancang khusus sehingga anak ayam tidak mudah masuk ke dalamnya. Ini penting untuk menjaga kebersihan air minum. Anak ayam cenderung aktif dan bisa masuk ke dalam wadah, yg dapat menyebabkan air tercemar oleh kotoran mereka. Dari tiga jenis tempat minum yang disebutkan sebelumnya, jenis manual adalah yang paling aman untuk digunakan oleh anak ayam.

Lakukan Pembersihan Rutin

Pastikan untuk membersihkan tempat minum anak ayam setiap hari. Hal ini penting untuk menjaga kualitas air minum yang bersih dan sehat. Pembersihan rutin juga membantu mengurangi akumulasi debu dan kotoran yg dapat menempel pada area tempat minum.

Memilih jenis tempat minum yg tepat sangat penting untuk memastikan ayam mendapatkan air minum dengan mudah dan dalam kondisi bersih. Ini akan membantu dalam menjaga kesehatan dan kesejahteraan ayam secara keseluruhan.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *