Vitamin Ayam Saat Musim Hujan Yang Terbaik

vitamin ayam saat musim hujan

Researchpaperorder – Baik penghobi maupun peternak membutuhkan vitamin ayam saat musim hujan tiba. Dimana peralihan musim sering banget menyebabkan kondisi ngak menentu, yang berdampak pada makhluk hidup dan meningkatkan kemungkinan virus serta penyakit berbahaya bermunculan.

Terlebih lagi hewan ternak sangat rentan terhadap berbagai jenis penyakit karena kondisi alam yang kadang dingin banget dan kadang panas banget secara tiba-tiba. Salah satunya adalah hewan ternak ayam kampung dan juga pada ayam bangkok peliharaan kita. Jadi dengan ngasih vitamin ayam saat musim hujan bisa melindunginya dari cuaca tak menentu ini.

Tujuan utamanya dari ngasih vitamin ayam saat musim hujan adalah menjaga antibodi ayam tetap stabil serta prima meskipun kondisi lingkungan lagi ngak menentu. Mengingat hal yang paling rentan ialah keadaan kandang ngak keurus ketika musim hujan datang, yang dapat menyebabkan kadar amoniak baik dan kelembapan kandang meningkat secara signifikan.

Untuk mengatasi kendala ini, Anda dapat memberikan vitamin ayam saat musim hujan tiba. Oleh karena itu, disini kami akan memberikan ulasan vitamin ayam saat musim hujan apa aja yang bagus dan pas untuk diberikan pada ayam kesayangan Anda.

Beragam Bahaya Untuk Ayam Ketika Musim Hujan

Saat hujan turun di berbagai pelosok negeri, terdapat beragam kemungkinan yang membahayakan keadaan ayam peliharaan kita. Apa saja harus di perhatikan dan jenis penyakit apa sangat umum pada hewan ternak? Untuk mencegah hal-hal tidak kita inginkan, ada baiknya kita memahami daftar beragam kemungkinan bahaya bisa terjadi pada hewan ternak kita, antara lain :

Curah Hujan Tinggi

Setiap musim hujan biasanya sangat rawan terhadap banjir serta angin kencang, dan akan ada beberapa waktu ketika curah hujan sangat tinggi dan kadar air tinggi. Yang mana menyebabkan hewan peliharaan sangat mungkin mengalami gejala kembung, bahkan kematian, dan peternak dapat mengalami kerugian besar jika tidak tahu cara ngatasinnya.

Lingkungan & Sumber Air Terkontaminasi

Musim hujan yang deras biasanya meningkatkan volume air di tanah. Akibatnya, kualitas air dapat menurun karena lingkungan serta sumber air telah terkontaminasi oleh bakteri patogen. Untuk itu, jika wabah telah menyebar, cara pertama untuk menghentikannya adalah dengan membuat pagar serta tidak melepaskan ayam. Sebab jika ayam di lepas bebas, maka virus dengan cepat menyebar dan menularkan ayam lain masih sehat.

Suhu & Kelembaban Udara

Tingkat kelembaban kandang, yang sering berubah, juga mesti di perhatikan bagi peternak ayam. Karena tingkat kelembaban tinggi, menyebabkan saluran pernafasan ayam jadi terganggu. Selain itu, pertumbuhan jamur, bakteri, dan virus bahkan sangat cepat. Suhu rendah juga harus di perhatikan. Yang mana suhu lingkungan biasanya lebih rendah ketika musim hujan. Sehingga sangat memengaruhi masa brooding ayam, jadi sangat penting untuk memberikan pemanas di kandang ayam.

Pakan Cepat Rusak

Salah satu efek samping dari perubahan kelembaban yang cepat dan kadar udara rendah, yakni dapat mencemari sumber pakan ayam dengan jamur. Sehingga ketika hewan ternak kita memakan pakan yang sudah rusak akibat tercemar bakteri, itu pasti sangat tidak baik serta dapat menyebabkan diare dan masalah pencernaan lainnya. Bahkan bisa menyebabkan kematian pada hewan ternak ayam. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan untuk menyiapkan media penyimpanan pakan makanan yang aman dan tahan terhadap kelembapan lingkungan.

Datang Berbagai Penyakit

Beberapa jenis bakteri serta virus sangat mudah menyerang dan dapat membunuh ayam. Seperti penyakit CRD, ngorok, berak hijau/kapur/darah adalah salah satu dari banyak penyakit yang bisa datang menyerang kapan saja. Ada juga penyakit ayam mematikan seperti gumboro dan avian influenza, lebih di kenal sebagai aratan. Ini berbahaya bagi ayam bangkok yang lebih rentan terhadap virus ini. Sangat di sarankan untuk mencegah hal ini dengan ngasih jamu, vaksin, dan vitamin ayam saat musim hujan. Persiapkan kandang khusus untuk ayam baru jika di perlukan. Ini akan menjaga kesehatan serta keamanan ayam di dalam kandang.

Rekomendasi Vitamin Ayam Saat Musim Hujan Yang Terbaik

Ada banyak penghobi serta peternak di nusantara, dari kelas bawah hingga kelas atas yang selalu ngasih vitamin ayam saat musim hujan tiba. Kami akan memberikan beberapa saran mudah dan cepat untuk mencegah penyakit ayam, dengan ngasih vitamin ayam saat musim hujan yang terbaik. Untuk mendapatkan vitamin ayam saat musim hujan, Anda dapat menggunakan bahan tradisional atau membelinya di toko pakan di daerah Anda. Berikut bawah ini adalah aneka jenis vitamin ayam saat musim hujan yang terbaik, antara lain :

Jamu Herbal Terbaik Untuk Ayam di Musim Hujan

Anda bisa ngasih jamu herbal ayam untuk musim hujan dengan cara ngeraciknya sendiri pakai bahan-bahan ada di rumah. Berikut bawah ini bahan-bahan harus di persiapkan, antara lain

  • Jahe 1/2 kg
  • kunyit 1/4 kg
  • kopi bubuk 500 gram
  • Gula Merah/Aren 1/2 kg
  • Daun pepaya atau lainnya

Cara membuat vitamin jamu herbal ayam, pertama haluskan jahe dan kunyit telah di cuci bersih. Kemudian siapkan tempat untuk mencampurnya dengan kopi. Lalu larutkan gula dengan 1/2 liter air dan aduk hingga mengental. Jika terlalu banyak air, tambahkan voer 511/591. Kemudian jemur hingga benar-benar kering agar dapat di simpan untuk di berikan dalam beberapa waktu.

Vitamin Alami Dari Kayu Manis & Secang

Selama bertahun-tahun, bahan baku memasak kayu manis dan secang kerap kali digunakan secara turun temurun untuk membuat ramuan dapat membantu menghangatkan tubuh ketika musim hujan. Kayu manis dan secang adalah bahan alami paling mudah kita dapatkan setiap hari untuk buat vitamin ayam saat musim hujan.

Ini karena adanya kandungan minyak atsiri (anetol, safrol, kalsium oksalat) dan zat samak dalam kayu manis merupakan senyawa aktif bisa meningkatkan nafsu makan, stamina, antimikroba, antiseptik, dan antijamur. Selain itu, kayu secang dan campuran kayunya dapat digunakan untuk menawarkan racun, menghentikan pendarahan, dan sifat antiseptik. Kayu manis dan secang bisa direbus serta dicampur dengan pakan ayam basah atau air minum.

Cara Merawat Ayam Ketika Musim Hujan

Ada beberapa cara untuk merawat ayam ketika musim hujan tiba. Yang mana pastinya pertama kita bisa ngasih vitamin ayam saat musim hujan ataupun ramuan jamu herbal telah kami sebutkan diatas. Selain itu, yang kedua juga penting untuk meninjau kondisi kandang serta lingkungannya. Dimana pastikan menjaga kelayakan kandang agar air hujan tidak masuk sama sekali. Anda juga harus memeriksa tempat penyimpan pakan makanan, pastikan tempat Anda menyimpan pakan makanan ayam tidak terkontaminasi jamur dan bakteri.

Jika Anda sudah melakukan beberapa hal tersebut, dengan sering memberi vitamin ayam saat musim hujan, menjaga kelaikan kandang serta tempat pakan makanan, Anda akan yakin bahwa ayam Anda akan aman sentosa. Jangan lupa juga untuk lebih sering memeriksa pertumbuhan serta perkembangan ayam-ayamnya ketika musim hujan. Terutama untuk anakan ayam yang masih berusia muda, tentunya lebih memerlukan perhatian lebih kala musim hujan.

Demikian ulasan kami mengenai vitamin ayam saat musim hujan, semoga dengan adanya informasi ini dapat membantu Anda yang mungkin mengalami kendala saat hujan tiba. Salam satu hobi.


Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *